alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb06391365c4f50b46e4a78/5-fakta-unik-tentang-mekari-platform-khusus-untuk-perkembangan-umkm

5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 

5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 

Mengutip dari data yang dikeluarkan oleh Kominfo, UMKM di Indonesia sudah menyentuh angka 6,5 juta unit usaha dari 59,2 juta yang telah memanfaatkan teknologi. Sesuai dengan permintaan Presiden, tahun ini UMKM harus sudah menembus angka 8 juta unit.

Oleh karena itu, pihak swasta hadir dengan konsolidasi bernama Mekari. Berikut di bawah ini adalah info seputar Mekari. Simak ya!


1. Tujuan didirikan platform Mekari
5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 
UMKM adalah bisnis yang sedang berkembang di Indonesia tetapi perkembangannya tidak diiringi dengan penggunaan pemasaran di media sosial maupun website yang mumpuni oleh para pelaku bisnis. Oleh karena itu Mekari, sebuah platform cloud, hadir untuk membantu memasarkan produk secara digital, optimasi proses bisnis, pengembangan produk dan pengelolaan SDM. Konsolidasi yang dilakukan, diharapkan dapat mengoptimalkan proses bisnis, sehingga biaya yang dikeluarkan akan lebih efisien, terkontrol dan meningkatkan produktivitas karyawan.


2. Terfokus agar UMKM lebih modern dan maju
5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 
Hadirnya teknologi digital bagi perkembangan UMKM Indonesia dapat memicu perkembangan bisnis menjadi dua kali lebih cepat, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahunan negara sebesar dua persen. Dengan demikian, hadirnya teknologi digital bagi UMKM menjadi sesuatu yang sangat krusial yang harus diperhatikan. Mekari sendiri menawarkan harga yang terbilang cukup terjangkau bagi UMKM yang ada, dimulai dari harga Rp20 ribu, pemilik UMKM sudah bisa menggunakan platform ini yang bisa dibayar per bulan atau per tahun.


3. Aplikasi yang dihadirkan oleh Mekari
5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 
Sleekr adalah sebuah platform  yang melakukan simplikasi pada sistem HR, yang mudah diakses oleh setiap perusahaan, karena dapat diakses melalui mobile phone. Talenta, serupa dengan Sleekr, namun lebih kompleks dan advanced, karena platform ini hadir dikhususkan untuk perusahaan yang lebih besar dengan payroll yang lebih sulit.

Jurnal, khusus hanya untuk menangani bidang akuntansi, pembayaran, pembuatan laporan serta memudahkan perusahaan untuk berintegrasi dengan bank. Terahkir adalah klikpajak, platform yang baru saja dirilis dan satu dari sedikit yang dilisensi secara resmi oleh dirjen pajak. Hadirnya klikpajak memudahkan perusahaan dalam melaporkan dan mempersiapkan pajak hingga membayarnya yang bisa dilakukan secara online.


4. Membangun kesadaran pemilik UMKM untuk menggunakan aplikasi digital dalam pengembangan bisnis
5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 
Tidak ada ruginya jika menggunakan platform online, justru akan mendapatkan banyak kemudahan. Oleh sebab itu, pihak Mekari akan mengadakan sebuah konferensi di penghujung bulan April tahun ini, untuk menginspirasi pelaku UMKM yang masih bergerak secara konvensional, dengan mengusung tema Powering Indonesian SMEs with Techology.

Konferensi ini menghadirkan lebih dari 20 CEO dan Founder dan juga terdapat lebih dari 20 exhibitors. Mereka yang diundang adalah yang memutuskan untuk beralih ke dunia digital karena tahu keuntungan yang akan dirasakan dari digitalisasi ini.


5. Terus akan berkembang, hingga menyentuh pelosok terpencil Indonesia
5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM 
Fakta terkini dari Mekari adalah penggunanya masih berada pada kota- kota besar yang ada di Indonesia. Tetapi, ke depannya Mekari berjanji untuk mengembangkan platformnya agar seluruh masyarakat Indonesia yang sedang mengembangkan bisnis di desa juga turut merasakan kemudahan dalam mengurus segala pengembangan perusahaannya. Pihak Mekari berani mengungkapkan hal ini sebab melihat perkembangan internet sekarang yang sudah hampir menjangkau seluruh wilayah Indonesia.  

Dengan adanya digitalisasi dalam UMKM, akan mengubah landscape industry secara signifikan, yang berdampak positif pada operasi bisnis perusahaan besar maupun UMKM. Semoga UMKM di Indonesia makin maju ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/tech/trend/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM  Ini Cara Kemenperin Genjot Ekspor Furnitur Hingga US$5 Miliar

- 5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM  Lebih dari 100 Pelaku UMKM Ditargetkan Dapat Izin Edar Tahun Ini

- 5 Fakta Unik tentang Mekari: Platform Khusus untuk Perkembangan UMKM  Resmi Tutup, Bagaimana Perjalanan Bisnis Startup Unik Terbaik Qlapa

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di