alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf560f8012ae7b9115fd24/7-minuman-tradisional-khas-indonesia-sehat--nikmat

7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!

7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!

Indonesia merupakan negara yang terbesar di Asia Tenggara, dan memiliki banyak daya tarik pariwisata. Wisata alam, wisata budaya, wisata religi, hingga wisata kuliner, semuanya bisa dilakukan di Indonesia. Tidak heran kalau setiap tahunnya, banyak wisatawan yang datang mengunjungi Indonesia.

Saat berwisata kuliner di suatu daerah selain mencicipi makanan khasnya, jangan lupa juga untuk mencicipi minuman khas daerah tersebut. Karena setiap daerah juga memiliki minuman khas masing-masing. Kalau kamu penasaran ingin mencicipi minuman tradisional khas Indonesia, inilah beberapa rekomendasi minuman yang wajib banget kamu coba.


1. Bir Pletok
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
Walaupun namanya bir, namun minuman yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Dan pastinya nih halal untuk dikonsumsi. Minuman ini merupakan minuman khas masyarakat Betawi. Di zaman dulu, bir pletok ini dibuat dari  jahe, daun pandan, lada, dan kayu secang.

Namun saat ini pembuatan bir pletok juga mendapatkan tambahan pala, kapulaga, cengkeh, serai, kayu manis, dan daun jeruk purut. Sehingga rasanya menjadi lebih nikmat. Bir pletok ternyata juga bermanfaat loh untuk kesehatan, karena bisa melancarkan peredaran darah, menambah stamina, hingga meredakan flu atau demam. 


2. Bandrek
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
Minuman yang satu ini merupakan minuman khas masyarakat Sunda, dan biasanya dihidangkan saat cuaca dingin atau hujan. Minuman ini memang memiliki efek untuk menghangatkan tubuh, karena terbuat dari bahan jahe dan gula merah.

Tapi di daerah tertentu ada juga yang membuat bandrek dengan tambahan serai, merica, telur ayam kampung, dan susu. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan.


3. Wedang Uwuh
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
Minuman yang satu ini merupakan minuman khas Jogja. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh berarti minuman sampah. Tapi bukan berarti minuman ini terbuat dari sampah ya. Disebut wedang uwuh karena minuman ini terbuat dari daun-daunan sehingga mirip dengan sampah.

Wedang uwuh sendiri biasanya disajikan dalam keadaan panas, dan memiliki rasa yang manis dan pedas. Minuman ini terbuat dari jahe dan kayu secang, serta beberapa rempah-rempah lainnya. Wedang uwuh ini dapat menghangatkan tubuh, dan cocok banget diminum saat cuaca dingin atau hujan.


4. Teh Talua
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
Teh talua atau teh telur merupakan minuman tradisional khas Sumatera Barat. Minuman ini terbuat dari campuran teh, gula, telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Namun telur yang biasa dipakai untuk campuran minuman ini adalah telur ayam kampung.

Minuman ini biasa diminum sebagai minuman penambah stamina oleh masyarakat di Sumatera Barat, dan diminum saat masih hangat. Untuk mengurangi bau amis dari telur, biasanya ditambahkan perasan jeruk nipis saat hendak disajikan.


5. Bajigur
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
Minuman ini merupakan minuman tradisional khas Sunda, terbuat dari campuran santan dan gula aren. Namun ada juga yang menyajikan bajigur dengan tambahan jahe, garam dan bubuk vanili.

Masyarakat Sunda biasanya menikmati minuman ini di malam hari saat cuaca sedang dingin atau saat musim hujan. Dan disantap dengan ubi rebus, atau kacang rebus.


6. Sekoteng
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
Sekoteng adalah minuman khas yang berasal dari Jawa Tengah. Terbuat dari air jahe dan dihidangkan panas-panas. Dan biasanya saat disajikan, sekoteng juga ditambahkan berbagai macam isi seperti kacang hijau, potongan roti tawar, kacang tanah, dan pacar cina.

Sekoteng paling nikmat diminum saat malam hari karena dapat menghangatkan badan dari udara malam yang dingin. Di Indonesia, minuman ini termasuk minuman yang mudah dicari karena banyak penjualnya.


7. Lahang
7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat!
Lahang merupakan minuman tradisional yang cukup terkenal di Indonesia. Namun tidak diketahui secara pasti minuman ini berasal dari daerah mana. Lahang terbuat dari Nira atau sadapan pohon aren. Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut, dan diminum saat siang hari karena menyegarkan dan dapat melepaskan dahaga.

Itulah tujuh minuman tradisional khas Indonesia yang harus kamu coba, kalau kamu berwisata kuliner di Indonesia. Walaupun minuman ini merupakan minuman tradisional yang sudah ada sejak lama, namun nikmatnya gak kalah deh dengan minuman-minuman masa kini.


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat! 7 Makanan Ini Makin Enak ketika Dipanaskan Berulang Kali, Setuju?

- 7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat! 5 Sajian Es Campur Nusantara yang Segar dan Nikmat, Mau Coba? 

- 7 Minuman Tradisional Khas Indonesia, Sehat & Nikmat! Sedap! 6 Warung Makan Ini Sajikan Soto Bakso Sapi Paling Enak di Bali

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di