alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Eggi Sudjana Laporkan Jokowi Hingga Rusdi Kirana Soal Surat Suara Tercoblos
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb02eb08d9b1726d45ff97d/eggi-sudjana-laporkan-jokowi-hingga-rusdi-kirana-soal-surat-suara-tercoblos

Eggi Sudjana Laporkan Jokowi Hingga Rusdi Kirana Soal Surat Suara Tercoblos

Eggi Sudjana Laporkan Jokowi Hingga Rusdi Kirana Soal Surat Suara Tercoblos


Jakarta - Caleg PAN Eggi Sudjana melaporkan soal surat suara tercoblos di Selangor Malaysia ke Bawaslu. Masuk di Dapil DKI II yang meliputi wilayah luar negeri juga, Eggi melaporkan Jokowi hingga Rusdi Kirana dalam kasus ini.

"Persoalan seriusnya saya ke sini adalah sebagai caleg dari PAN nomor urut 3 dapil luar negeri jadi saya dirugikan betul dengan kondisi ini, punya hak hukum saya mempersoalkan ini," ujar Eggi di Kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

Pelaporan ke Bawaslu diregister atas dua nama yakni Eggi dan Arismunandar dengan nomor pelaporan 46/LP/PP/RI/00.00/IV/2019.

Adapun pihak yang dilaporkan adalah Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Malaysia, Kelompok Pengelenggara Pemungutan Suara di luar negeri (KPPSLN), Panitia Pengawas Pemilu di Luar Negeri (Panwas LN) di Malaysia, KPU, Capres nomor urut 01 Joko Widodo, Caleg Partai NasDem Davin Kirana dan Ahmad. 

Adapun pihak-pihak tersebut dilaporkan atas alasan dugaan jual beli suara, kelalaian dari penyelenggara pemilu dan diduga ada upaya kecurangan yang terstruktur dan sistematis. Pengacara Eggi, Pitra Romadhoni mengatakan agar Bawaslu mengusut kasus tersebut serta mendesak agar Jokowi sebagai capres didiskualifikasi.

"Untuk itu karena memang ini yang tercoblos adalah 01 dan caleg dari pada Partai NasDem klien kami menginginkan saudara Jokowi didiskualifikasi. Yang kedua dari caleg NasDem yang sudah tercoblos tersebut segera diusut tuntas dan perlu segera ditindaklanjuti untuk dilakukan tindakan hukum berupa tindak pidana pemilu," kata Pitra.

Dugaan pasal yang dilanggar adalah Pasal 532 KUHP, Pasal 537 KUHP, Pasal 544 KUHP, Pasal 550 KUHP, Pasal 553 UU No 7/2017 tentang pemilu dan Pasal 421 KUHP tentang penyalahgunaan wewenang oleh pejabat dan pasal 1365 dan 1366 KUHP Perdata.

"Di sini ancaman hukumannya di atas 10 tahun kalau digabungkan pasal tersebut," imbuhnya.

Sementara itu Eggi mengatakan pihaknya juga akan menggugat secara perdata kepada 7 pihak yang juga dilaporkan ke Bawaslu. Sebab ia merasa dirugikan dengan adanya surat suara tercoblos caleg NasDem di Malaysia. Gugatan perdata itu akan diajukan segera dengan total kerugian Rp 7 triliun.

"Yang keduanya ada pidana ada perdata pidananya ke polisi, perdatanya ke pengadilan negeri karena saya dirugikan. Coba bayangin spanduk kaya begini bikin bendera ke luar negeri tiba-tiba kalah karena orang dicoblos duluan kan nggak fair ini kurang ajar pengkhianat demokrasi. Oleh karena itu saya rugi berat kita gugat lah, nanti uangnya kita juga bagi-bagi ke rakyat pakai pesawat Lion kan dia yang punya Lion nih. Untuk dibagi-bagi ke rakyat," ujar Eggi.

Seperti diketahui, Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahra Ulyana sebelumnya menerima aduan soal penemuan surat suara tercoblos. Ada dua lokasi temuan surat suara tercoblos. Lokasi pertama adalah Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

Di lokasi tersebut, ditemukan surat suara dalam bagdiplomatik, kantong plastik hitam, dan 5 karung goni dengan tulisan 'Pos Malaysia'. Sejumlah surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01, sedangkan pada surat suara pileg tercoblos untuk caleg NasDem DPR nomor urut 3.

Sedangkan lokasi kedua adalah kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor. Ketua Panwaslu Kuala Lumpur menyebut waktu tempuh dari lokasi pertama ke lokasi kedua sekitar 15 menit.

Di lokasi ini ditemukan 158 karung berisi surat suara. Beberapa surat suara pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01.

Sementara dari beberapa surat suara pileg, tercoblos untuk caleg DKI Dapil II dari NasDem nomor urut 2 dan beberapa tercoblos untuk caleg Demokrat nomor urut 3.


Sumur

Diskualifikasi? Eggi, jidatnya aja sampai menghitam kayak gitu. Itu jidat dipakai buat kebanyakan mikir atau buat apa saja ya? emoticon-Bingung
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
hanum ratna


Eggi Sudjana Laporkan Jokowi Hingga Rusdi Kirana Soal Surat Suara Tercoblos
buat gesek2..

emoticon-Malu
Mancing di air keruh..
lah caleg dapil luar negeri ternyata. dah gak laku dia di lokal. emoticon-Wakaka pantesan lama gak ada kabar kirain dah mati ni orang.
ealah goblok nya emoticon-Matabelo
Tar kalo diladenin balik jangan bilang dizholimin ya....


Pfffttt......
enak kali request diskualifikasi emoticon-Wow
orang gila emoticon-Ngakak
ES memanfaatkan kesempatan mumpung ada bahan gorengan renyah..... emoticon-Big Grin
kualitas orang pan...

emoticon-Embarrassment
Buat legal standing aja kaga lolos lu masukin gugatan.

Klu ada masalah di mekanisme pemilihan yg dituntut itu KPU. Karena KPU yg jd operatornya.
aneh y si zonk, dahnol, ma fahri kok masih adem ayem haha
kalo gitu boleh lah request geng lu kena banned ntar pemilu 2024 krn kerap bikin hoax dan memicu keributan nasional gimana???? emoticon-Embarrassment
Diubah oleh wen12691
Quote:


Takut salah bacot
Mereka kan nyaleg
Quote:


inikah Cut Nyak dien era modern yang dijanjikan...?emoticon-Traveller
Quote:


sama kyk mbah rais... tukang bikin gaduh negara saja...
Nah kan ketahuan motifnya ...

dengan adanya laporan ini,
semakin menguatkan bukti bahwa penuh intrik dalam kasus surat suara tercoblos ..........


wkwkwkkwkwkw

niat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui,
akhirnya
bukti demi bukti akan terkuak dengan sendirinya
seiring dengan kogoblogan dan kedunguan nyata
Quote:


Takut kena senjata makan tuan bisa repot tar....


Pfffttt....
lumayan dapat panggung lg si durjana emoticon-Leh Uga
Quote:


emang si Fvckri nyaleg lewat partai mana gan... dia kan dipecat PKS... atau kah dia masuk koalisi nya Nurhadi-Aldo emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di