alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Wisata Religi di Masjid Perut Bumi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb09f9caf7e933c560127b0/wisata-religi-di-masjid-perut-bumi

Wisata Religi di Masjid Perut Bumi

Wisata Religi di Masjid Perut Bumi
Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghrib.

GenPI.co - Jawa Timur punya banyak sekali destinasi wisata religi. Berbagai situs peninggalan para wali atau pemuka agama Islam banyak tersebar di berbagai wilayah itu. Salah satu yang manarik untuk didatangi adalah sebuah masjid di Kabupaten Tuban. Lokasinya tidak lazim,  berada di perut bumi.


Tempat ibadah umat Muslim itu dinamakan Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghrib. Lokasi detailnya di di Gedungombo, Kecamatan Semanding. Alih-alih berada di atas tanah, masjid ini menempati sebuah goa yaang berada di kedalaman 10 meter di bawah permukaan tanah. Dari fakta itulah masjid ini mendapatkan gelarnya. 

Dari luar, masjid ini hanya tampak gapuranya saja. Gapura sederhana itu berhiaskan ornamen  ukiran kaligrafi dan dipadukan dengan berbagai warna sehingga terlihat begitu mencolok. 


Spoiler for Gapura Masjid Perut Bumi yang sederhana.:



Untuk masuk ke masjid, pengunjung akan melewati lorong goa yang unik.

Keberadaan stalagtit dan stalagmit yang mencuat dari atas dan bawah memberi sensasi sendiri. Ukiran alam itu berpadu dengan hiasan bernuansa islami.  Tak heran jika masjid ini menjadi destinasi wajib pagi peziarah ketika mendatangi Tuban. 


“sebagian ruang-ruang yang terdapat di dalam gua bawah tanah ini didominasi oleh dinding batu karang laut. Kebetulan lokasi Masjid perut bumi ini berada sekitar satu kilometer dari pantai utara. ,” Ungkap Judi, penanggung jawab pos jaga pintu Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi.


Masuk lebih dalam, traveler akan menemukan areal seluas 3 hektar. Lapang sekali. Terdapat beberapa ruangan, antara lain ruang istighosah, ruang pertemuan dan ruang kuliah subuh. Ada pula lorong-lorong yang banyak digunakan untuk mengaji para santri penghuni pondok pesantren. Ya, tak hanya difungsikan sebagai lokasi ibadah saja.  Masjid ini merupakan kompleks Pondek pesantren tempat para santri menimba ilmu agama.


Sang pendiri dan penemu masjid perut bumi ini sendiri adalah KH Subhan Mubarok. Menurut cerita, Ia membangun dan merancang sendiri masjid perut bumi setelah bermimpi.  Dalam mimpinya itu, ia menerima pesan gaib dari Syekh Maulana Maghrobi, seorang guru besar para wali di Pulau Jawa. Ia diminta memanfaatkan gua itu sebagai masjid dan juga tempat menimba ilmu agama.

Spoiler for Salah satu sudut masjid perut bumi:


Hanya Berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Tuban, masjid unik ini ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah. Kebanyakan mereka mampir ke lingkungan masjid ini setelah pulang berziarah dari makam Sunan Bonang. Cukup mengeluarkan biaya Rp. 5000/orang, pengunjung dapat mengelilingi dan mengagumi berbagai keunikan di Masjid Perut Bumi ini.


Redaktur: Paskalis Yuri Alfred P






Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di