alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Ada fitur yang baru lagi nih dari KASKUS! Embed Instagram & Twitter! Cobain sekarang!
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Aplikasi Pinjaman Online, Manfaatnya Ada Nggak? Simak Nih Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0924582d4951a1136a890/aplikasi-pinjaman-online-manfaatnya-ada-nggak-simak-nih-gan

Aplikasi Pinjaman Online, Manfaatnya Ada Nggak? Simak Nih Gan!

Efek udah lama enggak baca koran, ternyata pas iseng baca koran, ada artikel menarik yang bikin ane jadi pengen nulis. Dan karena udah lama enggak nulis di Kaskus, akhirnya ane coba lagi numpang corat coret di sini.


Spoiler for Spoiler:



Berawal dari pagi, pas weekend, ada tukang koran lewat depan rumah, saking bingungnya ngopi tapi gaada temen ngobrol, akhirnya ane coba beli lah sebuah koran buat dibaca baca. Biar kayak babeh ane jaman dulu, tiap pagi ngopi sambil baca koran.

Spoiler for spoiler:




Nah, setelah baca beberapa berita di koran, mata ane tertarik pada tulisan tentang pinjaman online. Iya gan sekarang rame banget ya soal pinjaman online. Termasuk pro dan kontra yang ada didalamnya. Malah sempet di beberapa kali obrolan dengan teman ane, ada yang pernah minjem dan ngerasain manfaatnya, ada juga yang udah kapok minjem di aplikasi pinjaman online. Kenapa kok ada pro dan kontra? Dari koran yang ane baca, ane bisa bayangin, ternyata ada dua jenis orang yang mencoba pinjaman online. Pertama mereka butuh buat hal produktif, kayak cari buat modal bisnis. Dan ada juga yang cuma buat belanja.

Mulai dari yang kurang faedah dulu ya gan. Temen ane pernah nih. Minjem online buat beli handphone baru, niatnya baik sih gan. ngasih kado buat istrinya yang lagi ulang tahun. Sayangnya, dia kurang memperhitungkan ternyata kalo beli handphone pake pinjaman online, biaya yang dia keluarin lumayan. Nah, apesnya pas jatuh tempo dia lagi nggak ada duit buat lunasin. Walhasil, dia seperti diteror oleh pemberi pinjaman. Emang sih enggak sampe didatengin debtcollector, tapi dia sempet stress gara-gara tiap hari ditelponin sama tukang tagih pinjaman online.

Nah, terlepas dari kontroversinya, dari artikel yang dimuat di koran yang menurut ane bereputasi itu, ternyata pinjaman online yang katanya punya bunga lebih tinggi dari bunga bank banyak ngasih manfaat ke orang yang pingin berbisnis kecil-kecilan. Ane soalnya pernah ngerasain gan. Namanya pengen punya penghasilan tambahan, ane sempet buka distro kecil-kecilan. Waktu itu, namanya mau bisnis pasti kan perlu modal. Ane sempet iseng ajuin kredit ke bank. Ya enggak banyak lah cuma 5 juta. Tapi ternyata prosesnya ribet banget ya emoticon-Wakaka

Coba bandingin kalo sama pinjaman online. Ane pas baca koran, sempet iseng coba beberapa aplikasi pinjaman online. Pas pertama cek, coba ngajuin, ternyata prosesnya nggak ribet. Bahkan ada yang cuma nyiapin ktp sama foto muka kita aja. Ya, belum tentu bakal di approve sih pinjamannya. Tapi bandingin sama proses minjem ke bank. Kita perlu nyiapin dokumen lebih banyak. Padahal minjemnya mah enggak seberapaemoticon-Big Grin

Mungkin ini sih yang bikin aplikasi pinjaman online laku gan. Tapi ane ngasih saran sih buat yang mau cobain aplikasi pinjaman online, kalo mau pinjem duit disitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Pake Buat Yang Produktif Gan
Misal, ente butuh duit buat bikin kue nastar jelang lebaran, atau modal buat bisnis online sambilan. Aplikasin pinjaman online bisa jadi salah satu solusi daripada ente minjem ke tempat lain. Karena prosesnya enggak seribet pas kita pinjem ke bank, dan biasanya sih lebih cepet cairnya.

Pikirin Bunga Pengembaliannya Gan
Ini yang paling penting. Kalo ente mau bisnis, modal 1 juta, ente harus bisa memperhitungkan bakal balik modal minimal 1.5 juta selama 1 bulan. Pas ane cek, beberapa aplikasi pinjaman online soalnya masang bunga yang lumayan gede. Ente bisa aja balikin sampe 1.2 jutaan dalam sebulan. Nah, kalo ente bisa ngitung bisnis ente keuntungannya lebih tinggi ketimbang modal yang dipinjam plus bunganya, menurut ane sih nggak masalah pake pinjaman online.

Pilih Yang Udah Terdaftar di OJK
Ini lumayan cukup ngebantu sih. Karena sekarang pemerintah udah cukup peduli sama teknologi, termasuk fintech, mereka udah mulai mengawasi beberapa fintech dan bakal ngasih tau, ini fintech yang bener, ini yang kurang bener. Kalo misalnya ente mau minjem di aplikasi online, pastiin dulu gan kalo aplikasinya itu sudah terdaftar di OJK. Kenapa harus terdaftar? Biar mereka nggak asal ngasih bunga gede, atau nagih dengan cara yang nggak masuk akal.
 
 

Gimana gan? Ada yang punya cerita soal aplikasi pinjaman online? Share di sini yuk!




Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di