alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Penyebab Transmisi Mobil Manual Susah Masuk Gigi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb010cb0577a936da13b99f/penyebab-transmisi-mobil-manual-susah-masuk-gigi

Penyebab Transmisi Mobil Manual Susah Masuk Gigi

Quote:
Transmisi mobil truk mengalami susah masuk gigi sudah sangat sering terjadi pada mobil yang sudah tua. Kondisi seperti ini akan membuat si pengemudi menjadi sangat kewalahan untuk mengoperasikan unit kendaraan, apalagi ditambah si pengemudi belum makan, emosi tingkat dewa pun bisa keluar dengan sendirinya.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi mengenai jenis kerusakan yang satu ini dapat admin disimpulkan bahwa 60% penyebab utama transmisi susah masuk gigi diakibatkan oleh faktor perawatan serta cara pengoperasian unit. Jadi sisanya 40% lagi diakibatkan oleh faktor umur kendaraan (hasil riset berdasarkan pengalaman di bengkel)

Kembali ke topik pembicaraan seperti yang kita ketahui untuk melakukan manuver perpindahan gigi diperlukan kelincahan tangan serta kelancaran tuas transmisi, lalu bagaimana jika tuas transmisi tidak bisa diajak kompromi? bisa-bisa di dalam mobil terjadi pergulatan yang sangat sengit antara sopir dan tuas transmisi.

Selain membuat si supir menjadi kewalahan kejadian ini juga dapat membahayakan keselamatan kita serta pengguna jalan lainnya, ya Coba deh di bayangin jika mobil yang sedang sobat kendarai dalam posisi menanjak dan pada saat itu mobil meminta untuk menukar gigi ke posisi 1 dan berketetapan gigi 1 susah untuk di masukkan. Bisa jadi mobil harus berhenti ketika sedang menanjak.

Transmisi mobil truk mengalami susah masuk gigi sebenarnya bisa diakibatkan oleh faktor sederhana seperti kurangnya pelumas pada bagian bosh bushing tuas transmisi(untuk mobil truk yang lawas) tidak hanya itu saja ada beberapa faktor lain yang menyebabkan gigi transmisi susah masuk pada mobil truk antara lain sebagai berikut:

1. Adanya kebocoran fluida pada master kopling bawah
Kebocoran fluida pada master kopling bawah akan membuat daya tekan laher bearing menuju plat cover akan berkurang, sehingga kampas kopling tidak dapat bebas dengan sempurna, sehingga proses pergantian gigi akan sulit untuk dilakukan.

2. Kabel tuas transmisi lengket
Umumnya untuk mobil tahun tinggi sudah memakai kabel baja yang di lapisi karet untuk meneruskan gerakan dari tuas menuju transmisi. karena kabel baja terbungkus oleh lapisan karet maka tidak mengherankan lagi jika kabel baja bisa saja lengket oleh karat yang diakibatkan oleh tidak adanya pelumas yang mengalir kabel baja ketika melakukan perpindahan gigi.

3. Setelan kopling kurang tinggi
Perpindahan gigi dapat dilakukan ketika kampas kopling telah bebas dari tekanan clutch cover atau matahari dan jika setelan kopling kurang tinggi maka kampas tidak dapat bebas dengan sempurna yang mengakibatkan transmisi mobil jadi susah masuk gigi.

4. Kerusakan pada bagian kampas kopling
Ketebalan kampas kopling sangat mempengaruhi kinerja pada transmisi, dimana kampas kopling akan terlebih dahulu memutuskan putaran mesin agar perpindahan gigi dapat dilakukan. Dan jika kampas kopling mengalami kerusakan maka biasanya pengoperan gigi tidak dapat dilakukan. Kerusakan pada kampas kopling tidak hanya satu jenis saja, ada beberapa jenis kerusakan yang dapat mengakibatkan transmisi mobil menjadi susah untuk masuk gigi, adapun jenis kerusakan lainnya meliputi

Sumber lengkap nya disini
Spoiler for thread lainnya:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di