alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caeecaf2f568d6d381351aa/hati-hati-ini-bahaya-buah-naga-jika-dikonsumsi-berlebihan

Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Buah naga merupakan salah satu buah yang digemari di Indonesia. Buah naga mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, polifenol, dan zat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Khasiat buah naga antara lain adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan tulang, diabates, anemia, dan lain sebagainya.

Namun meskipun buah naga sangat baik untuk tubuh kita, kita disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedang, karena ada beberapa efek samping buah naga jika dimakan secara berlebihan.

Efek Samping Buah Naga Jika Dimakan Secara Berlebihan

Buah naga aman dikonsumsi dan dapat ditoleransi dengan baik oleh setiap orang. Namun makan buah naga terlalu banyak bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Berikut beberapa efek samping umum dari buah naga jika dikonsumsi berlebihan.

1. Terlalu banyak serat tidak baik bagi tubuh

Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Serat dalam buah naga bertindak sebagai pencahar alami yang bisa meningkatkan pergerakan usus kita dan memastikan kelancaran sistem pencernaan. Buah naga bisa membantu masalah sembelit dan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut, sindrom iritasi usus, dan perut kembung. Namun bagaimana jika serat yang kita konsumsi terlalu banyak? Hal ini bisa menimbulkan masalah lain, seperti penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus, gas pada usus, penyumbatan usus, sakit perut dan perut kembung.

Asupan serat makanan yang berlebihan tanpa minum air yang cukup  juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi dalam tubuh yang diketahui menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan dan kram otot.

2. Antioksidan dari buah naga bisa berakibat buruk jika terlalu banyak

Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik seperti vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya seperti fitonutrien, polifenol, dan karoten. Antioksidan ini bisa memerangi radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu antioksidan juga membantu dalam pembuangan racun dari tubuh kita. Namun jika berlebihan, antioksidan bisa berbahaya bagi tubuh.

Efek samping negatif dari antioksidan ini berdasarkan cara antioksidan berinteraksi dengan sel-sel tubuh kita. Dalam jumlah sedang, antioksidan hanya menargetkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Namun, jika antioksidan ada dalam jumlah yang terlalu banyak dan tidak ada radikal bebas yang cukup, maka mereka juga mulai membuat sel-sel sehat di sekitar mereka menjadi target dan dengan demikian menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel sehat tersebut.

3. Efek samping buah naga untuk ibu hamil

Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Khasiat buah naga untuk ibu hamil sangat banyak, karena berbagai nutrisi di dalamnya sangat bermanfaat untuk tahap kehamilan. Tidak hanya untuk sang ibu, banyak juga manfaat buah naga untuk bayi dan perkembangannya saat di dalam kandungan.

Meskipun buah naga dianggap sebagai buah yang aman untuk dimakan selama kehamilan, disarankan untuk mengkonsumsi buah eksotis ini dalam jumlah sedang dan setelah berbicara dengan dokter Anda. Hal ini disebabkan karena buah naga dapat mengganggu kerja obat yang dikonsumsi selama kehamilan.

Risiko masalah pencernaan seperti gas, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya juga bisa menyerang ibu maupun bayi jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, jika memiliki alergi terhadap buah naga, lebih baik hindari buah ini sepenuhnya.

4. Berisiko hipotensi

Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Banyak sekali manfaat dari buah naga merah maupun buah naga putih. Salah satunya adalah manfaat buah naga untuk darah tinggi. Buah naga dapat membantu menjaga tekanan darah, karena di dalamnya terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kalium adalah mineral penting yang melemaskan pembuluh darah kita dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu menjaga tekanan darah kita terkendali.

Namun meskipun buah naga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, lebih baik konsumsi buah ini secukupnya. Ini karena terlalu banyak kalium dalam tubuh dapat menurunkan tekanan darah kita ke tingkat yang sangat rendah sehingga menimbulkan hipotensi. Hipotensi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tekanan darah di dalam tubuh kita turun di bawah kisaran normal dan ditandai oleh gejala-gejala seperti kelelahan, pusing, mual, depresi, penglihatan kabur dan kehilangan kesadaran.

5. Efek samping buah naga untuk penderita diabetes

Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Buah naga memang bermanfaat bagi pasien diabetes karena dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Namun konsumsi buah naga yang berlebihan bisa mengurangi gula darah ke tingkat yang sangat berbahaya hingga meningkatkan risiko hipoglikemia. Hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana gula darah kita turun ke tingkat rendah yang tidak normal sehingga menimbulkan gejala seperti keringat berlebih, kelaparan berlebihan, pingsan, kelelahan, sakit kepala ringan, kebingungan mental dan bibir kesemutan.

Dan jika Anda adalah pasien diabetes dan sudah minum obat, maka konsumsi buah naga yang berlebihan dapat mengganggu fungsi obat-obatan ini dan dapat bahkan memperburuk situasi.

6. Bisa mengakibatkan kegemukan

Hati-Hati! Ini Bahaya Buah Naga Jika Dikonsumsi Berlebihan

Manfaat buah naga untuk diet memang tidak perlu diragukan. Baik dimakan langsung maupun dibuat menjadi jus buah naga, buah ini cocok menjadi sahabat saat diet. Rendahnya kalori dalam buah naga membuat kita tidak perlu khawatir dengan masalah kenaikan berat badan. Namun, makanlah buah naga dalam jumlah sedang. Ini karena jika diet sudah seimbang dan kalori sudah tercukupi, maka makan terlalu banyak buah naga dapat meningkatkan total asupan kalori yang berakibat pada meningkatnya risiko kenaikan berat badan.

Itulah tadi beberapa efek samping buah naga merah maupun buah naga putih. Memang buah naga yang lezat dan segar membuat kita sangat lahap saat menyantapnya. Namun ingat selalu bahwa semua makanan yang sehat jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak menyehatkan lagi. Jadi, selalu jaga kesehatan dengan memperhatikan konsumsi makanan agar gizi seimbang, tidak kekurangan maupun kelebihan.



Diubah oleh aghniaputri
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
terima kasih infonya, saya kasih bintang dan cendol
Apapun menjadi tidak baik jika dilakukan dengan berlebihan....
secukup nya dan dengan takaran yang sesuai
Apapun yg berlebihan emang gk Baek gan emoticon-Cool
jangan berlebih
Quote:


Entah kenapa tidak terlalu suka buah naga
Baru tahu informasi nya terimakasih.
buah vavorit
Bermanfaat gan terutama bagian kalium buah naga untuk HT
kagaa demen nagaa anee..
intinya jangan kebanyakan
Balasan post erina79purba
Quote:


Nyendol juga ah buat bundaku 😘
Pengalaman ane nih sis, ane pernah kebanyakan makan buah naga, ane langsung syok krn pas BAK warnanya merah juga. Belum lg mules yg teramat sangat emoticon-Frown
jangan terlalu banyak ea
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Quote:


Temen ane pagi makan buah naga sorenya masuk angin muntah warna merah
Dipikir muntah darah ma dia
Eh malamnya opnameemoticon-Ngakak
Sakitnya kepikiran dipikir itunya darahemoticon-Cape deeehh


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di