alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Survei CSIS: Dari 1,6 Persen Peduli Lingkungan, Jokowi Unggul
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caf01b26df2310b51530d7b/survei-csis-dari-16-persen-peduli-lingkungan-jokowi-unggul

Survei CSIS: Dari 1,6 Persen Peduli Lingkungan, Jokowi Unggul

Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan isu lingkungan hidup kurang seksi dibandingkan dengan isu ekonomi dan masalah sosial di mata pemilih Pemilu 2019.

Peneliti CSIS Puspa Delima Amri mengatakan hanya 1,6 persen responden yang mengatakan isu kerusakan lingkungan merupakan hal yang penting. Responden lebih memilih isu harga sembako (23 persen) isu kemiskinan (19 persen) dan isu lapangan pekerjaan (14 persen).

Survei tersebut dilakukan CSIS pada Maret 2019. Survei menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 1.960 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multstage random sampling) mewakili 34 provinsi.

"Lingkungan hidup tidak penting dibandingkan isu isu ekonomi dan social welfare (kesejahteraan sosial)... Dibandingkan ekonomi, isu lingkungan hidup kurang seksi," kata Puspa saat memaparkan hasil survei di Kantor CSIS, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).

Dalam kesempatan yang sama Ketua Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri mengatakan dari 1,6 persen responden tersebut, 63,6 persen mengatakan akan memilih calon petahana Joko Widodo.

Sementara itu, sebanyak 15,7 persen responden akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Yose mengatakan dari 1,6 persen responden yang menganggap penting isu kerusakan lingkungan, mayoritas responden mengatakan program pemerintah di bidang lingkungan hidup sudah berhasil.

"57,2 persen bilang pemerintah berhasil terkait kinerja pemerintah nasional di program pelestarian alam dan lingkungan hidup. 34 persen bilang tidak berhasil," ujar Yose.

Yose mengatakan dari angka 57,2 persen tersebut, 71 persen mengatakan akan memilih calon petahana. Sementara 23 persen bilang akan memilih oposisi.

Yose mengatakan memang ada korelasi positif antara persepsi lingkungan hidup dengan preferensi politik. Akan tetapi, korelasi ini kurang berdampak karena hanya sedikit orang yang menganggap penting isu lingkungan hidup.

"Kelihatan memang ada korelasi positif antara keberhasilan dari pasangan calon dengan voting behavior. Akan tetapi memang masih lemah dan kurang berdampak," kata Yose.

sumber cnnindonesia.com : Survei CSIS: Dari 1,6 Persen Peduli Lingkungan, Jokowi Unggul

terlepas dari hasil survei...
kepedulian terhadap lingkungan menjadi kewajiban siapapun... siapapun itu warga di negeri ini.

emoticon-I Love Indonesia (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
surpei di kandang uouo yg paling benar bre...emoticon-Traveller


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di