alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Story / ... / B-Log Personal /
Catatan Si Bagong [3] - Yak Faktor-Faktor (Eksternal bagian 1)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caecf8d8d9b17794e5e379f/catatan-si-bagong-3---yak-faktor-faktor-eksternal-bagian-1

Catatan Si Bagong [3] - Yak Faktor-Faktor (Eksternal bagian 1)

Akhirnya ada waktu suntuk yang bisa digunakan untuk membuka Kaskus. wkwk
Ya, tak usah panjang lebar lagi, intinya aku mau cerita tentang faktor-faktor apa saja yang membentuk kenelangsaan di jalur skripsianku.

Pada intinya seluruh faktor itu dimediasi oleh variabel motivasi baru memengaruhi perilaku pengerjaan skripsi saya. Nah yang memengaruhi variabel motivasi saya ini dibagi jadi 2, eksternal dan internal--ini uda kayak nulis Bab 2 yak? wkwkwkwk.

Yang pertama, FAKTOR EKSTERNAL.
Nah, faktor eksternal ini kan faktor2 yang berasal dari luar diri ini, antara lain itu: progres teman yang sangat cepat, adanya teman-teman yang tenang dan selow2 aja, pembimbing wkwk, keuangan, suasana kerja skripsi, kegiatan-kegiatan lain, dan terakhir yang sangat wow adalah kecanduan bermain GADGET + ada hubungannya sama musibah yang datang menjelang wkwk. Buat jelasnya yuk kita bahas satu2.

Aku tuh sering merasa inferior gaes kalo misalnya liat temen yang progresnya sangat cepat. Misal nih aku sehari cuma bisa ngerjain 1 paragraf--wkwkw--sedangkan dia bisa 3 halaman. Minder gak tuh? Maksudnya ya gimana, ya akhirnya aku ngerasa kurang layak aja menjadi manusia yang dijuluki mahasiswa. Bayangin ya 3 halaman aja dalem otak tuh dikit, tapi pas depan laptop langsung kikuk gatau mau nulis apa. Lah, teman2 lain dengan santai dan lancarnya mengerjakan seperti air yang mengalir. Aku akhirnya merasa terpuruk Rek! Betapa bodohnya ya diriku

Itu tuh berhubungan bgt sama faktor kedua yakni temen-temen yang tenang dan selow2 aja. Ya mereka kan selow ya sehari bisa ngerjain sampe 3 halaman MINIMAL akhirnya ada banyak waktu untuk bersenang-senang, sedangkan saya mau senang2 malah kepikiran skripsi mulu. Ada entah itu pemikiran atau perasaan tidak pantas untuk bersenang-senang di kala itu gitu, Rek. Akhirnya frustrasi sendiri. Nah karena frustrasi dan tiada pelampiasan akhirnya feeling depressed. Yah tapi untungnya saya humoris ya bisa menyublimasi hal tersebut ke dalam tawa. wkwkwk. Termasuk akhirnya bikin konten2 tulisan yang bisa (ntah lah) menghibur orang. Oh iya ada kalanya sebenernya orang-orang yang tenang dan selow2 aja tuh berasal dari kalangan yang serupa dengan saya, progresnya ya sama banyak lah sama saya, tapi dia bisa menempatkan diri pada waktu dan lokasi sehingga tidak saling mendistraksi satu sama lain--paham ndak? wkwkwk. Ya gitu lah pokoknya, nah saya juga iri sama orang begitu. Jatuhlah juga saya pada frustrasi--emang hobi kayaknya wkwk.

Oke, faktor eksternal ketiga ini sepertinya banyak yang mengalaminya. Pembimbing yang berkarakteristik "tertentu" itu emang agak sulit. wkwkwk. Tertentu tuh bisa perfeksionis, bisa killer, bisa nyantai, dan bisa kayak pembimbing saya, SIBUK. Sumpah pembimbing saya super sibuk. Kemarin dan 2 hari lalu, beliau tuh kerjaannya konseling, Rek. Sebelumnya dia ada seleksi mahasiswa S2, sebelumnya lagi pernah keluar kota, pernah juga ke luar pulau, kadang tiba2 ada undangan mendadak. ya gitu lah, tak tertebak. Biasanya beliau menguhubungi gabisa itu h-1 atau bahkan h-beberapa jam gitu. Sumpah saya sama teman-teman payung saya tuh sampe kehilangan motivasi buat ngerjain. Btw, Bagong anak fakultas psikologi. Nah, payung yang kumaksud itu payung penelitian (sebutan klo kita punya topik penelitian yang sama dan diampu/diayomi oleh 1 dosen yang sama). Tapi, ya mau gimana ya, itu sudah risiko kami memilih dia gitu, jadi ya yaudah. Toh beliau juga terkenal sangat sibuk dan jam terbangnya sebagai akademisi dan praktisi psikologi cukup tinggi. Selama itu bermanfaat kegiatan beliau, ya kami juga gak bisa menolak.

Terus masalah keuangan gessss. Ya biasa lah ya anak rantau. Ada masalah keuangan itu biasa. Tapi sebenernya untuk kasus saya luarbiasa sih, soalnya sebenernya ortuku tuh mampu--bahkan biaya kuliah full (sombong nih wkwkwk). Yang menjadikannya masalah adalah karena saya terbiasa hemat dari kecil terus gak enakan kalo minta uang. Masalah itu menjadi besar ketika menyadari butuh duit banyak untuk mengerjakan skripsi dan sudah melewati banyak kesempatan untuk mendapatkan bantuan dana. Masalah besar itu menjadi semakin besar gaes, karena musibah yang menimpa hp saya yang ceritanya bisa dilihat di Catatan Bagong [2]. Sedih lah pokoknya gaes kalo mengetahui dan menyadari selama ini suka hambur2in uang eh terus tiba2 butuh uang banyak. Hiks pokoknya, hiks.

Nah, mungkin ini faktor eksternal terakhir yang mau Bagong ceritain di thread ini, karena mau mengurus sesuatu ntar. Faktor itu adalah suasana kerja skripsi. Pada intinya Bagong merasa suasananya itu kurang mendukung banget, misal dari tempat yang terlalu rame, terus gapunya earphone jadi gakbisa mengondisikan telinga, terus ya faktor sosial itu tadi, terus suasana hati yang sering cemas dan kesal belakangan, dll. Intinya saya gabisa menyuasanakan diri dengan baik sehingga suntuk berlebihan. Pun ketika mencoba nyaman di kamar wah, itu bahaya itu wkwkwk. Ntar deh yang itu belakangan di faktor internal masuknya hehe.

Udah yah segitu dulu, ada sesyuatu yang harus dikerjakan dulu. Bye Gan!
Diubah oleh rifqirusdy
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di