alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Yuk, Intip Buku Karangan Raden Ajeng Kartini di Rembang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0a19365b24d6aaf40f690/yuk-intip-buku-karangan-raden-ajeng-kartini-di-rembang

Yuk, Intip Buku Karangan Raden Ajeng Kartini di Rembang

Yuk, Intip Buku Karangan Raden Ajeng Kartini di Rembang
Buku karangan Raden Ajeng Kartini yang berjudul Habis Gelar Terbitlah Terang. (Foto: Mia Kamila)

GenPI.co - Bulan April ini adalah momentum khusus bagi perempuan Indonesia. Karena setiap tanggal 21 di bulan tersebut didedikasikan kepada salah seorang tokoh paling berpengaruh dalam sejarah pergerakan perempuan Indonesia. Dia, siapa lagi kalau bukan Raden Ajeng Kartini.


Salah satu karya fenomenal Kartini adalah ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Buku ini mendobrak tatanan yang berlaku di zaman itu. Sebab perempuan di masa itu begitu inferior. RA Kartini memberontak dalam karya tulisnya.

Buku Kartini yang  disimpan di Museum Kartini Rembang, bersemayam dengan aman dalam sebuah kotak kaca. Buku tersebut merupakan tulisan tangannya.  

Meski berada dalam kotak kaca, namun pengunjung bisa melihat buku itu secara detail. Tampak pada sampul tulisan emas ‘Door Duisternis Tot Licht’. Itu adalah kalimat bahsa Belanda yang terjemahannya  ‘Dari Kegelapan Menuju Cahaya’. Terlihat juga nama RA Kartini tertulis dalam sampul tersebut.

Buku tersebut merupakan kumpulan surat-surat Kartini dengan sahabat penanya di Belanda. Seorang perempuan bernama Abendanon yang tinggal di Belanda.

Buku itu  memiliki tebal sekitar 10 centimeter. Terdapat pula beberapa lembar kertas surat tulisan tangan yang berisi sebuah cerita. Konon lembaran surat itu rencananya akan dibukukan tetapi belum sempat karena RA Kartini keburu meninggal.


Spoiler for Tulisan Tangan RA Kartini:


Museum Kartini Rembang juga menyimpan sejumlah barang-barang lainnya milik R.A Kartini. Seperti halnya foto, baju, dan masih banyak lainnya. Beberapa replika perabotan pun dipamerkan di sana.



Museum Kartini Rembang ini terletak di Jl Gatot Subroto no. 8, di sekitar area alun-alun Rembang. Museum ini buka mulai jam 7 pagi hingg jam 3 sore. Jika kamu ingin napak tilas kehidupan Kartini, museum itu adalah tempat yang baik untuk memulai. 

Reporter: Mia Kamila
Redaktur: Paskalis Yuri Alfred P

Sumber
Yuk, Intip Buku Karangan Raden Ajeng Kartini di Rembang






Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di