alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 Fakta Tentang Wajib Militer di Korsel yang Mungkin Lo Belum Tau
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0defd82d495198938cc3f/10-fakta-tentang-wajib-militer-di-korsel-yang-mungkin-lo-belum-tau

10 Fakta Tentang Wajib Militer di Korsel yang Mungkin Lo Belum Tau


Halo agan semua selamat datang, sebelum agan lihat THREAD ini jangan lupa kunjungi HOT REVIEW dan SUKSES STORIES NYA di bawah ini DULU ya :










Kenapa oppa-oppa di Korea harus wajib militer? *CRY SEKEBON
Jelang wajib militernya Lee Min Ho, salah satu aktor Korea yang super ganteng, super terkenal, dan super banyak fans-fans ceweknya bukan cuma di Korea tapi juga di banyak negara lain sampe Indonesia, fans-fansnya mulai pada menyiapkan hati nih. Siap sedih-sedihan, siap ngarep Lee Min Ho putus sama Suzy (eh, loh?), dan siap-siap beralih ke oppa baru sambil nungguin Lee Min Ho kelar wamil dua tahun lagi.
Kenapa siiiiih oppa-oppa ini harus banget masuk wamil? Kenapa mereka harus pergi dua tahun? Kenapah? KENAPAAHHH? Nah biar nggak ngeluh-ngeluh lagi, mungkin lo butuh tau lebih banyak tentang wajib militer di Korea Selatan. Kalo ada yang udah tau dan mau nambahin, sok mangga ya!

1. Korea Selatan 'masih' dalam kondisi perang




Spoiler for spoiler:




Wajib militer masih diberlakukan di Korsel, soalnya secara teknis bisa dibilang Korea Selatan dan Korea Utara hubungannya tuh kayak lagi ngebangun rumah pake lidi, rapuh. Nggak ada yang tau dan bisa ngejamin apakah nggak bakalan ada perang lagi. Soalnya setelah Korean War tahun 1950-1953, Korsel dan Korut emang melakukan gencatan senjata, tapi sebenernya nggak pernah menandatangani perjanjian damai beneran.

2. Wajib militer mulai diberlakukan sejak tahun 1948

Wajib militer ini mulai diberlakukan tahun 1948, bertepatan dengan didirikannya Republik Korea dan angkatan bersenjatanya pada tahun yang sama. Jadi udah tradisi dari awal banget.


3. Wamil diwajibkan untuk cowok sejak umur 20 tahun, tapi cewek juga bisa


Spoiler for spoiler:


Setelah cowok di Korsel berumur 20 tahun, mereka bakalan nerima surat untuk wamil pada tahun berikutnya. Misalnya, tahun 2017 ini, cowok-cowok yang lahir tahun 1997 lalu bakalan nerima surat buat wamil tahun 2018. Biasanya, cowok-cowok Korsel masuk wamil setelah jadi mahasiswa, atau kuliah tahun kedua.

Tapiiii, ternyata cewek juga bisa ikutan wamil loh! Cewek-cewek yang mau wajib militer bisa mendaftar langsung buat jadi perwira non-komisioner, atau gabung dengan Reserve Officers' Training Corps (ROTC) kalo mau jadi perwira komisioner.

4. Wamil bisa ditunda




Spoiler for spoiler:

Banyak kasus yang terjadi sama seleb-seleb Korea, mereka sering banget menunda wamil. Walaupun surat wamil emang diterima waktu cowok-cowok ini berumur 20, mereka dikasih kesempatan buat menundanya menurut peraturan Military Manpower Association (MMA). Alasannya bisa karena sakit, kematian anggota keluarga, kelulusan sekolah/perkuliahan, adik/kakak yang masih wamil, bisnis, punya anak, dan masih banyak lagi.

Nah, batas penundaan wajib militer ini bisa dilakuin cuma sampe umur 29 tahun. Banyak seleb Korsel, dari aktor sampe idol yang berangkat wamil di tahun terakhir mereka, kayak yang terakhir ada T.O.P BIGBANG. Trus tahun ini yang bakalan wamil di tahun terakhirnya juga ada Lee Min Ho, Joo Won, dan rapper Beenzino, yang lahir di tahun 1987.

5. Masa tugas selama 21-24 bulan




Spoiler for spoiler:



Wamil tuh berapa lama siiiih? Tergantung pos-posnya! Cowok-cowok Korsel bisa bertugas antara 21-24 bulan. Untuk Korps Angkatan Darat dan Marinir selama 21 bulan, Angkatan Laut selama 23 bulan, sementara Angkatan Udara dan Pelayanan Publik selama 24 bulan. Lama yaaa?


6. Mereka tuh dibayar loh!



Spoiler for spoiler:



Cowok-cowok yang wajib militer ini tetep dapet gaji setiap bulannya looh, walaupun mungkin nggak seberapa dibanding sama penghasilannya para Halyu Star. Buat prajurit, gajinya sebesar 135 dolar/bulan atau sekitar 1,8 juta rupiah, prajurit kelas I sebesar 145 dolar/bulan atau sekitar 1,9 juta rupiah, kopral sebesar 160 dolar/bulan atau 2,1 juta rupiah, sementara pangkat sersan sebesar 180 dolar/bulan atau 2,4 juta rupiah.


7. Di dunia entertainment, banyak skandal tentang wamil

Korea Selatan mewajibkan semua golongan untuk wajib militer tanpa terkecuali, bahkan walaupun lo anak pejabat atau seleb top dunia sekalipun. Nah wamil ini jadi isu yang sensitif banget di dunia entertainment, beberapa skandal pernah terjadi melibatkan seleb-seleb dan anak-anak orang kaya. Di tahun 2002, idol K-Pop Steve Yoo (Yoo Seung Joon) dilarang menginjakkan kaki di Korea Selatan setelah menghindari wamil dengan cara jadi warga negara Amerika.

Mulai September, MMA semakin memperketat aturan dan pemeriksaan status militer untuk para anak-anak pejabat pemerintah, selebritis, sampe atlet. Pokoknya semuanya wajib!


8. Banyak seleb yang berusaha jadi hyun-yeok (active duty) untuk menghindari kontroversi




Spoiler for spoiler:


Walaupun namanya wajib militer, nggak semua bisa masuk ke angkatan bersenjata dan bertugas aktif sebagai tentara. "Hyun-heok" atau tugas aktif ini adalah para personil yang bertugas di angkatan darat, laut, udara, dan korps marinir.

Biasanya para seleb berusaha buat jadi "hyun-heok" demi mengindari kontroversi. Soalnya, seleb-seleb sering dapet tugas yang "lebih gampang" dari cowok-cowok biasa. Contohnya Changmin TVXQ serta Donghae dan Choi Siwon Super Junior yang bertugas di unit promosi kepolisian Seoul. Mereka masuk ke dalam band beranggotakan 20 anggota yang tugasnya memainkan drama dan ngadain pertunjukan musik.

9. Kalo nggak sehat, akan bertugas di gong-ik (civil service)





Spoiler for spoiler:


Kalo nggak lulus tes fisik atau punya kondisi medis yang nggak memungkinkan buat ngejalanin tugas aktif, mereka bakalan dibebaskan dari bergabung dengan angkatan bersenjata. Tapiii nggak berarti cowok-cowok ini bebas dari wamil, mereka bakal ditugas di gong-ik (pelayanan publik). Contohnya kayak Yoo Ah In dan Seo In Guk, serta Lee Min Ho yang pernah mengalami kecelakaan mobil serius, jadi akan ditugasin sebagai pelayan publik di kantor distrik Gangnam di Seoul.




10. Cowok-cowok Korea bangga banget kalo udah wamil
Nggak selamanya wamil tuh jadi beban koook. Bahkan di Korea dibilang kalo lo belum jadi cowok kalo lo belum ngejalanin wamil. Selama wajib militer, mereka juga jadi punya ikatan yang kuat sama temen-temen se-korps nya. Dapet pengalaman banyak, belajar ini itu, seru. Wajib militer udah kayak "pop culture gitu" di Korea, dan mereka akan bangga nyeritain tentang wamilnya.





oke gan sekian dari ane ya, jangan lupa ya kunjungi HOT REVIEW dan SUKSES STORIES di bawah ini buat lihat lihat cincin yang lain :





sumber : www.provoke-online.com/
www.zahirajewellery.com

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Diubah oleh royaljannisary
jadi ke inget steve yoo, doi menghindari wamil sampai rela pindah kewarganegaraan emoticon-Ngakak (S)
seketika itu juga karirnya di korea hancur dong dan di ban untuk masuk ke korsel oleh pemerintah emoticon-Frown
10 Fakta Tentang Wajib Militer di Korsel yang Mungkin Lo Belum Tau

ini sapa bre?
cantik juga







emoticon-Busa:
klw gk salah indonesia pernah bkin kya gini jga ya, cmn gmn tuh kabarnya
Quote:


Ini suaminya song hye kok. Kalo gak Salah namanya song apaa gitu..
kaloo korsel ama korut emang masih belom damai yaa. banyak keknya warga korut kabur Ke korsel, dan jadi warga korsel.
indo bela negara itu jadi gak sih


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di