alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Kapan Jalur Pendakian Rinjani Dibuka?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb098b4af7e93240e38c411/kapan-jalur-pendakian-rinjani-dibuka

Kapan Jalur Pendakian Rinjani Dibuka?

Kapan Jalur Pendakian Rinjani Dibuka?

GenPI- Bupati Lombok Utara Najmul Ahyar melayangkan surat permohonan yang isinya meminta Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) membuka jalur pendakian Senaru sesuai aspirasi para pelaku usaha jasa pendakian.


"Surat permohonan bupati tersebut sudah dikirim ke kantor BTNGR pada Selasa (9/4)," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Lombok Utara Mujaddid Muhas ketika dihubungi dari Mataram.


Ia mengatakan permohonan pembukaan jalur pendakian tersebut sebagai tindak lanjut dari surat Asosiasi Tour Operator Senaru (ATOS) Nomor 001/ATOS/IV.I/2019 per tanggal 30 Maret perihal permohonan pembukaan jalur pendakian Senaru.


Baca juga: 
Apa Kabar Rinjani?



Sebelum melayangkan surat ke Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, para anggota ATOS menggelar rapat pada 30 Maret 2019. Rapat tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan rumusan survei jalur pendakian Senaru dan Sembalun kepada para pelaku wisata, khususnya jalur pendakian Senaru.



Dalam rapat tersebut, seluruh anggota ATOS sepakat melakukan pendakian jalur Senaru sampai Pelawangan Senaru dan sepakat tidak membuat perkemahan di Pelawangan (bibir kaldera) sesuai dengan rekomendasi tim survei Senaru.



Kesepakatan lainnya, para anggota ATOS mulai melakukan pendakian per 1 April 2019. Hal itu disebabkan faktor perekonomian masyarakat Lombok pada umumnya dan Kabupaten Lombok Utara saat ini.



Para pelaku wisata di Senaru, yakni operator pendakian (TO), pemandu wisata gunung (guide-porter) dan lain-lain tidak mempunyai penghasilan sama sekali, khususnya dari sektor pariwisata.



Pendakian jalur Senaru sampai Pelawangan dilakukan mengacu pada layak untuk didaki. Hal itu tertuang pada poin a, yaitu jalur pendakian Senaru layak untuk dilakukan kegiatan pendakian hanya sampai Pelawangan.



"Sehubungan dengan hal tersebut dan juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami atas nama ATOS memohon kepada BTNGR untuk segera mengambil sikap, yaitu dengan membuka jalur pendakian Senaru saja," kata Ketua ATOS Sumatim dalam surat permohonan yang juga dilayangkan ke BTNGR. (ANT)



Redaktur: Cahaya


Sumber





Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di