alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bawaslu Kebut Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0a8a7e83c722e9c5061e0/bawaslu-kebut-investigasi-surat-suara-tercoblos-di-malaysia

Bawaslu Kebut Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Fritz Edward Siregar menyebut proses investigasi kertas suara Pemilu 2019 yang tercoblos di Malaysia ditargetkan rampung sebelum tanggal 14 April 2019.

Ia menyebut tim dari Bawaslu dan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini berada di Malaysia untuk melakukan investigasi.

"Pokoknya secepatnya, sebelum tanggal 14 [April]," kata Fritz saat ditemui di Kantor KPU, Jumat (12/4).

Fritz beralasan bahwa tanggal 14 April 2019 sendiri sudah memasuki masa pencoblosan langsung bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Fritz sendiri enggan menjelaskan apakah proses investigasi itu akan selesai pada besok atau Sabtu, 13 April 2019. Ia hanya menegaskan pihaknya sesegera mungkin akan merampungkan proses investigasi tersebut secara komprehensif tanpa meninggalkan pertanyaan lagi bagi semua pihak.

"Ya secepat mungkin, secepat mungkin," kata Fritz

Sejauh ini, Fritz menyatakan pihaknya masih melakukan proses klarifikasi terhadap pihak-pihak yang terlibat langsung dalam insiden ini. Tak hanya itu, ia menyebut timnya turut melakukan pengamanan melekat terhadap seluruh surat suara yang ada di Malaysia.

"Nanti Bawaslu memberikan hasil temuan kepada kami bagaimana, apakah ini benar surat suara asli atau tidak? apakah ini dari pos atau tidak? apakah ini dari hasil pos yg dikirim atau tidak? Jadi ini bentuk investigasi dan hasil kajian bersama KPU dan teman-teman Kemlu," kata dia.

Selain itu, Fritz turut meminta kepada tim yang kini sedang berada di Malaysia untuk menyampaikan laporannya dengan komprehensif terkait insiden tersebut. Hal itu bertujuan agar tak menimbulkan polemik kembali di tengah masyarakat.

"Kami enggak bisa menyampaikan satu atau dua saja, nanti informasi yg disampaikan ga jelas. Nanti satu persoalan selesai lalu muncul lagi kasus lainnya. Jadi kita bisa tahu apakah ini sebuah operasi besar atau kecil, ini kan harus melakukan klarifikasi penuh," kata dia.

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz menegaskan tak akan menunda proses Pemilu 2019 di Malaysia meski ada insiden surat suara yang tercoblos.

"Enggak [ditunda] lah, kan diklarifikasi dulu," kata Viryan saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/4).

Lebih lanjut, Viryan menyatakan KPU masih terus berkoordinasi dengan Bawaslu untuk menyelidiki kasus surat suara tercoblos tersebut. Pihaknya akan mengambil sikap resmi usai informasi dan hasil investigasi didapatkan secara detail dan berdasarkan data yang valid.

Sebelumnya beredar video penemuan puluhan kantung surat suara yang sudah tercoblos di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia, Kamis (11/4). Dalam video, puluhan kantung berwarna hitam tersebut berada di ruangan yang sudah tidak terpakai.

Sejumlah orang yang nampak di video menunjukkan surat suara dalam kantung. Ada coblosan di kolom paslon pilpres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sebagian dari mereka juga menunjukkan surat suara calon anggota legislatif daerah pemilihan Jakarta II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri) yang juga sudah tercoblos.

sumber cnnindonesia.com : Bawaslu Kebut Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Hasilnya gw udah tau, ketua PANWASLU LN malaysia mau kalian copot. Pelaku utama gelap gulita aman kebal hukum
Semoga bs diusut sampai tuntas
Balasan post ikankuonthol
Quote:


Widih.. dapat bisikan dari mana gan? Roy Kiyoshi? emoticon-Motret
Balasan post omxcabul
Quote:


Amin, gan.. Kawal selalu ya. emoticon-Shakehand2
Balasan post youdoyouknow
Pelaku utama aman, kebal hukum NKRI, dimalaysia polisi sana jg ga bs jangkau karna kebal diplomatik. Bakal rame. Mau ada rame2
Quote:


Coba ente tanya teman lu yg grebek knp pelaku dibiarkan kaburemoticon-Wow
Quote:


Astajim, bebaskan mastermind dan yg ngasih akses karungan kartu dan job.
Hukum yg buka kejahatan/viralin, termasuk panwas dan polisi malon emoticon-Imlek

Bawaslu Kebut Investigasi Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Balasan post mansion_999
Dan bego nya kalian ga mau tangkap org2 yg terlibat
Quote:


emang sapa pelaku nya emoticon-Malu

emak emak di samping neng azzahra emoticon-No Hope
Balasan post mas_paimin
Ngumpet di KBRI noh
Balasan post kejet..kejet
Benar...jangan cuma foto dan share tapi amankan pelakunya, bukan disuruh pergi sblm polisi datang
hope Ada drama apa lg nih
Quote:


tenang .... kagak usah kalap begitu emoticon-Leh Uga


kita bantu doa aja buat neng azzahra yg lagi sibuk buat kronologis berita acara penggrebegan emoticon-Malu
Quote:


Jgn shock ntar kalo tertangkap dan semua terungkap kebenarannya
Balasan post mas_paimin
Nalar gw mentok lihat kelakuan gerombolan kalian, luar biasa sekali kalian
Quote:


Kita nantikan saja pengungkapan kasus ini. emoticon-cystg
Quote:


Maksud loe si Yaza Azzahara Ulyana ?
Staf dubes RI rangkap Panwaslu kan dia.
Balasan post mansion_999
Ketua Panwaslu LN malaysia mau kalian berhentikan dan dijadikan kambing hitam. Lebih dari iblis kalian bikin tipu daya
Quote:


Jelas lah itu karena rasa solidarita..., Eh maksud ane rasa kemanusiaan. emoticon-Cool
Quote:


Quote:


mentok dimana.....emoticon-No Hope


jawaban ane bisa di logika kok emoticon-Leh Uga

neng azzahra itu ketua panwaslu KL yg menangani penggrebekan ... wajar klo di mintai kronologis berita acara nya emoticon-Malu


logika lo aja yg emang sdh mentok emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di