alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Survei Roy Morgan H-4 Pencoblosan: Jokowi 54,5 persen, Prabowo 45,5 persen
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb148dbf0bdb2038018344b/survei-roy-morgan-h-4-pencoblosan-jokowi-545-persen-prabowo-455-persen

Survei Roy Morgan H-4 Pencoblosan: Jokowi 54,5 persen, Prabowo 45,5 persen

Survei Roy Morgan H-4 Pencoblosan: Jokowi 54,5 persen, Prabowo 45,5 persen

Merdeka.com - Lembaga riset Roy Morgan merilis hasil survei terbaru di Pilpres 2019. Per bulan April, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul atas pesaingnya Prabowo-Sandiaga 4 hari jelang pencoblosan.

Jokowi mendapatkan suara sekitar 54,5 persen. Namun, angka tersebut turun 2 persen sejak pertengahan Maret hingga awal April 2019. Sementara, elektabilitas Prabowo berada di angka 45,5 persen, naik sekitar 2 persen pada periode yang sama.

Suara pemilih untuk Jokowi ternyata berimplikasi positif untuk PDIP. PDIP mendapatkan dukungan 39 persen (tidak berubah sejak pertengahan Maret) dari orang Indonesia untuk Pileg secara bersamaan dalam beberapa minggu.


Namun, kenaikan dukungan untuk Prabowo tampaknya telah secara signifikan meningkatkan dukungan untuk partainya Gerindra. Saat ini, Gerindra mendapatkan dukungan 26 persen pemilih Indonesia pada bulan April, naik 5 persen dari pertengahan Maret.

Peta Sebaran Dukungan

Roy Morgan juga menganalisis tentang sebaran dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga. Paslon 01 masih digdaya di Jawa Tengah & Timur, sementara paslon 02 memimpin di Jakarta, Jawa Barat & Banten

Roy Morgan menganalisis, berdasarkan lokasi menunjukkan Jokowi memimpin kuat di daerah pedesaan seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan pulau Sulawesi. Sementara Prabowo terkuat di Jakarta, Jawa Barat & Banten, Sumatera Selatan dan Pulau Kalimantan.

Dukungan terkuat Prabowo berdasarkan kinerjanya terjadi di Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Di 3 daerah itu, eks Pangkostrad itu mendapatkan suara dengan 60 persen, naik 7,5 persen sejak pertengahan Maret. Sedangkan, Jokowi hanya di kisaran 40 persen turun 7,5 persen.

Namun, di provinsi-provinsi utama Jawa lainnya, Jokowi membuat Prabowo keok. Semisal di provinsi Jawa Tengah, Jokowi meraih 70 persen dukungan. Dukungan ini naik 4 persen sejak pertengahan Maret, dibandingkan dengan Prabowo sebesar 30 persen atau turun 4 persen. Tren serupa terjadi di Jawa Tengah dan Bali. Jokowi meraup 70 persen dukungan berbanding Prabowo 30 persen.

Jokowi juga memimpin dengan mudah di pulau Sulawesi: Jokowi 62% persen, Prabowo 38 persen. Di wilayah Sumatera Utara, Jokowi unggul tipis dengan 51,5 persen, Prabowo 48,5 persen.

Di provinsi Sumatera Selatan, Prabowo menang dengan 57,5 persen, sementara Jokowi tertinggal dengan 42,5 persen.

Prabowo juga mempertahankan keunggulannya di pulau Kalimantan. Prabowo di angka 55,5 persen sementara Jokowi 45,5 persen.

Dukungan pemilih berdasarkan usia

Roy Morgan menyebut, Jokowi unggul di antara pemilih berusia 50 tahun ke atas. Sementara dukungan Prabowo meningkat di antara orang Indonesia berusia 25-34 dan 35-49 tahun.

Daya tarik Prabowo adalah yang terkuat di antara orang Indonesia yang lebih muda dengan dua kandidat yang tidak mungkin terpecah untuk orang Indonesia berusia 17-24 tahun.

Usia 17-24 tahun: Jokowi 50 persen, tidak berubah sejak pertengahan Maret), Prabowo 50 persen (tidak berubah);
Usia 25-34 tahun: Jokowi 53,5 persen atau turun 8,5 persen, Prabowo 46,5 persen atau naik 8,5 persen;
Usia 35-49 tahun: Jokowi 52,5 persen atau turun 3,5 persen, Prabowo 47,5 persen, naik 3,5 persen;
Usia 50 tahun ke atas: Jokowi 63,5 persen atau naik 6 persen, Prabowo 36,5 persen atau turun 6 persen.

Dukungan Berdasarkan Gender

Untuk gender, Jokowi dan Prabowo bersaing ketat di antara pemilih perempuan dalam beberapa minggu terakhir. Dukungan perempuan untuk Prabowo meningkat 8,5 persen menjadi 48,5 persen pada awal April. Prabowo menempel ketat Jokowi di angka 51,5 persen atau turun 8,5 persen.

Meski demikian, dukungan untuk Jokowi di kalangan pria telah meningkat 3,5 persen menjadi 57 persen pada awal April. Sementara dukungan untuk Prabowo turun 3,5 persen menjadi 43 persen.

Survei ini dilakukan pada pertengahan Maret 2019 hingga awal April 2019 dengan 1.224 pemilih di seluruh Indonesia yang berusia 17+. Wawancara tatap muka dilakukan di 17 provinsi, dengan upaya dilakukan untuk memastikan sampel yang seimbang mewakili pemilih baik secara geografis maupun demografis.

https://m.merdeka.com/politik/survei...55-persen.html

Survey asing yg ini jelas data dan track recordnya.

Daripada survey asing yg memenangkan prabowo blas ga jelas.

emoticon-Leh Uga
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kampret auto ga percaya survei kalo wowok kalah

beda cerita kalo wowok menang maka kampret auto percaya
Quote:


Survei kuskus nasbung dan nastak pasti percaya emoticon-Kaskus Banget
makin mepet pemilu makin rame berita ngaco, pesanan & survei segala macem buat psy war emoticon-Leh Uga
akhirnya drama swing voters uda dihapus, uda puas juga ngegoblokin nasbung
menarik juga liat peta sebaran nya
Hmm kyknya mereka kasian sama wowo jadi yang golput dimasukin juga ke wowo
Wow, kalau sampai pdpret beneran dapat 36%, ngeri euy. Dalam sejarah setelah reformasi, blm ada partai yg bisa sentuh angka diatas 30%

Reformasi dalam bahaya euy, parlemen akan dikuasai 2 gol saja


Mudah2an ga terjadi

Ane jadi mantap buat Golput
Siapa lah ini Roy Morgan.
Balasan post floriantito
Quote:


Roy Morgan (formerly Roy Morgan Research) is an Australian market research company headquartered in Melbourne. It was founded in 1941 by Roy Morgan (1908–1985).
Roy sekarang main survei ya? emoticon-Mad
Panci udh dibalikin blm? emoticon-Mad
Oplas terus sampai lancip itu dagu emoticon-Mad
Mending urus cucu sana, kasian Gempi emoticon-Mad
Balasan post GZuron
Quote:


Kok aneh. Kalo ga mau pdip dapet 30% lebih ya ente nyoblos lah. Golkar kek, PKB kek apa Demokrat buat bantu posisi tawar partai tertinggi ketiga.
Quote:


Survei medsos kampret percaya kalo wowok menang
Quote:


Thank you so much for responding my commend before.
Quote:


Haha sekarang tuh pilihan terbaik ambil jalan tengah kembali ke partai Nasionalis agar mengurangi sentimen agama bisa ke PDIP, Gerindra, Golkar atau Demokrat.
Efek pilpres bawa2 Jokowi jadi PDIP kena efek ekorjas. Sedangkan PKB efek KMA plus gegara no urut 1.
Diubah oleh floriantito
Trennya cukup menanjak ini paslon 02, lebih menarik lagi kalo ada survei setelah debat terakhir nanti emoticon-Wink
02 menang, Indonesia Menang !!!
Survey bayaran, yg bener itu survey internal kubu 02 alias satu2nya survey yg memenangkan kubu 02. Kalo sampe 02 kalah brrti ada kecurangan, titik.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di