alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menhub Minta Maskapai-Masyarakat Saling Pengertian soal Harga Tiket Pesawat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf1ac110d295752336ab0f/menhub-minta-maskapai-masyarakat-saling-pengertian-soal-harga-tiket-pesawat

Menhub Minta Maskapai-Masyarakat Saling Pengertian soal Harga Tiket Pesawat

TERKINI
SAHAM & VALAS
FISKAL & MONETER
SEKTOR RII
PROPERTY
FOTO
VIDEO
INDEKS
+
Sektor Riil
Menhub Minta Maskapai-Masyarakat Saling Pengertian soal Harga Tiket Pesawat
Kamis 11 April 2019 17:03 WIB
Menhub Foto: Setkab
Menhub (Foto: Setkab)
A A A

0
TOTAL SHARE
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maskapai dan masyarakat untuk saling mengerti soal harga tiket pesawat yang dianggap belum turun.

Menhub menjelaskan maskapai memberikan harga yang terjangkau dan masyarakat juga harus memahami beratnya bisnis penerbangan.

"Saya sudah mendengar bahwa tarif yang diberikan oleh karenanya Garuda, Lion, Sriwijaya harus mendengar apa yang disampaikan masyarakat. Sebaliknya masyarakat juga jangan suruh tarif batas bawah semua. Kasihan dong. Jadi ini saling pengertian," katannya seperti dilansir Antaranews, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Menhub: Belum Sesuai Harapan

Dia juga telah memerintahkan ke sejumlah pihak untuk mengecek tarif dan mendengar aspirasi masyarakat terkait tarif tersebut.

"Saya ingin sekali mekanisme pasar ini terjadi, kalau bisa jelaskan, jelaskan ke masyarakat. Kalau menyatakan harga pokok saya tuh segini, misalnya harga pokok saya 500, masa saya disuruh jual 300 atau 400, minimal 501, 502, dengan itu ada dialog," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dan Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dalam PM 20/2019 tersebut, tarif batas bawah yang semula 30% dari tarif batas atas menjadi 35% dari tarif batas atas.

Peraturan tersebut menghindari adanya perang tarif di antara maskapai yang selama lima tahun ini berlomba untuk memasang tarif serendah-rendahnya.

Baca Juga: Menteri Rini Mau Bentuk Holding Penerbangan, Ini Catatan Menhub

Namun, dengan adanya batas bawah tersebut, maskapai tidak bisa menetapkan harga terendah seperti sebelumnya, karena harga terendahnya dinaikkan sebesar lima persen, terutama untuk maskapai berbiaya murah (LCC).

Untuk itu Menhub meminta maskapai untuk memberikan diskon kepada masyarakat agar tidak terlalu membebani.

Sejumlah maskapai yang sudah memberikan diskon yakni Garuda Indonesia dan Lion Air, bahkan diskon diberikan hingga 50% namun dengan waktu yang terbatas.

(dni)




https://economy.okezone.com/read/201...-tiket-pesawat





Komen ts = kalo bohongin orang desa mungkin masih bisa

Dikira mentri ini jaman masih orde baru..bukan jaman internet

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalo tarif waktu murah kmren maskapai merugi mah ga akan bertahan lama pak pejabat budiman...

smua demi tol jawa...

salahkah????...ga tau jg de...
biasa pak rakyat belum terbiasa dengan meroketnya ekonomi
#cebongdungu emoticon-Cool
aneh ini pemerintah, ini maksudnya pemerintah melarang maskapai perang tarif ya.
emoticon-Mad
Kalau soal kantong dan periuk nasi mah rakyat indonesia tentu tidak akan mengerti! loh Air Asia saja bisa, kepada menhub meminta jurusan jurusan di Indonesia di buka untuk kapal terbang atau maskapai asing yang bisa lebih efissient dan murah

Nama LCC : Low Cost Carier, kalo harganya sama dengan harga pesawat premium mending tidak usah memajang kan diri seolah olah sebagai maskapai LCC pak!

Namanya perkembangan Jaman NOW, Bukan Sekarang (yang tulisan "Sekarang" nya kepanjangan di banding tulisan "Now")

Dimana di bagian dunia lain, saat ini banyak masyarakat dunia bisa menikmati LCC yang sebenarnya!
Diubah oleh daimond25
wussshhh baru kali ini harga ditentukan dg mekanisme :"maskapai dan konsumen saling pengertian"

biasanya sih supply demand emoticon-Ngakak
Balasan post bramhiphip
"Maskapai Saya Paling Buruk di Dunia, tetapi Anda Tak Punya Pilihan" ----- rusdi kirana ----
Kemarin gue beli tiketnya bokap untuk hari ini. Tiket malah habis, tinggal bisnis. Harganya dua kali lipat ekonomi. Jadinya ambil untuk hari jumat ada ekonomi Garuda hanya 900ribuan.
Quote:


"Maskapai Kami Paling Baik di Indonesia, tetapi Anda Tak Punya Daya". -------Garuda Indonesia
hukum ekonomi baru cuk

mekanisme pasar ditentukan saling pengertian

hahaha
Balasan post daimond25
Nah itu dia,.
Parahnya masih ada yg bela
Balasan post mrezahediyonost
"Siapa yg nguasai monopoli dialah raja udara"
Di negara dagelan mah bebas
emoticon-Leh Uga
Menhub Minta Maskapai-Masyarakat Saling Pengertian soal Harga Tiket Pesawat

emoticon-Cool
Ya justru pengelola bandaranya yang notabene BUMN harus diturunin harganya. Jangan minta masyarakat dan pengusaha mulu.
Ribut terus tapi dijamin gak akan ada solusi, dan harga akan bertahan seperti itu aja, itulah brengseknya di negara ini.

Contoh aja harga daging, dari sejak 80rb trus ke 140rb, mana pernah turun lagi sampe sekarang. Dan masyarakat capek protes terus gak ada yg berubah, akhirnya "ditelan" aja walo pahit
kenapa ni menteri masih dipertahankan ga dipecat?

gaya bahasanya mirip wan abud emoticon-Mad
sebetulnya sih terserah airlines mau kasih harga berapa, yg penting persaingan dibuka lebar lebar juga untuk maskapai lain, termasuk asing, seperti air asia. Jangan masyarakat saja yg diminta mengerti, tapi airlinesnya seenaknya main kartel.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di