alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Faisal Basri Dukung Jokowi: Akal Sehat dan Nurani Membimbing Saya
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb1432f4601cf79b809cd2f/faisal-basri-dukung-jokowi-akal-sehat-dan-nurani-membimbing-saya

Faisal Basri Dukung Jokowi: Akal Sehat dan Nurani Membimbing Saya

Faisal Basri Dukung Jokowi: Akal Sehat dan Nurani Membimbing Saya



TEMPO.CO, Jakarta - Ekonom Faisal Basri diduga secara terang-terangan menyampaikan dukungannya kepada calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin. Dukungan itu ia lontarkan secara gamblang melalui akun media sosial Twitter-nya, hari ini, 13 April 2019.

“Akal sehat dan kesadaran nurani yang akhirnya membimbing saya memilih Jokowi,” cuit Faisal melalui akun @FaisalBasri. Unggahan itu menuai reaksi dari para pengikutnya.

Dukungan terhadap Jokowi sebelumnya telah ia gamblangkan melalui Orasi Kebudayaan yang salinannya ditulis dalam laman pribadi Faisalbasri.com. Dalam orasi kebudayaannya, Faisal memuji sejumlah pencapaian Jokowi.

Di antaranya sektor industri, seperti tekstil, yang mengalami perbaikan. Indonesia pun dinilai masih kuat memproduksi kain non-katun, misalnya yang berbahan polyester dan rajut. Industri manufaktur Tanah Air juga berpeluang tumbuh melalui otomotif.

Ihwal utang negara yang kerap disinggung Prabowo, Faisal menyatakan kondisi pemerintah saat ini aman. Ia mennebut nisbah utang atau debt to GDP ratio tergolong sangat rendah. “Saat ini, utang negara hanya 30 persen dan masih separuh dari batas maksimum yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara,”ucapnya.

Faisal juga menyinggung soal pernyataan-pernyataan Prabowo tentang tenaga kerja asing. Menurut dia, lontaran capres 02 soal asing yang mengambil lahan pekerjaan WNI di dalam negeri juga tidak ditopang data akurat. Ia memaparkan, saat ini jumlah tenaga kerja asing di Indonesia hingga akhir 2018 tidak sampai 100 ribu orang. Sebaliknya, ada lebih dari 3,65 juta orang Indonesia yang kini telah bekerja di luar negeri.

Saat dikonfimasi, Faisal mengakui bahwa cuitan itu asli. Ia menyebut sepenggal kalimat dukungan itu ia sampaikan dengan kesadaran, tanpa paksaan. “Sangat benar (saya mendukung Jokowi). Akal sehat dan kesadaran nurani yang akhirnya membimbing saya memilih Jokowi,” ucap Faisal dalam pesan pendek kepada Tempo, Jumat pagi, 13 April 2019.

Hingga 2 jam kicauan dilempar, 1.100 orang member tanda suka dan 270 orang lainnya memberikan komentarnya. “Ini dihack apa gimana pak? Bionya engga bapak banget. Wkwk,” tulis pengikut dengan akun @nasyorhm.

Warganet lain menyambut positif keputusan politik Faisal. “Enggak masalah pak Faisal pilih siapa, pilihan hidup bisa berubah. Tapi kalau nanti ada analisa ekonomi bapak yang sangat berubah dari yang pernah bapak tulis sebelumnya itu yang akan jadi aneh,” tulis @selvydante.

Sejam berselang seusai menulis kicauan yang menuai riak massa, Faisal kembali mencuit sebuah puisi yang erat kaitannya dengan asa dan harapan. Bersama kicauan itu, ia melampirkan sebuah tautan.

Dalam tautan yang mengantar warganet ke laman pribadi Faisal, ekonom Universitas Indonesia ini menampilkan selarik puisi berjudul “Di Puncak Gundah Masih Ada Asa”. Puisi tersebut baru ditulis pagi ini. Pada bagian ekor puisi, ia menyertakan lokasinya saat menulis sajak, yakni Surabaya.

Puisi teranyar Faisal berisi enam bait dan masing-masing bait memiliki empat larik. Pada bait terakhir, ia menyuratkan ungkapan perasaan tentang titian, juga tujuan. “Hati hati yang beku, cair satu satu. Ia pilih titian, yang lebih menjanjikan harapan,” tulisnya.

Sebelumnya Faisal Basri gencar mengkritik kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi. Faisal sebelumnya mengatakan Indonesia adalah negara pengimpor gula terbesar di dunia. Berdasarkan data statistik, Indonesia menjadi pengimpor gula pada periode 2017-2018 dengan besar impor 4,45 juta metrik ton. Angka itu diikuti oleh Cina di posisi kedua dengan 4,2 juta metrik ton dan Amerika Serikat dengan 3,11 juta metrik ton.

Ia juga mengkritik pembangunan infrastruktur seperti jalan tol yang berbasis di daratan. Padahal, Indonesia merupakan negara maritim yang wilayahnya lebih banyak perairan. "Jadi harusnya, infrastruktur laut-lah yang jadi backbone (tulang punggung), jadi kalau bangun infraatruktur itu jangan meniru China atau Malaysia (berbasis darat)," kata Faisal dalam diskusi di Restoran Batik Kuring, SCBD, Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019.

Soal utang luar negeri, Faisal Basri sebelumnya menyatakan kenaikan utang pemerintah di era Jokowi tak bisa diabaikan. "Selama kurun waktu 2014-2018, utang pemerintah pusat naik 69 persen, dari Rp 2.605 triliun menjadi Rp 4.416 triliun. Peningkatan itu lebih tinggi ketimbang periode 2010-2014 sebesar 55 persen," katanya melalui situs pribadinya, www.faisalbasri.com pada Januari lalu.


Komen TS
berarti, yg sebelah gak punya akal sehat kah? 
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Mereka ngebacot akal sehat terus pak TS, tapi di FB sana entah apa aja yang dibilangin kayak ga punya akal sehat..apalagi kalo ad sebutan ’cebi’ menjijikkan
Faisal Basri yg sering kritik pemerintah ?

Ibarat kata jokowi mungkin bukan pemimpin terbaik, tapi kubu sebelah sepertinya jauh lebih buruk...

emoticon-Big Grin

Sebelumnya Faisal Basri gencar mengkritik kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi. Faisal sebelumnya mengatakan Indonesia adalah negara pengimpor gula terbesar di dunia. Berdasarkan data statistik, Indonesia menjadi pengimpor gula pada periode 2017-2018 dengan besar impor 4,45 juta metrik ton. Angka itu diikuti oleh Cina di posisi kedua dengan 4,2 juta metrik ton dan Amerika Serikat dengan 3,11 juta metrik ton.

Ia juga mengkritik pembangunan infrastruktur seperti jalan tol yang berbasis di daratan. Padahal, Indonesia merupakan negara maritim yang wilayahnya lebih banyak perairan. "Jadi harusnya, infrastruktur laut-lah yang jadi backbone (tulang punggung), jadi kalau bangun infraatruktur itu jangan meniru China atau Malaysia (berbasis darat)," kata Faisal dalam diskusi di Restoran Batik Kuring, SCBD, Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019

.....

Ini pengkritik jokowi.

Tp karena akal sehatnya jalan milih dukung jokowi.

Yg sebelah ada ustad terkenal dukung prabowo atas dasar keislaman, tapi prabowo jumatan di mana aja gabisa ngasih kepastian.

emoticon-Wkwkwk
Dlu lawan jokowi juga dia waktu pilgub DKI
Faizal calon independen harus tersingkir di putaran pertama
Quote:


Tepat.

emoticon-Leh Uga
Mengkritik itu tidak harus lewat fitnah
ndak masuk tim pakar BPN kali ye emoticon-Big Grin
Mungkin dia sadar..
G ada manusia yg SEMPURNA, sistem yg d rencanakan manusia udah pasti juga ga sempurna..

Jadi dia menimbang...
Mana sih yg lebih baik?
emoticon-shakehand emoticon-shakehand

Dan ITU lah yg memang yg harus dipikirkan oleh pemilih skrg..

faisal basri dari dulu paling bersikap netral
bukan tipikal nya koar2 dukungan di twitter
apalagi dg marak nya akun di hack


ada indikasi

Faisal Basri Dukung Jokowi: Akal Sehat dan Nurani Membimbing Saya

Berarti yg lain ga punya akal sehat ?emoticon-Mad


Tapi kalo akal sehat kayak begini kudu piye jum ????



Faisal Basri Dukung Jokowi: Akal Sehat dan Nurani Membimbing Saya

Tukang kritik aja milih yang selalu di kritik
Berarti lawannya parah banget ya, ga layak dipilih
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Die sadar kali, negara ini kaga bakal bisa makan kalo cuman di kasih modal omong kosong agama doang, apalagi kualitas pemuka2 agama 02 benalu doang



emoticon-Wow
Yg sebelah isinya BSH doang emoticon-Leh Uga
Balasan post mamatmetalpisan
Quote:


Ente mau dibilang kafir/nonmuslim ? emoticon-Betty
bukannya yg punya akal sehat sesungguhnya itu hanya roky gorengemoticon-Bingung
petinggi2 mendukung 02 ketemu secara langsung..

Faisal basri mendukung 01 via Twitter

situ sehat??


klo kami jelas mendukung..

Faisal Basri Dukung Jokowi: Akal Sehat dan Nurani Membimbing Saya
Diubah oleh totongJKW
Quote:


Cuekin aja. Jargon akal sehat kan yg ngelontarin si roki gerongrong. Lantas apa yg bisa diharapkan dari pecundang bajingan tengik macam RG ini? Cuma pandai bermain diksi aja, tapi kontribusinya zero.

emoticon-Traveller
Btw...netijen 02 ngapa selalu bikin tagar #UASPilihPrabowo yak ?

Apa tujuannya ? emoticon-Bingung
Peluang menkeu sudah tertutup 02, setelah uno bilang bakal pake srimul bila menang jadi mending pindah ke 01.
drpd dateng ke ulama eh dapet mimpi basah
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di