alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf64165cf6c40ff83a47a6/5-alasan-kita-sulit-berkata-quottidakquot-atas-permintaan-orang-lain

5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain

5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain

Tahukah kamu salah satu kesulitan yang sering dihadapi manusia namun seringkali diulangi adalah ketidakmampuan berkata tidak? Terlebih kepada orang yang cukup dekat hubungannya dengan kita. Menolak dengan cara yang baik sekalipun rasanya sungguh tidak mudah. Apalagi berkata "Tidak" lalu kemudian menganggap semua baik-baik saja. Sungguh hal yang sulit bagi sebagian orang.

Namun banyak dari kita yang belum menyadari alasan kenapa kita sulit berkata "Tidak". Seringkali hati, pikiran dan mulut pun tidak sejalan untuk menolak setiap permintaan yang disampaikan kepada kita. Seperti beberapa hal di bawah ini yang bisa menjadi alasan mengapa kita sulit untuk berkata tidak atas permintaan orang lain.


1. Merasa berhutang budi
5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain
Setiap manusia memang harus saling tolong menolong. Tidak pandang siapa, kapan dan dimana, kita berkewajiban membantu orang lain yang membutuhkan. Termasuk kita pun berhak mendapatkan bantuan saat kita mengalami kesulitan. Di sanalah rasanya hutang budi mulai muncul dan harus dibalas entah kapan dan entah bagaimana.

Bisa jadi ketika kita sulit menolak permintaan orang lain, ada alasan hutang budi di dalamnya. Kita merasa sudah banyak dibantu namun tidak bisa membalas dengan cara yang sepadan. Sehingga ketika mereka meminta bantuan kita, maka kita merasa harus membantu tanpa menolak.

Meski terkadang kita pun masih kesulitan untuk memenuhi permintaan itu. Tapi tetap kita perjuangkan karena merasa harus membalas hutang budi tersebut.


2. Takut jika dijauhi
5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain
Sulit rasanya berkata "Tidak" jika sudah orang terdekat yang memintanya. Apalagi jika kita menolak tanpa alasan yang jelas dan terkesan hanya dibuat-buat. Kita menjadi lebih sulit untuk menolak dan seolah memaksakan diri untuk memenuhi setiap permintaan. Salah satu alasannya adalah kita takut jika mereka menjauhi kita.

Setiap kali kamu berusaha memenuhi permintaan, maka kamu juga akan selalu diliputi ketakutan akan dijauhi. Sehingga hal itu akan terulang di lain waktu nanti. Kamu mungkin terlihat baik-baik saja saat selalu berkata "IYA", padahal hatimu belum tentu senang jika menuruti keinginan yang bahkan sulit bagimu. Cobalah jujur pada diri sendiri.


3. Merasa terlalu bergantung kepada orang lain
5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain
Bukan hanya merasa harus membalas budi orang lain. Bisa jadi kita juga terlalu bergantung kepada orang lain. Apapun yang kita lakukan harus sesuai dengan pemikiran dan pendapat mereka. Kita tidak bisa menyelesaikan semua urusan tanpa campur tangan orang lain. Sehingga rasanya kita pun harus memperlakukan mereka dengan sangat baik, salah satunya yaitu dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.

Tapi kita pun harus segera menyadari hal itu. Saat kita sulit berkata tidak, kita harus segera mencaritahu alasannya. Jika memang kita merasa terlalu bergantung kepada orang lain, sehingga harus menuruti agar selalu dibantu, maka segera cari solusinya. Jangan biarkan dirimu terlalu bergantung namun merugikan diri sendiri.


4. Kurang percaya diri
5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain
Selalu berkata "IYA" padahal saat hati berkata "TIDAK", bisa jadi ciri bahwa kita belum percaya diri. Kita merasa pendapat orang lain sangat mempengaruhi hidup kita. Sehingga bagaimanapun mereka berkata dan memperlakukan kita, kita seolah sulit menolak.

Padahal kita adalah manusia yang memiliki kemampuan lebih dari pada mereka. Terlebih jika kita mau menyadari hal itu dan percaya bahwa diri kita mampu. Jika memang kita tidak mampu atau tidak mau, kita boleh menolak. Tentu saja dengan cara yang lembut tanpa merugikan siapapun. Lakukan saat hati dan pikiranmu benar-benar ingin melakukannya.


5. Ingin selalu diakui mampu
5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain
Yang terakhir bisa jadi kita alami saat kita berusaha menunjukkan bahwa kita mampu melakukan banyak hal. Saat orang lain meminta kita melakukan suatu hal, sesulit apapun itu kita akan menerima dan melakukannya. Kita akan berusaha keras dan mungkin sedikit memaksa diri untuk menunjukkan kemampuan kita. Tentu saja untuk diakui bahwa kita mampu melakukannya.

Hal itu tidak salah, sebab kita memang harus mencoba melawan batas diri sendiri. Sesekali harus mencoba melakukan hal di luar kebiasaan. Namun tidak semua permintaan orang harus kita penuhi agar bisa diakui bahwa kita mampu. Kita tidak melulu harus menunjukkan kepada orang lain. Sebab diri sendiri pun layak mengakui dan bangga dengan kemampuan yang kita miliki.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain Perbedaan Orang Punya Harga Diri Vs. Si Tukang Gengsi di Dunia Ekonomi

- 5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain Merasa Diri Rapuh, Tanamkan 6 Hal Ini untuk Menguatkanmu

- 5 Alasan Kita Sulit Berkata "Tidak" Atas Permintaan Orang Lain Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di