alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bandara Kertajati Dikritik Kurang Kajian, Menhub: Itu Ide Pemda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf6c04dbf764659d317ad9/bandara-kertajati-dikritik-kurang-kajian-menhub-itu-ide-pemda

Bandara Kertajati Dikritik Kurang Kajian, Menhub: Itu Ide Pemda

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengkritik infrastruktur Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati yang masih sepi. Dia menyebut pembangunan bandara tersebut tanpa kajian yang mendalam. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merespons.

"Ya kalau itu biar masyarakat yang menilai," kata Budi Karya ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa proyek bandara tersebut adalah usulan dari pemerintah provinsi Jawa Barat (Jabar). Pihaknya sebagai otoritas yang berwenang hanya mewadahi.

"Jadi saya menjawab skenarionya ya, Kertajati itu kita adalah ide pemda, selaku otoritas kami tidak mungkin ide itu kita campakkan itu, kita harus rangkul. Pemda itu harus kita ajak sama-sama," ujarnya.

Kertajati itu kita adalah ide pemda, selaku otoritas kami tidak mungkin ide itu kita campakkan itu, kita harus rangkulMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi



Ide dari Pemprov Jabar itu pada akhirnya menurut dia perlu dirangkul bahkan dijadikan sebagai program nasional.

"Kertajati adalah ide dari pemda. Kami menganggap itu nggak bisa nggak itu jadi program nasional. Kita rangkul itu, kita lakukan," paparnya.

Terlepas dari itu, Budi Karya juga mengatakan, baik pemerintah Jabar maupun Kementerian Perhubungan bahu-membahu untuk memajukan bandara tersebut.

"Kita bahu-membahu, pemda saya undang, yuk kita bangun ini sama-sama, bahwasanya ada suatu hal yang ini ya kita tanggung sama-sama," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut pembangunan bandara tersebut tanpa kajian yang mendalam.

"Mungkin kurang penelitian, sehingga lokasinya tidak pas. Tidak pas untuk Bandung, tidak pas untuk Jakarta. Tanggung, jadi kalau mau ke Bandung, lewat Kertajati mesti naik mobil lagi sampai 100 km," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).


https://m.detik.com/finance/infrastr...box=1554958410

Klo proyek gagal yg disalahin pemda, klo sukses diklaim jokowi... Lucu emoticon-Ngakak

Buset jarak nya 100 km klo mo ke Bandung... Pantesan sepi emoticon-Ngakak
Diubah oleh kaka10ciao
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bandara Kertajati Dikritik Kurang Kajian, Menhub: Itu Ide Pemda
berapa triliun itu kertajati?


giliran peresmian aja di klaim..
udah ketauan minus nya..nuduh sana sini..

Bandara Kertajati Dikritik Kurang Kajian, Menhub: Itu Ide Pemda
Balasan post tukangkredit
Quote:


2.6T katanya
Quote:


total 2,6 triliun emoticon-No Hope
Quote:


Ciri khas cebong emoticon-Leh Uga
sapa dulu gubernurnya emoticon-Big Grin

biar anggaran terserap maksimal emoticon-Wkwkwk
pak jokowi maaf, anda sudah kalah total. anda menangnya di kaskus aja.
semoga bisa ramai ya
Ini kesalahan fatal alias buang2 duit negara
jarak masih dekat dan bisa ditempuh dengan darat hanya tempo 2-3 jam napain dibikin bandara. Yang terang sepi, mana ada yg mau naik pesawat, mana tiket lagi mahal2nya lagi...

Maka nya pembangunan itu jangan terpusat di Jawa, harusnya di seluruh pelosok Nusantara yg lebih jelas membutuhkan daripada pembangunan bandara ini yg akhirnya jadi mubazir
Civil war
kertajati itu contoh pembangunan daerah yang mangkrak lalu diambil alih pusat. pemerintah pusat sebetulnya punya rencana berbeda untuk buat bandara internasional baru di karawang dengan pendanaan jepang. karena kertajati dibangun otomatis rencana karawang batal. sayangnya karena inisiatif daerah, jadi nggak terintegrasi dengan rencana nasional. ini yang buat kertajati nggak bisa langsung rame karena infrastruktur pendukung seperti akses tol dll belum selesai.
pas masih gawe di gedung sate, gosip soal istri & keluarga don panggul beras borong tanah murah di kertajati begitu kental. ini sebetulnya korupsi kebijakan, kalau di saham namanya insider trading yang melanggar hukum.
Balasan post billyns
Quote:


terus.. studi kelayakannya bagaimana itu gan? 2.600 milyar lho...
studi kelayakan seperti biasa tinggal diatur supaya layak. tapi kertajati bakal rame kok karena bandara bdg sudah kurang layak untuk penerbangan sipil, tunggu cisumdawu jadi aja.
Komentar yang masuk akal ini.

Quote:


yaudahlah kalau udah terlanjur dibangun. mending dikaji lagi aspek strategisnya.

coba interiornya diimprovisasi agar bisa menarik minat pengguna.

selain itu banyakin diskon tiket setiap keberangkatan melalui Bandara Kertajati tsb.

nanti kalau udah pada ramai, jangan sampai kendor. banyakin jumlah kursi bandara biar pada nyaman nunggunya.

Ditambahin juga foodcourtnya biar pada betah, kalau perlu ada massage buat yang pegal-pegal.
Latar belakang saat itu sendiri, dikarenakan Jawa Barat harus ada bandara baru mengingat jumlah penduduk Jawa Barat yang sudah menyentuh 37 juta diawal 2000-an. Sementara itu Bandara Husein Sastranegara Bandung dinilai sudah sangat padat melayani trasnportasi udara. Adapun Bandara Soekarno-Hatta yang semula masuk administrasi Jawa Barat beralih karena masuk dalam wilayah pemekaran Provinsi Banten.

Usulan tersebut kemudian ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan membuat studi kelayakan pembangunan pada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Angin segar didapat. Pada akhirnya 2005 ditetapkan lokasi di Kecamatan Kertajati Majalengka lewat surat Keputusan Menteri Perhubungan bernomor 5 tahun 2005.

Mengapa harus Majalengka? Kenapa tidak Kota Bandung yang secara ekonomi sudah tumbuh pesat, apalagi Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat? Artinya tidak akan sulit memaksimalkan pembangunan moda transportasi udara baru untuk masyarakat dan juga infrastruktur penunjangnya.

Tentu ada tahap pengkajian strategis. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Jawa Barat akan mempolarisasikan tiga kawasan metropolitan. Secara demografis Majalengka dinilai merupakan titik temu perlintasan dari berbagai daerah pusat ekonomi seperti Bandung, Karawang dan Jakarta. Berjarak sekitar 80 kilometer dari Bandung atau 180 kilometer dari Jakarta dianggap masuk dalam rencana strategis pemerintah mengembangkan potensi ekonomi di tiga kawasan Jawa Barat.

Integrasi Bandara Kertajati akan sangat strategis karena terhubung dengan Pelabuhan Patimban nantinya dan Pelabuhan Muarajai Cirebon. Kawasan ini menjadi masa depan karena akan terbentuknya segitiga rebana atau segitiga emas. Belum lagi akan hadirnya Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) yang menjadi konektivitas baru di Jawa Barat menghubungkan Kawasan ini.

Kajian tersebut kemudian membawa pada sebuah keputusan menteri Nomor 34 tahun 2007 tentang penetapan Master Plan BIJB. BIJB dianggap masuk dalam rencana strategis pembangunan ke depannya oleh pemerintah pusat. Keputusan menteri kemudian dijadikan bekal Pemprov Jabar untuk memulai melakukan pembebasan lahan pada 2009 lalu. Yang dibutuhkan 1.800 hektare. Berikut akan dibangun juga aerocity sebagai Kawasan aetropolis yang menunjang operasional bandara seluas 3.480 hektare. Pembebasan lahan dimasa kepemimpinan Ahmad Heryawan sebagai gubernur dilakukan secara bertahap.

Dari 1.800 hektare yang dibutuhkan sampai saat ini 1.040 hektare lahan sudah dibebaskan Pemprov Jabar. Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan langsung ambil bagian lahan untuk memulai pembangunan sisi udara dengan membuat runway atau landasan pacu pada 2013 lalu. Sisi udara bukan cuma meliputi runway karena ada komponen lain seperti taxi way, apron berikut dan instrument lainnya. Jangan lupakan sisi udara juga ini juga ada pembangunan Air Traffic Control (ATC) yang dibangun AirNav Indonesia. Nilai investasi untuk kebutuhan sisi udara ini menelan Rp 1,01 triliun.

Namanya ekosistem bandara penunjang penting lainnya yang diperlukan untuk mengakomodir masyarakat sebelum dan sesudah melakukan penerbangan adalah adanya terminal. Sisi inilah yang cukup menelan anggaran besar, yakni Rp 2,6 triliun. Selain konstruksi, anggaran itu untuk modal kerja dan kesiapan operasional.

Pemprov Jabar yang sangat serius ingin memiliki bandara baru langsung membentuk Peraturan Daerah (Perda) Nomor 22 Tahun 2013 yang ditandatangani langsung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Perda itu menelurkan PT BIJB sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat. PT BIJB bertanggung jawab melakukan pembangunan sisi darat, pengoperasian, serta pengembangan bandara dan juga mengembangkan kawasan aerocity yang terintegrasi dengan bandara untuk mengembangkan perekonomian di sekitarnya.

Pemprov Jabar dan PT Jasa Sarana saat itu langsung berinvestasi senilai Rp 808 miliar. PT Jasa Sarana memiliki porsi Rp 12,5 miliar, sisanya Pemprov Jabar yang disebut sebagai pemegang saham mayoritas. Sedangkan untuk memenuhi kekurangan PT BIJB berhasil menghimpun dana lewat skema pembiayaan berbasis pinjaman atau loan.
https://m.merdeka.com/uang/sejarah-panjang-dan-alasan-sepinya-bandara-kertajati.html

Bukannya itu keputusan MenHub tahun 2005 & 2007. Tahun 2013 gubernurnya ngebet bikin Bandara sampai bikin Perda dengan bikin BUMD dengan modal awal dari skema PINJAM
Diubah oleh sandal.unyu
Dikritik lempar ke pemda..gunting pita???
Balasan post billyns
Kalo begitu,daripada abis2in biaya perawatan dll..mendingan tunggu sampai bener2 mau pindah baru dibangun
https://m.detik.com/finance/infrastruktur/d-4507438/soroti-sepinya-bandara-kertajati-jk-itu-usulan-aher?tag_from=wpm_nhl_2

klo gak diturutin, nanti warga jabar bakalan protes ke pusat. pas diturutin, warga jabar masih ogah kesono karena jaraknya nanggung


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di