alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb12f15af7e9330234819aa/ini-7-tips-agar-tubuh-tetap-bugar-saat-berkendara-jarak-jauh

Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh

Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh

Jakarta, IDN Times - Pegal-pegal atau anggota tubuh terasa sakit biasa dialami pengemudi terjebak kemacetan jalanan di ibu kota maupun ketika menempuh perjalanan jarak jauh. Padahal kondisi lelah saat berkendara bisa mengurangi konsentrasi.

Kecelakaan pun rentan terjadi dalam situasi seperti ini. Karena itu sangat penting bagi pengemudi untuk memastikan kondisi tubuh mereka tetap bugar selama berkendara. Nah, berikut ini 7 tips agar tubuh kamu tetap bugar saat berkendara jarak jauh.


1. Istirahat yang cukup dengan pola tidur 6-8 jam
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
Berkendara jarak jauh memerlukan kondisi tubuh yang fit agar tidak mudah lelah. Kurangnya istirahat dapat mempengaruhi konsentrasi pengemudi saat berkendara sehingga dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

Faktor kesiapan fisik juga merupakan salah satu penyumbang penyebab kecelakaan dan mungkin terjadi di malam ini. Pada malam hari, tantangan berkendara tidak hanya faktor kelelahan, namun juga kantuk. Mengantuk dapat menyebabkan microsleep.

Microsleep adalah keadaan yang paling sering terjadi saat berkendara jarak jauh, Microsleep atau tidur mikro merupakan suatu kondisi di mana tubuh mengalami fase tidur namun dalam jangka pendek yaitu 30 detik. Microsleep menjadi salah satu penyebab seringnya kecelakaan mobil terjadi,” ujar dokter Daniel Bramantyo kepada IDN Times beberapa waktu lalu.


2. Perhatikan asupan makanan saat berkendara
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
Selain tidur yang cukup, asupan makanan untuk pengemudi juga harus diperhatikan. Persiapkan cemilan seperti buah, sayuran, atau jus itu jauh lebih baik ketimbang makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan gas seperti nasi putih, pasta, sereal, dan roti.

Sebaiknya pengemudi juga mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti makanan yang mengandung kacang-kacangan, gandum, serta susu agar tidak menimbulkan kantuk.

“Karena makanan berkarbohidrat itu mengandung gula tinggi, secara tidak langsung gula membuat kita rileks jadi buat kita ngantuk dan cepat lelah. Boleh makan nasi tapi tidak banyak porsinya. Gak boleh lebih dari seribu kalori,” terangnya.


3. Cegah dehidrasi dengan minum air putih
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
Siapkan air putih selama perjalanan agar tidak terjadi dehidrasi saat berkendara. Pengemudi yang cukup terhidrasi dikatakan dokter Daniel akan lebih fokus dan lebih mahir dalam berkendara.

Selain itu, penting untuk membatasi minum minuman berkafein seperti kopi, soda dan teh juga minuman dengan kadar gula tinggi seperti minuman kemasan serta hindari minuman berenergi.

“Minuman berenergi itu hanya permainan sugesti. Kalu misal banyak yang bilang minuman ini bikin segar, padahal cuma kafein aja, tapi dicoba jarak jauh hanya beberapa saat aja tidak sampai lama abis itu ngantuk lagi. Cukup minum air putih aja,” paparnya.


4. Tentukan waktu berkendara dengan tepat
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
Waktu berkendara dapat mempengaruhi tingkat kelelahan pengemudi, oleh sebab itu pengemudi perlu memilih waktu berkendara yang tepat.

Ketika berkendara pada pagi hari, terkadang kita berada di posisi melawan sinar matahari dan sinar tersebut juga dapat mempercepat tingkat kelelahan kala berkendara. Namun berkendara saat malam hari juga memiliki dampak pada kelelahan fisik, seperti akibat efek pencahayaan dari lampu jalanan ataupun lampu mobil.

“Nyetir pagi jauh lebih baik daripada malam hari. Saat mengemudi pagi hari gunakan kacamata anti UV. Nyetir malam harus lebih konsen karena lebih lelah,” jelasnya.


5. Kenyamanan posisi duduk dapat meminimalisir tingkat kelelahan
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
Posisi duduk yang nyaman saat berkendara adalah salah satu yang menjadi perhatian untuk mimimalisir tingkat kelelahan. Posisi duduk yang paling dikerekomendasikan yaitu posisi duduk yang baik adalah posisi tegak 90 derajat.

Apabila posisi duduk terlalu landai ke belakang, tubuh pada bagian bagian leher dan bahu akan mengalami tekanan beban, karena area tersebut akan melayang akibat tidak tertopang oleh headrest.

“Tips mengurangi kelelahan saat berkendara adalah ganjal leher dengan bantal leher atau handuk kecil, posisi lutut di bawah pinggang, posisikan kaki agar dapat mencapai pedal gas yang baik,” jelas Daniel.


6. Regangkan otot-otot
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
Dalam melakukan perjalanan jauh, sebaiknya luangkan waktu untuk merenggangkan otot-otot terutama di bagian kaki, guna menghindari Deep Vein Thrombosis (DVT) yaitu penggumpalan darah pada kaki yang disebabkan terlalu lama duduk.

Lakukan kegiatan peregangan otot sederhana di mobil, seperti membalikan badan ke kanan dan ke kiri, mengangkat kaki lalu memutar tumit dan menundukan kepala ke bawah dan ke atas. Beberapa kegiatan tersebut dapat membantu untuk memulihkan otot yang renggang akibat terlalu lama berkendara.

“Setiap nyetir lebih dari 3 jam harus regangkan otot karena dalam kurun waktu itu otot sudah mulai lelah. Peregangan 5-10 menit,” ungkapnya.


7. Hindari stress saat akan berkendara
Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh
Bagi sebagian orang, mengemudi merupakan suatu kegiatan menyenangkan, namun ada juga yang tidak sependapat dengan hal itu.

Agar perjalanan menjadi menyenangkan, sebaiknya rencanakan perjalanan lebih awal untuk menghindari jam-jam kemacetan di beberapa tempat tertentu.

“Selain itu, kalian juga bisa mendengarkan musik favorit untuk mengurangi tingkat stress dan kejenuhan dalam bekendara jarak jauh,” pungkasnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh Lebaran 2019: 280 Ribu Sepeda Motor akan Dipakai Mudik

- Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh Pemudik Lebaran 2019 Asal Jabodetabek Habiskan Dana Rp10,3 Triliun

- Ini 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berkendara Jarak Jauh Lebaran 2019: Total Ongkos Mudik Warga Jabodetabek Rp6 Triliun

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di