alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caeb44c82d495667f160afb/berhenti-mengecam-diri-sendiri-5-cara-agar-lebih-menikmati-hidup

Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup

Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup

Hidup manusia adalah sebuah perjalanan yang tidak selalu menemui kemudahan. Ada kalanya kita jatuh karena gagal dan menyerah karena sudah tak mampu untuk melaluinya. Ya, rasanya semua sudah diatur dan tinggal menunggu giliran kita untuk merasakannya. Tapi tidak semua manusia menyadari bahwa hidup mereka sungguh indah. Dengan semua lika-liku yang dilalui, rasanya sungguh jarang kita menikmati setiap inci keindahan itu.

Manusia lebih sering mengecam atau mengkritik pedan hidup mereka sendiri. Mengaku sangat berambisi terhadap satu mimpi, kemudian sudah berusaha keras, tapi merasa menyesal saat mengalami kegagalan. Ya, semua adalah respon kita terhadap keadaan kita setelah berusaha keras namun hasil tidak sesuai harapan. Meski begitu kita tidak bisa melulu menyalahkan diri sendiri apalagi keadaan. Cara di bawah ini bisa diterapkan saat kita terlalu keras bahkan sering mengecam diri sendiri.


1. Kenali dan terima diri dengan baik
Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup
Berkali-kali kamu berusaha keras dalam hidup. Berkali-kali pula kamu mengalami kegagalan hingga merasa hidupmu tidak pernah beruntung. Tapi bukan berarti kamu berhak menghakimi diri sendiri dan seolah tidak layak untuk sekedar mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri. Mencaci maki diri sendiri karena gagal, mengkritik diri sendiri seolah tidak ada benarnya adalah ciri dari orang yang tak mengenali diri dengan baik.

Jika kita bisa mengenali diri dengan baik, maka semua keadaan sudah dengan sadar kita pahami. Baik buruknya sudah kita pertimbangkan. Sukses ataupun gagalnya bukan alasan untuk menekan dan mengadili diri sendiri tanpa toleransi. Ada kalanya kita memang harus menerima kegagalan dengan penuh kesadaran. Meski kecewa bukan berarti kita bisa mengecam tanpa ampun dan tidak menerima lagi apapun yang ada dalam diri sendiri.


2. Dengarkan saja ucapan orang yang menyenangkan
Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup
Terkadang caramu memperlakukan diri sendiri dipengaruhi oleh lingkungan sekitarmu. Kamu mungkin sudah menerima apa adanya kamu, tapi orang lain menuntutmu untuk menjadi lebih. Bahkan menyalahkan masa lalumu yang sudah mulai kamu maafkan dan terima. Kritikan mereka sama sekali tidak memberimu kesempatan untuk membuka hati dan mempersiapkan masa depan. 

Dari situlah kamu banyak belajar bahkan untuk mengecam diri sendiri. Tidak ragu untuk mengkritik bahkan tidak ragu pula untuk mencaci dirimu sendiri. Meski begitu kamu berhak untuk menolak semua perkataan yang menyakiti hatimu. Kamu layak untuk hanya mendengarkan perkataan yang membahagiakan. Kamu boleh mengabaikan siapapun dengan perkataan yang sangat menyakiti hati.


3. Lakukan hobi yang selama ini dilupakan
Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup
Ketidakmampuan diri menerima keadaan dan kondisi saat ini bisa jadi karena kita terlalu tertekan. Kita merasa tidak ada waktu untuk sekedar beristirahat, bahkan untuk sejenak menghela napas dari rasa lelah perjuangan. Yang kita butuhkan hanyalah waktu untuk lebih mengenal diri sendiri dengan baik. Sehingga tidak ada lagi waktu untuk menyalahkan diri sendiri.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan hobi yang selama ini mulai ditinggalkan. Kenapa hobi? Sebagian orang merasa bahwa hobi adalah obat bagi mereka untuk pulih dari rasa lelah bahkan kekecewaan setelah mengalami kegagalan. Wajar saja, sebab setelah gagal yang kita butuhkan bukan memaksa diri tapi lebih mencoba mengenali diri sendiri sejauh yang kita mampu. Membuat diri lebih santai adalah salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan.


4. Berliburlah jika kamu membutuhkannya
Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup
Kegagalan memang bukan akhir dari segalanya. Tapi tidak semua orang bisa menerima dan menerapkan teori itu untuk pengalaman yang menyakitkan bagi mereka. Sesekali kita perlu menjauh dari semua hal yang kita takutkan akan gagal. Bukan berjiwa mudah menyerah. Kita hanya membutuhkan waktu agar bisa menerima keadaan tanpa perlu mengecam diri dengan sangat keras.

Jika kamu membutuhkan waktu sendiri dengan berlibur, maka lakukan saja. Kamu berhak menggunakan waktu berhargamu untuk menikmati indahnya hidupmu. Liburan tak perlu yang jauh, yang penting bisa menenangkan hati dan pikiranmu dari semua tekanan. Jangan hiraukan siapapun yang berkata bahwa kamu terlalu santai dan tidak bisa bergerak cepat. Kamu yang paling tahu kondisi dan keadaanmu saat ini. Jika ingin maka lakukan, jika ragu maka jangan sia-siakan.


5. Berhenti memaksa diri terlalu keras
Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup
Setelah kamu memahami bagaimana kondisi dan keadaanmu saat ini. Harusnya kamu tahu apakah kamu bisa memaksakan diri untuk langsung bergerak atau membutuhkan waktu untuk memulihkan diri lebih dulu. Tak mengapa jika langkahmu lebih lambat dari orang lain. Tak jadi masalah jika kamu tak bisa setara dengan orang yang selama ini ingin kamu lampaui.

Yang kamu butuhkan hanya kekuatan dari kesadaran dirimu untuk berusaha lebih baik lagi. Bukan berusaha sekeras-kerasnya hingga memaksakan diri terlalu hebat. Mengetahui kelebihan dan kelemahan diri akan membantumu memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Bukan memaksakan diri untuk berlaku berlebihan terhadap diri sendiri. Hentikan mengecam diri sendiri karena gagal. Kamu layak mendapat pujian bahkan sekedar ucapan terima kasih dari dirimu sendiri.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup 5 Kesalahan Fatal yang Biasa Kamu Lakukan untuk Mengejar Kebahagiaan!

- Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup Meski Hidup Jatuh Bangun, Ini 5 Cara Agar Kita Selalu Bersyukur

- Berhenti Mengecam Diri Sendiri! 5 Cara Agar Lebih Menikmati Hidup Lakukan 5 Hal Ini Saat Perbuatan Baikmu Tidak Dihargai Orang

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di