alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Cara Mengatasi Motor Matic Mio Injeksi Mati
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb04918337f9377b75ce63f/cara-mengatasi-motor-matic-mio-injeksi-mati

Cara Mengatasi Motor Matic Mio Injeksi Mati

Selamat Datang di Thread maulanaaaaaaa

Sebelumnya ane sudah ngecek beluman ada thread seperti ini dikaskus

Spoiler for SS-nya gan:



Assalamualaikum gan & sist.. Udah lama ane ga buka-buka kaskus semenjak negara api menyerang. Jadi mohon dimaklumi ya threadnya kurang bagus heheemoticon-Embarrassment

Jadi gini ceritanya kenapa ane bikin ini thread..
Spoiler for Cerita:


Nah Semenjak itulah kenapa ane mau bikin nih Thread.

Cara Mengatasi Motor Matic Injeksi (Mio Fino) Mati Tiba-Tiba

1. Cek kompresi
Jika saat disela kaki ngelos, berarti itu hilang kompresi (pembakaran). Nah kl ga ngelos dicoba aja tekan startr tangan sambil digas tahan.

2. (Ini yang ga ane temuin di Google / Konsultasi dengan mekanik yamaha) Tiup Dengan Kencang
Wahhh maksdnya apa tuh gan???emoticon-Gila Jadi tuh maksudnya gini gan&sist..
Kondisikan posisi kontak motor ON, buka jok motor , itu juga kl punya jok motornya emoticon-Big Grin nah buka tutup tangki. Tiupdahtuh tangki tapi pastikan udara masuk ke tangki semua, jd mulut dengan tangan kondisikan menutupi lubang tangki tersebut. Saat ditiup secara bersamaan tekan starter tangan ya gann. Berdasarkan pengalaman ane itu terbukti ampunn. Kok bisaya? nah menurut kemungkinan ane yg kurang paham tentang motor yaitu karena kurang angin untuk mendorong bensin masuk ke pembakaran. Koreksi suhu jika salah.emoticon-Big Grin

2. Periksa Kelistrikan
Posisikan kontak ke ON, jikalau lampu indikator dll menyala berarti aman. Kl ga nyala ane saranin ini kebengkel ya gan heheemoticon-Wakakamungkin disuruh beli aki wkwk


Mungkin itu aja caranya, itu berdasarkan pengalaman ane ya gan&sist.


Dapet koreksian nih gan, info diatas hanya mengatasi masalah sesaat ya gan&sist jadi untuk detailnya nih ada agan yg mau nambahin. Sebelumnya terimakasih yg sudah mengoreksi emoticon-Shakehand2

d.v.n
Quote:


baguswave
Quote:


JANGAN LUPA KASIH  emoticon-Rate 5 Star DAN emoticon-Blue Guy Cendol (L) GANNNN&SISTT!!
JANGAN DILEMPARINemoticon-Blue Guy Bata (L) YA GANNNN&SISTT!!

TERIMAKASIHHHHemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

emoticon-Shakehand2 emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh maulanaaaaaaa
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Yang gemar otomotif, informasi ini bermanfaat sekali!
Balasan post waroengartikel
saya suka itu..!
Bisakah kamu membantuku?
apakah ini situs alat di Indonesia?
Balasan post waroengartikel
makasih gann emoticon-Big Grin
untuk agan&sist yang mau menambahkan, silahkannn...emoticon-Big Grin
ane pernah ngalami yg kyk gini gan, solusi ente agak kurang masuk akal karena itu penyebab nya lost kompresi. kita cari tau dulu penyebab utama dari lost kompresinya dari mana, apakah penyetelan klep yg kurang pas atau dari ring kompresi nya uda fatique atau lemah. biasa nya penyebab lost kompresi dari kita bawa ngebut trus berhenti tiba2 mati itu bisa d sebabkan karena salah satu klep ada yg terlalu rapat celah nya, jdi ketika mesin sangat panas batang klep akan memuai jdi membuat klep jd terbuka sendiri karena stelan yg kurang pas.
banyk juga yg bilang di masuk oli d lubang busi, atau di tiup, nah memang bisa ngaruh tpi bakalan kambuh lagi, karena saat kita melakukan hal tersebut ada jeda wktu mesin menurunkan suhunya, sehingga klep jd kembali semula lagi. saran ane stel klep ulang dengan celah standart matic yamaha, klep in o,9mm yg ex 1,0mm. dan jangn lupa ganti oli sesuai jadwal. emoticon-Shakehand2
blm pernah ngalamin
Balasan post pabloo
sama gan (mio m3)
Quote:



Cuma mau ngoreksi gan, hilang kompresi bukan berarti hilang pembakaran. Kalau hilang pembakaran biasanya busi ngga memercikan api (alias pengapian ilang.
Kalau hilang kompresi ya kompresi nya ilang, biasanya kompresi bocor (biasanya klep bocor atau yang lainnya)

Soal tiup meniup itu bisa juga dari tutup tangki nya yang kotor jadi bensin ngga bisa nyemprot ke ruang bakar, caranya kodek2 aja tuh tutup tangki yang biasanya ada lubang kecil di bawahnya

Satu lagi, biasanya matic injeksinya yamaha sensornya suka sensian. Contoh kabel spedo putus aja kadang motor bisa mati loh gan

Semoga bermanfaat salam cendol
Quote:


nah iya bner gan ini hanya membantu sesaat tp lumayan dari pada harus dorong gan. nah kl hilang kompresi penyebabnya sperti yg agan blg, sya pernah jg dijelasin sma mekanik bengkel kyk gitu tp krna sya kurang paham otomotif jd kurang nanggp hehe.emoticon-Wakaka emoticon-Shakehand2 emoticon-Jempol

Quote:


mksdnya lubang kecil yg didasar tangki gitu gan? nah kl kabel spedo putus sih ane pernah tp ga smpe mati gan paling cuma nyala doang lampu indikatornya. emoticon-Jempol
Quote:


Tutup tangki bensin gan biasanya ada dua lubang kecil, bukan didasar tangki nya.
Matic injeksinya yamaha sensornya soalnya dia dibagi 3 bagian kalo ngga salah, depan tengah sama belakang, kabel spedo putus kadang langsung ngasih sinyal ke ecu, kadang ada yang cuma ngasih tanda lewat lampu indikator. Yang biasanya kaya gitu setau ane mio j, mio m3 sama soul gt


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di