alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mobil Akan Dibatasi Lewat Kemang, Anies Minta Tidak Spekulasi
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caecaaa82d4956f2b761194/mobil-akan-dibatasi-lewat-kemang-anies-minta-tidak-spekulasi

Mobil Akan Dibatasi Lewat Kemang, Anies Minta Tidak Spekulasi

Mobil Akan Dibatasi Lewat Kemang, Anies Minta Tidak Spekulasi


Mobil Akan Dibatasi Lewat Kemang, Anies Minta Tidak Spekulasi

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta ke seluruh pihak untuk tidak berspekulasi mengenai rencana rekayasa lalu lintas membatasi mobil pribadi melewati kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Demi mendukung pembatasan mobil pribadi melewati Jalan Kemang Raya itu, rencananya akan dibuat kawasan parkir (park and ride) di sana.

"Tolong bantu jangan bikin rusuh dengan spekulasi-spekulasi soal lalu lintas nanti sampai semua selesai tempatnya. Baru kemudian rekayasa (lalu lintas) diumumkan," kata Anies di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta Selatan, Rabu (10/4).


Anies tak ingin spekulasi-spekulasi itu nantinya membuat warga gelisah. Dia pun berjanji akan menyelesaikan skema perencanaan, lalu mengumumkannya.

"Dari pada sekarang Anda berspekulasi dan jawabannya pendek-pendek lalu menimbulkan kegelisahan," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies mengatakan masyarakat yang selama ini harus membawa kendaraan pribadi atau naik taksi untuk bisa pergi ke Kemang nanti bisa leluasa berjalan kaki.

Ia menjanjikan setelah penataan trotoar di kawasan Kemang itu rampung, Pemprov DKI menjamin bakal menjadi surga pejalan kaki layaknya ruas Jalan Sudirman dan MH Thamrin.

Anies juga sempat berkonsultasi dengan beberapa pihak dan warga setempat. Pertemuannya diabadikan di akun Instagram-nya. Ia membocorkan dalam rencana itu alih-alih memprioritaskan kendaraan pribadi, Pemprov DKI akan memprioritaskan pejalan kaki lewat penataan trotoar.

Anies menyatakan panjang trotoar yang akan ditata adalah sekitar 7 kilometer dengan lebar rata-rata di kanan-kiri masing-masing empat meter.

"Pemprov DKI Jakarta akan menata kawasan Kemang, Jakarta Selatan agar seperti jalan Sudirman -MH Thamrin, menjadi surganya pejalan kaki. Saat ini Kemang justru terkenal macet dan tak ramah bagi pejalan kaki. Terlebih lagi Sabtu-Minggu, padahal tempat ini berpotensi menjadi kawasan wisata jalan-jalan dan kuliner," tulis Anies di akun Instagramnya.
swumber

===========================

Ini tanggapan dari pengamat :

Pembatasan Mobil Pribadi di Kemang Picu Kemacetan

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membatasi penggunaan kendaraan roda empat pribadi di wilayah Kemang, Jakarta Selatan untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat revitalisasi trotoar dengan lebar tiga meter dan sepanjang 7,5 kilometer di lokasi tersebut yang diprediksi selesai akhir 2019.

Berhembus kabar ada wacana wilayah Kemang akan membatasi gerak mobil pribadi menyusul Kemang akan dijadikan wilayah ramah pejalan kaki dan pusat wisata Ibu Kota Jakarta.

Nantinya mobil pribadi yang dapat leluasa keluar masuk Kemang hanyalah warga setempat, selain itu tidak diizinkan. Pemerintah setempat akan menyediakan kantong parkir untuk warga dari luar Kemang, selanjutnya mereka disarankan menaiki transportasi umum menuju Kemang.

Menanggapi wacana itu, Pengamat Transportasi Darmaningtyas menilai bahwa usulan tersebut tidak tepat mengingat luas wilayah Kemang sangat terbatas. Ia menilai banyak pemilik kendaraan pribadi memanfaatkan lokasi Kemang sebagai jalan pintas guna untuk memangkas waktu tempuh perjalanan.

Jika wacana ini (pembatasan kendaraan di Kemang) diterapkan, Ia menilai bukan tidak mungkin menimbulkan kemacetan di daerah sekitar Kemang.

"Ya buntutnya malah kemacetan di wilayah lain," kata Darmaningtyas kepada CNNIndonesia.com melalui telepon, Selasa (9/4).

Selain masalah baru, menutup akses mobil pribadi bukan 'ber-KTP' Kemang dianggap hal mustahil. Sebab, dijelaskan dia Kemang saat ini sudah tumbuh sebagai pusat 'rekreasi' Ibu Kota.

Menurut Darmaningtyas, Pemprov DKI Jakarta belum punya solusi untuk menjadikan Kemang sebagai lokasi mandiri. Sebab wilayah tersebut menghubungkan satu dengan wilayah lain.

"Kalau bahasa Srimulatnya mustahal. Karena soal mobilitas warga kan di Kemang tumbuh usaha. Entah resto atau hotel. Kalau mau janjian bagaimana. Jadi saya kira agak susah," ujarnya.

Jika ingin tetap menerapkan kebijakan tersebut, ia menyarankan ada baiknya tidak hanya di wilayah Kemang. Melainkan juga kawasan lain yang punya tingkat kemacetan tinggi.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugara enggan berkomentar banyak seputar wacana pembatasan mobil pribadi di Kemang.

"Itu masih wacana baru nanti dikaji dulu," kata Hari saat dihubungi terpisah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menambahkan bahwa membatasi ruang gerak mobil pribadi di Kemang saat ini masih dalam pembahasan.

Pihaknya kini sedang mengkaji konsep manajemen dan rekayasa lalu lintas terhadap kawasan Kemang. Terkait kemungkinan mempermanenkan kebijakan pembatasan mobil pribadi, Sigit bilang itu juga masih dipelajari di internal.

"(Dipermanenkan atau tidak) saya belum bisa berikan statement karena sedang pengkajian," ucap Sigit.

Tidak Adil Buat Rakyat

Wacana membatasi mobil pribadi masuk Kemang menuai respons dari pengguna roda empat yang tergabung dalam Asosiasi Driver Online (ADO).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat ADO Christiansen FW Wagey menilai bahwa kebijakan tersebut justru membuat Kemang 'tidak merakyat', sementara Kemang dibangun menggunakan uang pajak dari masyarakat.

"Kemang jalan umum yang dibangun menggunakan uang pajak rakyat, kenapa diekslusifkan seperti itu," kata Christiansen.

Pengguna mobil lainnya Satrio juga berpendapat sama. Kebijakan tersebut dia anggap sangat merepotkan karena dalam rutinitas pekerjaannya selalu mengandalkan ruas jalan di Kemang.

"Bagaimana ya, itu aneh sih. Kalau lewat jalan lain mungkin nantinya bakal lebih macet, karena semua ingin hindari Kemang. Saya ini kan fokus ambil order di daerah selatan biasanya," kata Satrio yang berprofesi sebagai pengemudi taksi online. (ryh/mik)

===========================

Entah apa yang ada dalam pikiran Anies.
Semua kebijakannya hanya memoles berdasarkan estetika kota, bukan fungsi secara menyeluruh. Mungkin ini cerminan kemampuannya yang lebih dominan mampu menata kata dibanding menata kota.

Bagi yang tidak tahu seperti apa kawasan Kemang, Jakarta Selatan, sialakan lihat di Google Map.

Sebagai gambaran, jalan Kemang Raya itu ujung masuk keluarnya di sebelah Selatan adalah Ampera Raya dan sebelah Utara adalah jalan Kemang Barat. Sementara di sebelah Timur, jalan keluar masuknya adalah jalan Prapanca Raya. Agak kekanan sedikit arah Utara adalah jalan Bangka Raya.

Bisa dibayangkan jika Kemang Raya dibuat eksklusif, maka akan ada penumpukan volume kendaraan untuk menghindari jalan Kemang Raya. Yang akan terkena dampaknya adalah jalan Bangka Raya dan jalan Prapanca Raya.

Dengan dibutuhkannya kantong parkir, maka akan ada spekulan tanah disana yang akan menaikkan harga tanah gila-gilaan. Mungkin sekarang sudah terjadi begitu wacana ini digulirkan.

Yang mungkin akan terlihat aneh adalah wilayah terdampak yang akan seperti bumi sama langit. Bangka Raya adalah pintu utama kearah Kemang. Disini kondisi trotoar paling rusak serusak-rusaknya. Pekerjaan galian dari BUMN selalu menyisakan kerusakan permanen trotoar karena selalu dikerjakan seadanya oleh para pekerja.

2 tahun Anies menjabat, nampaknya penataan DKI Jakarta hanya jalan ditempat.
Wacana normalisasi Kali Krukut lenyap tak ada kabarnya.
Wacana normalisasi wilayah Kemang Utara yang menjadi langganan banjir yang selalu jadi bahan jualan partai sapi pun lenyap entah kemana.

Pemimpin boleh berencana, tapi bukan melempar ke masyarakat sementara rencananya saja masih simpang siur.

Ingat lips service penggantian nama jalan Buncit Raya menjadi nama jalan A.H. Nasution? Sempat ramai, tapi akhirnya dibantah. Padahal spanduk udah banyak terpasang. Sosialisasi bahkan sampai ke RW sekitar.

Ah, Anies.
Yang eksklusif semakin eksklusif. Yang hancur dibiarkan hancur.
Lebih baik ente sidak Nies ke tempat-tempat penyebaran sembako KJP. Lihat mutu dagingnya, ikannya. Lihat cara penyimpanannya. Tingkat kebekuannya.
Jangan didalam Balai Kota aja.
Diubah oleh n4z1.v8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
jalan di bangun pake duit rahayat
rahayat harus bisa menikmatinya
berhubung ane cuma rakyat jelata gak mngkin lengserkan anies, jadi solusi anti ribet nya, gak usah pergi ke kemang
masih banyak tempat rekreasi lain selain kemang kok
ada trans studio cibubur jakarta timur tuh, lagi tren sekarang, lagi banyak promo di sana, rugi kalo gak kesana
kalo mereka (kemang) maunya eksklusif, ya itu hak mereka, yg jelas rakyat biasa makin ilfill ama peraturan kek gitu, jadi males kesana pastinya
Diubah oleh alprazolam666
yang bisa ditangkap dari komentar anies adalah, beliau belum punya jawaban mumpuni. perlu ditunggu 1 atau 2 tahun lagi.
Horee... akhirnya wan abud kerja....


Mantaplah 2 periode ya wan....


Mobil Akan Dibatasi Lewat Kemang, Anies Minta Tidak Spekulasi
cara mengatasi daerah macet? tutup saja jalannya emoticon-Leh Uga
mustahil...kemang itu alternatif buat jalan pintas emoticon-Big Grin
pakar tata kata belagak jago tata kota
itulah hasilnya emoticon-Ultah
Quote:


nunggu ojek terbang yg tak kunjung datang
Mobil Akan Dibatasi Lewat Kemang, Anies Minta Tidak Spekulasi
Malah matiin bisnis di daerah situ kalo gw bilang, yg nongkrong di situ bukannya golongan bawah, orang kaya disuruh naik angkutan umum mending dia nongkrong di tempat lain emoticon-Ngakak (S)
Jakarta dibawah wan Abud sudah gagal
kalau di daerah mangga besar nanti macet solusinya ya mobil gak boleh lewat mangga besar, jalan kaki aja, nanti trotoar jalan di lebarin. kalau harmoni macet solusinya mobil gak boleh lewat di sana, kalau mau ke sana jalan kaki aja. kalau mau ke bandung macet di tol solusinya mobil gak usah lewat tol, jalan kaki ajan atau lewat jalan biasa. yang bisa lewat adalah mobil yang ktp nya domisili di daerah larangan tersebut.

pilkada nanti nyagub ah...
kawasan thamrin motor dibolehkan lewat

kemang mobil dibatasi

emoticon-Ngakak
Diubah oleh mansion_999
Mobil Akan Dibatasi Lewat Kemang, Anies Minta Tidak Spekulasi

Quote:


Ingat lho.

Wan Doyok punya usaha di Kemang juga.
Grand Hotel.
Ajib malah makin diperketat jalan nya.. dulu kyny mau lebih dibebasin emoticon-Leh Uga

motor jadi diperbolehkan lagi ga sih disana? udah lama ga lewat sana lagi sejak pindah kantor
Bahagia katanya. emoticon-Selamat
Jilat ludah sendiri terus.
Anti kritik anti di komentari.
Takut dibahas.
Gub macam apa ini?
Ia menjanjikan setelah penataan trotoar di kawasan Kemang itu rampung, Pemprov DKI menjamin bakal menjadi surga pejalan kaki layaknya ruas Jalan Sudirman dan MH Thamrin.

taruhan pasti secepat kilat pkl dah siap nempatin tempat situ emoticon-Ngakak
Bener kata gabener anis. Ga usahlah kalian berspekulasi krn,

Suka suka gw bangcat

*Meme

Note; klo ada gambarnya silahkan
Solusi nya mudah prettt.....
Bikin 1-2 gedung parkir tinggi di kemang trs pake tarif per jam.

Cuma loe mau ga bangun gedung parkir mahal dan lama balik modal nya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di