alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caff205af7e9376b30a38c0/ketahuilah-7-alasan-orang-kecanduan-minum-kopi-menurut-psikologi

Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi


Bukan rahasia lagi bahwa kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh beberapa kalangan mulai dari laki-laki, bapak-bapak hingga perempuan pun menyukainya. Kenikmatan akan rasa kopi menciptakan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Apalagi saat ini sudah banyak jenis kopi yang bisa dinikmati untuk menemani aktivitas sehari-hari. Kalian pasti penasaran kan mengapa banyak sekali orang yang menggemari minum kopi bahkan tak bisa lepas dari minum kopi alias kecanduan? Berikut penjelasannya dari sisi psikologi.  
1. Berada dalam lingkungan peminum kopi

Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Unsplash.com/@nate_dumlao


Sebagai makhluk sosial, manusia pasti akan melihat, memahami hingga mencoba hal-hal baru yang ada di lingkungan, seperti halnya meminum kopi. Faktor lingkungan tempat tinggal bersama orang-orang pecinta kopi akan turut mempengaruhi seseorang untuk mencobanya. Awalnya pasti terasa pahit dan tak enak namun karena hidup di keluarga pecinta kopi maka tradisi minum kopi pasti akan mempengaruhi diri seseorang.
2. Terbiasa meminum kopi
Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Unsplash.com/@jarson


Faktor lingkungan yang telah disebutkan di atas akan membuat ketertarikan seseorang pada kopi semakin meningkat. Mulai dari 1 gelas sehari, 2 gelas sehari hingga timbul perasaan tak tenang jika tak meminum kopi dalam sehari.
3. Kopi membantu mengawali dan mengakhiri hari
Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Unsplash.com/@andrewtneel



Sebagian besar pecinta kopi merasa bahwa hanya kopi yang mampu membuatnya segar di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Di tengah aktivitas pun mereka akan meminum kopi untuk menyegarkan pikiran dari pekerjaan yang menumpuk. Kemudian mereka juga akan mengakhiri harinya dengan meminum kopi kembali.

4. Kopi sebagai stress release

Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Unsplash.com/@all_who_wander


Lelah dan penat karena pekerjaan atau aktivitas yang padat membuat pecinta kopi tak bisa lepas dari kopi. Mereka cenderung memiliki sugesti bahwa kopi merupakan penghilang rasa pusing dan stres yang terbaik. Ya, cukup dengan kopi mereka akan merasa lebih tenang.  
5. Kopi sebagai sumber energi
Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Unsplash.com/@sharon_christina



Selain memiliki sugesti bahwa kopi merupakan stress release terbaik, para pecinta kopi juga berpikir bahwa hanya kopi yang dapat membuat energi mereka terisi kembali. Tak jarang mereka juga lebih memilih kopi daripada makanan sebagai sumber energi mereka. Selain itu mereka juga percaya bahwa minum kopi dapat meningkatkan kepercayaan diri.
6. Terjadi perubahan kimia otak
Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Unsplash.com/@srosinger3997


Ketika seseorang mengonsumsi kopi yang mengandung kafein secara teratur dan dalam jangka waktu lama, maka kopi dapat menyebabkan kimia otak berubah. Contoh, otak mungkin akan mengompensasi adenosin reseptor yang sudah diblok tetapi menghasilkan reseptor lebih banyak lagi. Maka dengan jumlah reseptor yang banyak, Anda harus meminumnya lebih banyak lagi untuk mendapatkan efek stimulasi yang sama seperti sebelumnya.
7. Faktor genetika
Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Unsplash.com/@taylormae


Ternyata alasan seseorang kecanduan minum kopi menurut psikologi berhubungan dengan genetika. Sebuah penelitian di Molecular Psychiatry membandingkan contoh DNA dan kebiasaan minum kopi pada kurang lebih 12.000 orang pria dan wanita. Hasil menunjukkan bahwa ada hal yang sama pada mereka yang sering minum kopi, yaitu mereka memiliki dua variasi genetika yang sangat mempengaruhi metabolisme kafein secara efisien, dua variasi genetika yang mempengaruhi efek positif kafein dan dua variasi genetika lain yang memberi pengaruh kepada aspek metabolisme energi lainnya.
Adakah salah satu alasan di atas yang kamu alami? Jika ada berarti kamu sudah kecanduan kopi ya. 

https://www.idntimes.com/food/dining...logi-c1c2/full
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
semoga warung kopi BP dibuka kembali setelah pilpres

salam dari calon enthusiast bpln
aku suka kopi bgt
Quote:


emoticon-Leh Uga saran bagus itu

semoga moderator tanggapi
saya lebih suka minum teh daripada kopi

paling suka beli teh china & teh jepang ..
alasan 8: karena adzan berkumandang emoticon-Cool
Diubah oleh hachi.man
Yup, tanpa kopi serasa ada yang kurang.
ngupi dulu Bray..
emoticon-coffee
Ketahuilah, 7 Alasan Orang Kecanduan Minum Kopi Menurut Psikologi
Ngefans sama yg ini kaleee
Quote:


Kakakakak

Agan bisa saja

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
senja kopi, au ah. Entar maag tau rasa dah
kalo alasan ane yg no 1,2,3,5 saja..
btw, ane minum kopi 1 hari 1 kali di pagi hari saja..
itu sudah cukup..
gue coffee addict nih emoticon-Mewek
Ane tiap hari minum kopi pahit, penghilang bad mood emoticon-Leh Uga
Kalo habis minum kopi jantung ane pasti berdebar2, perasaan excited. Apa itu suatu addiction? Kalo ga minum gpp juga sih, apalagi kalo pas lg sibuk bisa lupa minum, kalo lg senggang ga minum kopi rasanya ada yg kurang. Kalo lg bad mood minum kopi bikin senang & excited. Aneh ya si kopi ini
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


Yg ente minum kopi robusta kali? Kebanyakan kafein jadinya begitu.
gue sehari 3-4 cup coffee

biarpun cuman kopi hitam instant abjad, wkwkwkwkw

ntah kenapa berasa lebih fokus pas kerja, kalo gak minum kopi malah bawaannya bengong Ama kurang fokus
Balasan post lozpriane
kebanyakan kafein itu mah gan

atau ngga badan anda oversensitive Ama kafein ada beberapa org kayak gini biasa nya yang dulu gak pernah nyentuh kopi terus mulai minum,
tapi kalo ngopi terus lama lama ilang sih
.
minimal 5 gelas sehari emoticon-Busa
.
auk dah ngapa, mungkin emang udah addict, emoticon-Hammer (S)
mantabh dah thread tentang kopi... dan ane salah satu penggemar kopi, yang akan merasa pusing kalau 1 hari belom minum kopi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di