alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb0444ee83c7215a80dca3b/kangen-sama-mainan-tradisional-ini-ternyata-mainan-tradisional-lebih-bermanfaat-loh

Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Masa kini permainan apa sih yang sering dimainkan oleh anak-anak?
Masak-masakan?
Salon-salonan?

Kayaknya sekarang ane udah ga pernah lihat ada anak-anak yang bermain permainan di atas, apa lagi permainan di luar rumah seperti cing jongkok, cing umpet, atau cing benteng. Paling-paling anak sekarang mainnya masak-masakan di smartphone, salon-salonan di smartphone, atau permainan-permainan lainnya yang ada di smartphone.

Zaman sekarang, permainan-permainan yang ada di smartphone sudah menggeser permainan-permainan tradisional. Padahal, permainan-permainan tradisional memiliki manfaat yang lebih banyak loh dibandingkan permainan-permainan pada smartphone seperti Mobile Legend, PUBG, Harvest Moon, dan game virtual lainnya. Mau tau apa aja permainan tradisional yang bermanfaat dan manfaat di dalamnya?




Congklak

Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Congklak adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh dua orang. Permainan ini menantang kita untuk menyusun strategis yang baik demi mengumpulkan biji congklak yang lebih banyak agar kita bisa memenangkan permainan ini.



Kreasi Kertas

Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Permainan origami atau kreasi kertas lipat ini sudah dikenal sejak kita belum sekolah, bahkan di sekolah TK pun anak-anak pasti diajari dan dibimbing untuk membuat kreasi kertas ini, mulai dari pesawat, perahu, rumah, bahkan banyak hewan yang bisa kalian buat hanya dari selembar kertas. Permainan ini ternyata memiliki manfaat loh untuk anak-anak, karena permainan ini bisa meningkatkan kreativitas anak-anak.



Layang-layang

Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Siapa disini yang waktu kecil, sore-sore, suka main layangan di lapangan? Ane termasuk yang pernah mengalaminya loh. Menerbangkan kertas minyak yang dirangkai dari bambu dengan menggunakan benang ini tidak semudah itu loh, dan tentunya memiliki sensai tersendiri, apalagi ketika layangan putus dan kita harus berlarian mengejar layangan agar tidak diambil oleh orang lain. Pokoknya permainan ini akan melatih kesabaran pada anak untuk bisa menaikan layang-layang hingga tinggi.



Galasin

Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Permainan tradisional yang satu ini harus dimainkan oleh kelompok, sehingga setiap anak dituntut untuk saling berinteraksi dan bekerja sama untuk bisa memenangkan permainan ini.



Egrang

Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Permainan yang satu ini termasuk permainan sulit yang gabisa dilakukan oleh semua orang, kalian harus bisa menyeimbangkan tubuh saat berdiri di atas tongkat bambu dan berjalan agar tidak jatuh. Pokoknya menantang deh permainan ini.




Gimana? Ternyata seru dan memiliki manfaat ya permainan tradisional di Indonesia. Sekarang masih ada ga ya anak-anak yang suka bermain permainan-permainan tradisional ini?



SUMBER
Diubah oleh rarirureror
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Anak jaman sekarang udah gak mau main mainan kayak gitu bro, pada pilih hp semua
kelereng mannaaaa...?? emoticon-Big Grin

permainan tradisional daerah gw jg udah banyak yg ilang...
contohnya trabasan/bentengan, gobak sodor, glatikan (di jatim dulu disebutnya patil lele), rek umpet (petak umpet)...

....lain daerah mungkin beda nama, tapi cara mainnya mirip...
Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!
mainan gw jaman dulu,. kalo muter bisa bunyi dengung...... ngguuuuuunnggg...!




eh....galasin sama gobak sodor sama yak...??emoticon-Malu
Diubah oleh jagotorpedo
Quote:


Tidak butuh lahan √
Tidak butuh ngumpulin orang √
Ringkas √
Senior yang biasanya mengenalkan permainan X
Kangen galasin sih gue, sama benteng gitu..

Lebih seru main itu ketimbang main game hp menurut gue, karna ngeliat wajah yang kalah secara langsung lebih nikmat sensasinya emoticon-Malu
wah.. memorable banget ini.. apalagi ngejar layang layang putus itu heboh, kena pecahan beling kaca, jatoh dari lantai atap sekolah,ya robek pipi jatoh, dagu robek jatoh..dengkul somplak.. aduh.. ngeri semua dah.. tapi jadi buat hidup lebih kuat
lebih seru main gundu sama krambol ..layang" apalagi ga boleh liat inceran yg perlu di babat abisemoticon-Jempol
ahh udah ada hp ...jaman udah maju jeles 🤣
Main layangan sampe belang bwahahah emoticon-Ngakak
ane masih sering main congklak sama adek ane.
hehe iya gan
Bermanfaat utk mengatasi mkkb gan emoticon-Ngakak
Haha emoticon-Big Grin saya pernah memainkan semuanya gan.
galasin... kalo egrang guee emang kagaa bisaaa..
Pelajaran olahraga waktu ane sma biasanya di isi sama maen voli, basket, sepakbola sama jogging. Guru ane ngeliat murid2nya bosen, jadi di suruh maen galasin & bentengan. Alhasil temen2 maen-nya sambil ketawa-ketawa

suport gan
Yup benar sekali gan, anak-anak jaman dahulu lebih aktif dalam bermain, selain itu juga kreatif menciptkan sesuatu untuk mainannya. Permainan galasin melatih kerjasama antar anggota kelompok juga bermanfaat sebagai bentuk olahraga sehingga menyehatkan tubuh.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di