alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Golput Pemilu 2019, Aset Menguntungkan Masa Depan Tapi Bukan Sebuah Pilihan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb01a45af7e930ac00b168d/golput-pemilu-2019-aset-menguntungkan-masa-depan-tapi-bukan-sebuah-pilihan

Golput Pemilu 2019, Aset Menguntungkan Masa Depan Tapi Bukan Sebuah Pilihan

Golput Pemilu 2019, Aset Menguntungkan Masa Depan Tapi Bukan Sebuah Pilihan


Siapa yang gatau golongan putih hari ini sih wkwk biasanya disingkat golput. Golongan Putih merupakan golongan yang tidak memihak atau biasa dijelaskan tidak memilih. Menjelan pemilu biasanya sedang tenar tenarnya paham untuk tidak golput, yaah sudah jelas karena negara kita negara demokrasi,  memang tidak ada larangan untuk golput tapi gimana ya gan, ini kan negara kita juga
emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow

Investasi Demokrasi Pada Masa Mendatang
Golput memang merupakan sebuah hak. Golput bisa menjadi sebuah bentuk ketidakpuasan terhadap pilihan yang ada. Golput bukan berarti tidak peduli dengan apa yang terjadi dalam gejolak bangsa ini namun sebagai bentuk protes atas ketidakpuasan dalam pemilihan. Angka golput bisa dijadikan bahan evaluasi pemerintahan agar pemerintahan bisa menjalankan negara demokrasi dengan sebagaimana mestinya. Memang Negara demokrasi tidak melarang untuk golput. Ketidakpuasan masyarakat dalam pemilihan calon melahirkan golongan putih dan golongan putih melahirkan bentuk protes terhadap pemerintahan dan yang akhirnya melahirkann sebuah evaluasi terhadap pemerintah tentang apa yang harus dibenahi, tentang apa yang golongan putih sebenarnya mau. Golongan Putih selama ini menjadi golongan yang dikesampingkan dan menjadi golongan yang dianggap tidak peduli terhadap pemerintahan namun dewasa ini justru sebaliknya. Data KPU menunjukan peningkatan angka golput dari pemilu putaran 1 2004 sampai pemilu 2014. Angkanya tidak turun melainkan menanjak terus. Dewasa ini golput dianggap sesuatu yang ideal karena ketidakpuasan terhadap pasangan calon. Kedepannya hal ini bisa terjadi secara besar besaran dan menjadi bahan evalusai pemerintah. 
Data angka golput pilpres:
Putaran 1 2004 angka golput sebesar 21.80%
Putaran 2 2004 angka golput sebesar 23.40%
Pemilu 2009 angka golput sebesar      28.30%
Pemilu 2014 angka golput sebesar      29.01%

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Golput Bukan Sebuah Pilihan Untuk Perubahan
Mungkin kalian tidak puas dengan pilihan yang ada namun bukan saatnya untuk mengkritik dan malah menuju ke golput, golput bukan solusi masalah yang kalian semua suarakan dan kritisi hari hari yang lalu. Golput justru tidak menyelesaikan masalah. Memang pilihan sedikit membingungkan tapi bukannya malah bagus, hal ini menunjang masyarakat untuk lebih dalam mencermati program kerja masing masing pasangan calon sehingga masyarakat dengan sendirinya teredukasi tentang program kerja apa yang ditawarkan oleh paslon. Memang harapannya begitu, namun kenyataanya masyarakat dengan idealismenya masing masing memberikan kritik dan melihat kelemahan satu sama lain yang akhirnya mendorong orang untuk tidak memilih dikarenakan terlalu banyak kelemahan yang dilihat. 

 Mungkin banyak pendapat idealisme tentang sistem pemerintahan atau tentang politik di negara ini yang akhirnya mendorong ke arah golput.Tapi jika kita berbalik ke tujuan awal negara demokrasi adalah mengedepankan keadilan dan keterbukaan pada negaranya, memajukan kesejahteraan rakyatnya. Jadi ironis jika ingin memajukan kesejahteraan rakyatnya namun rakyat sendiri tidak ambil bagian didalamnya. Sistem di negara kita bukan dipilih secara lotre namun sudah dikaji dan cocok diterapkan dinegara ini, jikalaupun diharuskan adanya perubahan maka akan melibatkan peran serta dari seluruh rakyat, memang pengaruh pemimpin mempengaruhi rakyat sangat besar maka dari itu justru bagus jika ada kritik dan saran yang mungkin menjadi masukan untuk pemerintah. Tetapi jika golput itu tidak menyelesaikan masalah, karena ibaratnya anda tidak peduli dengan masa depan, lalu jika sudah golput apa kontribusi anda untuk negeri? tidakkah lebih baik orang yang memilih dan menimbang mana program kerja yang lebih baik sehingga dia tahu mana pilihan yang harus dipilih walaupun buruk setidaknya bukan yang terburuk. Maka dari itu kita harus tentukan pilihan mulai dari sekarang. Tanggal 17 April 2019 tinggal hitungan hari lagi.
Golput Pemilu 2019, Aset Menguntungkan Masa Depan Tapi Bukan Sebuah Pilihan
emoticon-Gotta catch 'em all!emoticon-Gotta catch 'em all!emoticon-Gotta catch 'em all!
Sumber:
https://tirto.id/gelombang-golput-ya...nah-surut-cVnc
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-46970330
https://www.asumsi.co/post/franz-mag...erhadap-golput
www.kbk.news (image from google)
www.setkab.go.id (Image from google)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di