alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Sambungan Probolinggo dalam target Trans Jawa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf1193b41d3077fe0a8634/sambungan-probolinggo-dalam-target-trans-jawa

Sambungan Probolinggo dalam target Trans Jawa

Sambungan Probolinggo dalam target Trans Jawa
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau kondisi jalan tol saat peresmian pengoperasian tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).
Progres pembangunan akses jalan dari Merak, Banten, menuju Banyuwangi, Jawa Timur, kini telah mencapai Probolinggo. Rabu (10/4/2019), Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan tiga ruas sambungan dari Pasuruan dengan panjang mencapai 31,3 kilometer (km) tersebut.

Proses pengerjaan ruas ini berjalan sejak 2017. Targetnya di Probolinggo akan ada empat ruas jalan tol yang menyambung Trans Jawa menuju Situbondo dan berakhir di Banyuwangi.

Namun, untuk saat ini yang baru diresmikan mencapai tiga ruas, sementara sisanya ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Adapun tiga seksi yang mulai dioperasikan adalah Grati-Tongas sepanjang 13,5 km, Tongas-Probolinggo sepanjang 6,9 km, dan Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km.

"Kalau nanti dari Merak sampai Banyuwangi itu 1.148 km, berarti kurang 186 km, InsyaAllah tembusnya tahun 2021. Kalau dulu ada Anyer-Panarukan yang dikerjakan oleh Daendels, sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PU," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut waktu tempuh dari Merak ke Probolinggo ditargetkan hanya 11,5 jam dari sebelumnya 23 jam. Sementara, waktu tempuh Surabaya-Probolinggo yang dulu bisa mencapai 3 jam saat ini bisa ditempuh dengan 1,5 jam perjalanan. Tingkat kemacetan di Surabaya ke Probolinggo juga bisa terpangkas hingga 40 persen.

Pemangkasan waktu tempuh ini tak murah. Jokowi mengakui bahwa tarif tol untuk Trans Jawa belum bisa ditekan hingga harga yang diinginkan pengguna kebanyakan.

“Jangan berpikir setelah dibuka langsung murah. Enggak bisa seperti itu. Perlu waktu, semua butuh waktu. Yang jelas beberapa produk sudah menunjukkan adanya penurunan harga,” jelas Jokowi.

Untuk diketahui, total ongkos yang harus dikeluarkan kendaraan golongan satu (mobil penumpang, truk, dan bus dua poros) dari Merak hingga Granti (Pasuruan) adalah sebesar Rp775.500.

Tarif itu terdiri dari Jakarta-Merak sebesar Rp48.000, Jakarta (JORR)-Semarang Rp334.500, Merak-JORR-Semarang Rp397.500, dan JORR-Surabaya Rp723.500, Jakarta-Pasuruan (Grati) Rp712.500, dan Merak-JORR-Pasuruan (Grati) Rp775.500.

Besaran tarif ini yang kemudian dikeluhkan para pengusaha truk. Wakil Ketua Aosisasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman menilai, tarif pulang pergi yang mencapai Rp1,5 juta dari Jakarta-Surabaya tetap tidak akan ideal bagi pengemudi, meski waktu tempuhnya bisa berkurang drastis.

Lagi pula, dalam bidang jasa antar-barang, komposisi waktu yang digunakan lebih banyak habis untuk bongkar-muat barang sekitar 60 persen, sementara untuk perjalanan hanya sisanya.

Dari perhitungan itu, maka dampak Tol Trans Jawa hanya sekitar 20 persen. Sehingga, besaran tarif yang dipatok tetap tak akan senilai.

Selain tarif tol yang mahal, pengemudi juga tidak mau jatah uang operasionalnya berkurang. Sebab, selama ini pemilik truk menerapkan sistem bagi hasil dengan sopir atas upah yang diterima dari pihak ketiga atau perusahaan pemesan jasa angkut.

Sebagai contoh, untuk melewati tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Surabaya, sopir truk harus membayar ongkos mencapai Rp1,5 juta. Padahal pengusaha pemesan jasa angkut hanya membayar biaya pengiriman sekitar Rp6 juta.

Dalam argumen pemerintah, besaran tarif itu merujuk pada biaya investasi pembangunan Trans Jawa.

Progres konstruksi Jalan Tol Trans Jawa oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) per 8 Maret 2019 menunjukkan, total investasi pembangunan 12 ruas jalan tol, sepanjang 626,75 km mencapai Rp67,94 triliun.

Biaya tersebut belum ditambah dengan proyek jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang memakan biaya hingga Rp2,9 triliun dan dikerjakan oleh PT Waskita Karya.

Dana investasi digunakan untuk pembangunan kontruksi dan pembebasan lahan jalan tol. Investasi per km paling besar pada ruas jalan tol Batang-Semarang mencapai Rp148,9 miliar per km.
Jalur efisien Lebaran 2019
Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan mengestimasikan akan ada 399.962 mobil pribadi yang akan melintasi Tol Trans Jawa per hari selama masa angkutan Lebaran, Juni 2019.

Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan Sugihardjo menyatakan, pemilihan rute perjalanan menjadi faktor penting dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran, baik oleh pengguna mobil maupun sepeda motor.

Oleh karenanya, penting bagi otoritas terkait untuk menyediakan fasilitas pendukung kenyamanan pemudik seperti rest area, bengkel, pom bensin, dan seterusnya. Sebab bukan tak mungkin titik-titik tersebut jadi lokasi kepadatan pemudik nanti.

Sugihardjo menekankan, keberadaan Trans Jawa dalam aktivitas Lebaran secara tak langsung telah menurunkan tren penggunaan moda transportasi udara.

Pada Lebaran tahun lalu, penggunaan angkutan udara turun 0,2 persen dibanding lainnya. Sementara, kenaikan yang paling signifikan terjadi pada kereta api kelas bisnis sebesar 0,2 persen dan kereta api kelas ekonomi sebesar 0,4 persen.
Sambungan Probolinggo dalam target Trans Jawa


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...get-trans-jawa

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sambungan Probolinggo dalam target Trans Jawa Penutupan IHSG hari ini, ditutup di angka 6.410

- Sambungan Probolinggo dalam target Trans Jawa Eksekusi mati di dunia berkurang, Indonesia bergeming

- Sambungan Probolinggo dalam target Trans Jawa Terapi baru untuk membunuh HIV

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di