alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Suara rakyat menjadi rebutan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0a442337f93122b7006f0/suara-rakyat-menjadi-rebutan

Suara rakyat menjadi rebutan

Pemilihan umum atau biasa disebut pemilu memiliki fungsi sebagai sarana pengawas bagi rakyat terhadap wakilnya agar terciptanya pemilu yang jurdil. Istilah jurdil ini mucul setelah era reformasi yang berarti jujur dan adil, wakil rakyat harus amanah dalam berpolitik untuk rakyat.

Pemilu menjadi wadah bagi para politisi untuk memperkenalkan dirinya dengan memaparkan visi dan misinya. Tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat dan negara walaupun terkadang para politisi ingkar dengan janji-janjinya malah hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Kampanye ialah wadah untuk memoerkenalkan dirinya, kampanye merupakan sebuah usaha yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk menggiring masyarakat untuk memilih dirinya dengan memberikan janji-janji atau program-program yanh akan dilakukan untuk masyarakat.

Berkampanye perlu dilakukan dalam kepentingan politik seperti halnya kampanye pilpres dan pileg yang sedang ramai sekarang ini. Kampanye tentunya sudah diizinkan oleh hukum yang di atur dalam undang-undang komisi pemilihan umum no. 14 tahun 2010 tentang pedoman teknis kampanye pemilihan umum.

Masyarakat seluruh indonesia dan KPU mengharapakan terciptanya pemilu pilpres dan pileg yang sifatnya jurdil (jujur dan adil). Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kampanye bisa bersifat positif ataupun negatif. Dan kampanye negatif selalu ada dan menjadi bidaya berpolitik orang indonesia. Yang paling sering digunakan yaitu money politik atau biasa disebut politik uang.

Money politik atau politik uang adalah suatu bentuk pemberian seseorang atau kelompok orang agar memilihnya. Dan agar orang tidak menggunakan hak pilihnya tidah sesuai dengan hati nuraninya saat pemilihan umum. Money politik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan uanh ataupun barang. Itu semua dilakukan untuk memperebutkan suara rakyat hingga tidak lagi memperhatikan aturan dan hukum yang ada.

Politik uang ini melanggar pasal 73 ayat 3 undang undanh no. 3 tahun 1999 bahwa barang siapa pada waktu diselenggarakannya pemiliham umum menurut undang-undang ini dengan pemberian atau janji menyuap seaeorang, baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih mauoun suoaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu, dipidana dengan pidana hukuman penjara paling lama tiga tahun. Pidana itu dikenakan juga kepada pemilih yang menerima suap berupa pemberian atau janji berbuay sesuatu.

Maka dari itu kita sebagai masyarakat yang baik harus menjaga berjalannya pemilu pilpres dan pileg ini berjalan dengan positif dan jurdil. Harus menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya dan memilih pemimpin yang memiliki visi dan misi yang sesuai untuk kepentingan masyarakat dan negara. Jangan kemakan dengan politik uang yang bisa merusak demokrasi politik dan tentunya bangsa negara kedepannya.
Suara rakyat menjadi rebutan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di