alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Mancanegara /
Melihat Keindahan Andong, Kota Tradisional Korsel
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caebefffacb95075b18a27f/melihat-keindahan-andong-kota-tradisional-korsel

Melihat Keindahan Andong, Kota Tradisional Korsel

Bila di Yogyakarta Andong adalah kereta penumpang yang ditarik oleh kuda. Sedangkan di Korea Selatan, Andong merupakan kota yang diyakini menyimpan berbagai wajah dan jiwa Korea.

Andong menjadi terkenal dan menjelma sebagai destinasi wisata internasional karena kunjungan Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II kala mengunjungi Korea Selatan ingin berkunjung ke tempat yang sangat Korea. Andonglah yang mampu memberikan semua itu.

Melihat Keindahan Andong, Kota Tradisional Korsel

Dikenal sebagai jiwanya kebudayaan Korea, Andong menyimpan semua eksistensi kebudayaan Korea selama 2 ribu tahun. Diyakini terdapat sekitar 280 bentuk kebudayaan yang menjadi aset setempat. Lokasinya hanya sekitar 3 jam berkendaraan dari Seoul.

Terdapat pula kereta yang melayani jalur ke Andong dari Busan, Daegu dan Gwangju. Sedangkan bila dari Seoul bisa naik kereta cepat KTX ke Daegu yang disambung menggunakan kereta lokal.

Dapat pula mengunakan kereta semi cepat muhgunghwa yang langsung berangkat dari stasiun Cheongnyangni. Kereta memang transportasi yang ideal ke Andong, karena banyak hotel dan penginapan lain seputaran stasiun kereta.

Desa Hahoe merupakan destinasi wisata di Andong yang wajib dikunjungi. Desa ini masuk dalam dafar warisan dunia UNESCO sejak tahun 2010. Disini terdapat berbagai bentuk kebudayaan yang tetap lestari yang merupakan kekayaan negara. Desa ini benar—benar dijaga kelestariannya oleh pemerintah, bahkan dimasukan dalam aset kekayaan negara bernomor 122.

Melihat Keindahan Andong, Kota Tradisional Korsel

Layaknya sebuah desa, Hahoe masih memiliki warganya yang dengan senang hati menunjukan keaslian kebudayaan Korea. Desa ini secara rutin mempertunjukan tari topeng khas Korea pada musim panas beberapa kali dalam seminggu, sedangkan pada musim dingin pertunjukan hanya dilakukan pada hari Rabu saja. Disini wisatawan dapat melihat pohon yang konon dihuni oleh dewi Samshin, lalu Tebing Byongdae yang memberikan pemandangan Hahoe di bawahnya.

Yang tak boleh terlewatkan adalah kuil Bongjeongsa yang berada di kaki gunung Cheondeung. Kuil Budha ini merupakan cabang dari kuil Gounsa dari orde Jogye. Bongjeongsa merupakan kuil terbesar di Andong dan tempat berdirinya Geuknakjeon, bangunan kayu paling tua di Korea. Bila dihitung terdapat 10 bangunan yang menjadi bagian dari kuil utama. Bila ingin menghabiskan waktu di kuil ini sangat dimungkinkan, sebab ada program menginap di dalamnya dengan keramahan lokal.

Di Andong terdapat pula perguruan Konfusius yang menjadi salah satu atraksi kebudayaan yang harus disambangi. Sejarah Korea mencatat bahwa Konfusionisme berkembang dengan baik di Korea. Selain itu wisatawan dapat pula melihat seni kontemporer di lingkungan seni tradisional. Lukisan tembok dan grafiti dapat dilihat di timur dekat sekolah dasar.


Spoiler for Kelezatan Jjimdak:


Melancong ke Andong sudah selayaknya mencicipi kulineri lokal. Di Andong yang menjadi kekhasannya adalah Jjimdak, yakni kuliner dengan bahan dasar ayam, kemudian makarel asin panggang dan Hseotjesabap, semacam makanan sesaji. Jangan lupa pula untuk membeli topeng sebagai suvenir Andong.

Melihat Keindahan Andong, Kota Tradisional Korsel


Spoiler for Referensi:


Diubah oleh babygani86
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Eyke suka banget Korea Selatan Kak emoticon-Betty
korseell gue selalu pengen kesono.. tapi gueee list di channelnyaa hansol yg Ada kasus pmbunuhan itu gue jadi takut..
keren pisan ya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di