alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0622b28c9912e5a5420ec/jangan-disepelekan-ini-5-tanda-seseorang-mengidap-cherophobia

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia

Kalian pasti tidak asing lagi kan dengan kata ‘phobia’? Yah, hampir semua orang sudah sering mendengar kata ‘phobia’ dari media sosial. Istilah ‘phobia’ seringkali dikaitkan dengan rasa takut dalam diri seseorang terhadap objek tertentu seperti gedung yang tinggi, tempat gelap dan binatang tertentu.

Tak hanya itu, salah satu phobia yang cukup unik dan sering dialami banyak orang secara tak sadar adalah cherophobia. Jenis phobia ini lebih mengarah pada ketakutan untuk merasa bahagia. Mau tahu apa saja tanda-tanda yang dialami oleh seorang cherophobia? Yuk, kita simak lima tanda-tanda yang muncul jika seseorang mengidap cherophobia.


1. Timbulnya rasa takut dan cemas secara berlebihan ketika berada dalam kerumunan orang banyak
Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia
Seorang yang mengalami cherophobia tentu akan merasa sangat takut dan cemas ketika berada dalam kerumunan banyak orang. Mereka merasa tidak nyaman dan tak ingin berlama-lama berada dalam kerumunan orang banyak.

Tak hanya itu, mereka juga bisa merasa jantung yang berdebar dan keringat dingin ketika berada di kerumunan orang banyak. Mereka seakan ingin berlari ke suatu tempat yang sepi dan sunyi saat itu juga. Mereka takut rasa bahagia akan datang jika berinteraksi dengan banyak orang.


2. Orang yang mengalami cherophobia akan berpikir bahwa kebahagiaan itu adalah awal dari peristiwa buruk yang akan terjadi
Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia
Orang yang takut merasa bahagia cenderung akan menganggap kebahagiaan itu adalah sebuah awal dari peristiwa buruk yang akan terjadi. Mereka seakan-akan merasa kebahagiaan itu hanya sebuah selingan sebelum merasakan kesedihan yang mendalam.

Hal ini membuat mereka tidak ingin merasa bahagia dan membuang jauh-jauh rasa bahagia yang dirasakan. Biasanya, orang yang beranggapan demikian pernah mengalami sebuah peristiwa yang sangat traumatis di masa lalu.


3. Orang yang mengalami cherophobia cenderung menolak melakukan hal-hal yang menyenangkan
Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia
Orang yang takut merasa bahagia akan cenderung menolak melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti berlibur, membaca novel, menonton film dan nongkrong bersama teman-teman sebaya.

Mereka menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang  menyenangkan karena takut larut dalam rasa bahagia. Hal ini membuat mereka menjadi pribadi yang sangat tertutup dan tidak membuka diri terhadap hal-hal baru yang ada di lingkungan sekitar.


4. Orang yang mengalami cherophobia berpikir bahwa kebahagiaan itu hanya sesuatu yang tidak ada artinya dan percuma
Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia
Orang yang takut merasa bahagia selalu berpikir bahwa kebahagiaan adalah sesuatu yang tidak ada artinya dan percuma. Mereka menganggap rasa bahagia hanya sebuah sensasi yang dirasakan sesaat dan tidak abadi. Jika rasa bahagia itu hilang maka, kesedihan pun akan datang sebagai penggantinya.

Hal inilah yang membuat mereka berusaha menyingkirkan perasaan bahagia dari dalam diri. Bisa dikatakan, mereka merasa dipermainkan oleh rasa bahagia itu sendiri. Jadi, bagi mereka kebahagiaan tidak lebih dari sesuatu yang tidak ada artinya dan percuma.


5. Orang yang mengalami cherophobia akan merasa bersalah jika kebahagiaan muncul
Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia
Orang yang merasa takut bahagia cenderung merasa bersalah jika kebahagiaan muncul. Mereka merasa jika kebahagiaan muncul maka, itu akan membuat diri mereka menjadi pribadi yang buruk. Hal ini tentu membuat mereka merasa bersalah dengan diri sendiri. Ketika rasa bahagia datang, mereka selalu menyalahkan diri sendiri. Mereka menganggap harusnya diri mereka tidak boleh memberi ruang untuk rasa bahagia sedikit pun.

Itulah lima tanda yang muncul jika seseorang mengidap cherophobia. Jika kamu mulai mengalami lima tanda di atas, sebaiknya kamu segera berkonsultasi kepada psikolog atau konselor di lingkungan terdekatmu.

Ubahlah pola pikirmu secara perlahan-lahan untuk berpikir lebih positif. Jangan biarkan dirimu terbelenggu dalam rasa takut akan kebahagiaan. Nikmatilah hidupmu dengan bersyukur atas kebahagiaan yang masih bisa kamu rasakan. 


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia 5 Trik Agar Kebaikan Hatimu Gak Disalah Artikan Oleh Lawan Jenis

- Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia 7 Tes yang Membuktikan Hidupmu Itu Sudah Bahagia, Berani Coba Gak?

- Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Seseorang Mengidap Cherophobia Perbedaan Orang Punya Harga Diri Vs. Si Tukang Gengsi di Dunia Ekonomi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di