alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[HOAKS] Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Berpose Dua Jari Dukung Prabowo-Sandiaga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0bf52facb950ddd284ec0/hoaks-ketua-panwaslu-kuala-lumpur-berpose-dua-jari-dukung-prabowo-sandiaga

[HOAKS] Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Berpose Dua Jari Dukung Prabowo-Sandiaga

[HOAKS] Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Berpose Dua Jari Dukung Prabowo-Sandiaga


Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com — Sebuah foto yang diduga menampilkan Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana tengah berpose dua jari mendukung Prabowo-Sandiaga Uno beredar di mediaonline dan media sosial, Jumat (12/4/2019).

Dalam foto tersebut terlihat seorang perempuan berkacamata dan memakai baju biru yang disebut sebagai Yaza. Perempuan itu berpose dua jari khas pendukung Prabowo-Sandiaga.

Sosok Yaza menjadi sorotan setelah Panwaslu Kuala Lumpur di Malaysia menemukan dugaan surat suara yang sudah tercoblos.

Namun, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan bahwa keberadaan Yaza dalam sebuah foto relawan Prabowo-Sandi adalah hoaks.

Narasi yang beredar:

Di media sosial beredar banyak unggahan yang mendiskreditkan Yaza Azzahara Ulyana. Sejumlah unggahan menyebutkan bahwa Yaza tidak netral sebagai Panwaslu karena mendukung salah satu calon dalam Pilpres 2019.

Berbagai unggahan itu kemudian memperlihatkan sosok yang disebut sebagai Yaza dalam sebuah acara pendukung Prabowo-Sandiaga.

Di foto pertama terlihat Yaza tengah memberikan penjelasan mengenai penemuan surat suara tercoblos saat dia diwawancara salah satu saluran televisi.

Kemudian dalam foto kedua terlihat perempuan berkacamata yang mirip Yaza hadir dan berpose dua jari bersama relawan Prabowo-Sandi lainnya.

 

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, sebuah unggahan dari pengguna Facebook, Idawati Murdaningrum, mengatakan bahwa foto yang viral itu merupakan foto dirinya, bukan Yaza.

Idawati keberatan dengan pencantuman foto di media bernama Tribunsantri.com sebab yang dinarasikan sangat berbeda dengan fakta yang ada. 

Berikut penjelasan Idawati:

Assalamu'alaikum Wr Wb,

Berkaitan dengan berita yang dikeluarkan oleh Tribunsantri.com berjudul "Keterangannya di TVOne Janggal, Foto Panwaslu Malaysia Yaza Azzahra Berpose Dua Jari Bersama Relawan 02 Viral" yang viral pagi ini, saya ingin menyampaikan klarifikasi. Foto yang dilingkari pada foto Relawan 02 adalah saya. Idawati Murdaningrum. Bukan foto ibu Yaza Azzahra. Adalah benar saya Relawan 02. Saya adalah Anggota Satgas Prasasti Malaysia. Saya dan Ibu Yaza adalah 2 orang yang berbeda. Jadi dengan nyata, tribunsantri telah menyebarkan berita yang tidak benar alias HOAX!
Dan saya menyatakan keberatan foto saya dg lingkaran dicantumkan di berita tersebut. Oleh karena itu saya meminta tribunsantri.com untuk segera mengkoreksi kesalahan ini, menyampaikan permohonan maaf kepada saya dan pihak-pihak lain yang dirugikan. Koreksi dan permohonan maaf itu harus dimuat di tribunsantri.com dan media lain.

Apabila Tribunsantri.com gagal menunjukkan i'tikad baik untuk menyelesaikan persoalan ini, maka saya akan mengambil langkah-langkah hukum.

Demikian klarifikasi dan pernyataan ini saya buat dengan sebenar2nya. Terimakasih.

Link berita: [url]https://www.tribunsantri.com/…/keterangannya-di-tvone-jangg…[/url]



Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Idawati Murdaningrum.

Berikut unggahannya:

Hingga saat ini Kompas.com belum dapat menghubungi Idawati secara langsung.Kompas.com masih berupaya mendapatkan penjelasan langsung dari Idawati mengenai unggahan itu.

Terkait media Tribunsantri.com, dengan ini Kompas.com menyatakan media itu tidak ada kaitannya dengan Tribunnews.com. Adapun Tribunnews.com merupakan media dalam naungan grup Kompas Gramedia.

Tanggapan Yaza dan Bawaslu

Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara telah membantah bahwa perempuan yang ada dalam foto itu adalah dirinya.

"Tidak benar," kata Yaza, saat dihubungi melalui email, Jumat siang.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Mochammad Afifuddin, mengatakan bahwa Yaza telah menyampaikan bantahan mengenai dugaan dirinya telah berforo bersama relawan Prabowo-Sandi.

"Secara personal (Yaza) WhatsApp ke saya, sudah memastikan semua tidak benar, itu hoaks. Terkait foto-foto keterlibatan yang bersangkutan dengan atau berbaju salah satu tim paslon. Ini sudah dibantah yang bersangkutan ke saya," ujar Afif di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

Sementara itu, Afif juga menyarankan Yaza untuk membuat klarifikasi secara langsung guna menjernihkan informasi-informasi yang beredar di media sosial. Afif mengatakan, dirinya juga sudah memiliki foto-foto yang bisa digunakan sebagai bukti.

Meski demikian, Bawaslu tetap akan memastikan kebenaran informasi yang disampaikan Yaza.

"Kami tentu akan memastikan informasi dari jajaran kami, dalam posisi kami percaya, data-data terkait proses ketika kami merekrut yang bersangkutan," ujar Afif.

Baca juga: Bawaslu Bantah Ketua PPLN Kuala Lumpur Pernah Foto Bersama Relawan Prabowo-Sandi

Update:

Artikel ini telah mengalami pembaruan dengan menampilkan konfirmasi dari Yaza Azzahara. Yaza membantah kabar yang menyebut dia berpose mendukung Prabowo-Sandiaga.


Sumur : https://nasional.kompas.com/read/201...diaga?page=all

Silahkan netijen simpulkeun sendiri2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2

Permohonan Maaf Dari Tribunsantri

Mantap bray
Trus.....siapa dong yg bakalan jadi juara Liga Champion tahun ini ???

emoticon-Bingung
Balasan post wanjay.bray
Quote:


yg jelas bukan juve, di UCL ga ada pemain ke 12 juve kayak di serie A
emoticon-Big Grin
Quote:


Saran aja, fans MangUjang jgn berharap tinggi2. Ntar sakit kalo jatoh.
masih janggal... di fb rame. emang sich yg foto rame2 make baju biru itu bukan dia. cuman model2 bentuk rahang muke model gt biasanya berafiliasi dengan nasbung hina
Tribunsantri? Milik petamburan?
krik. . . . .krik. . . . krik. . . krik
Quote:


emoticon-Leh Uga
Wooo lah cebong bangsad sudah kadung coli pakai bahan fitnah.
Cebong kalau gak bohong ya fitnah.
Ayo cebok Bong
Oot kemana-mana.
Mana nih cebong yg kemarin posting berita goblok?
Quote:


ngapain fans milan ketawa ketiwi?
memang milan da bisa masuk liga champion?

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


Tunggu thn depan emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh kata.bapake
Quote:


Fans milan? Bukannya doi fans milen?

Milendaru emoticon-Cool
udah klarifikasi,masih fitnah aja,
Quote:


Lah masih aja usaha, pake analisa bentuk rahang lagi emoticon-Leh Uga

Ane mau ikutan bikin teori ah. Ane analisa ente berafiliasi ke nastak, dilihat dari kelihaian ngelesnya
Diubah oleh datalk
Yah pola2 fitnah ala jasmev kek gini bikin ahok keok

Skrg jokowi jg bakalan keok
kita lihat dalam waktu sehari atau dua hari kepolisian netral nggak. bisa diproses nggak masalah hoax ini. nggak perlu lapor tuh dah jelas lewat itu website yang nyebarin emoticon-Wink
Quote:



Yang pasti.....gagal juara itu pedih jendral.
emoticon-Cool
Balasan post kampretozzznine
Tull..
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di