alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cawang-Probolinggo Tersambung 840 Km via Tol
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caeb355f4d69563fe1cf66e/cawang-probolinggo-tersambung-840-km-via-tol

Cawang-Probolinggo Tersambung 840 Km via Tol

Cawang-Probolinggo Tersambung 840 Km via Tol
Kabar gembira buat masyarakat Pulau Jawa, pasalnya jalan tol sepanjang 840 kilometer (km) dari Cawang-Probolinggo sudah tembus dan bisa dilalui.

Kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ruas tol Pasuruan Probolinggo (Paspro) yang memiliki panjang 31,3 km.

Jalan tol garapan PT Waskita Karya (Persero) ini masuk daftar proyek strategis nasional (PSN) dan masuk dalam jaringan jalan tol Trans Jawa.

Dengan beroperasinya ruas tol Paspro, maka total panjang jalan tol yang tersambung dari Merak hingga Probolinggo sudah tembus 962 km, atau masih menyisakan 186 km untuk tembus sampai Banyuwangi.


Cawang-Probolinggo Tersambung 840 Km via Tol
Kabar baik buat warga Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Timur. Pasalnya, tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer (km) sudah resmi beroperasi mulai hari ini.


Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur, Rau (10/4/2019).



"Dengan mengucap bismillah, ruas 1,2,3 jalan tol Pasuruan-Probolinggo, probolinggo pasuruan pada pagi hari ini resmi di buka," kata Jokowi.



Tol Paspro yang diresmikan orang nomor satu di Indonesia ini terdiri dari tiga seksi, yang mana Seksi 1 berada di Simpang Susun Tongas, seksi 2 berada di Probolinggo Barat, Desa Muneng, dan Seksi 3 di Kecamatan Leces.


Proyek ini diperoleh Waskita pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,9 triliun. Sebelumnya jalan tol Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018.



Jokowi bilang, total ruas dari Merak-Banyuwangi tercatat sepanjang 1.148 km. Dengan begitu, masih ada 186 km jalan tol yang akan diselesaikan oleh pemerintah.


"Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa, dari Merak-Probolinggo juga sudah tembus sepanjang 962 km," kata Jokowi usai meresmikan tol Pasuruan-Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).



Menurut Jokowi, dengan beroperasinya ruas Tol Pasuruan-Probolinggo membuat jaringan tol di Pulau Jawa tersambung panjang. Setidaknya, dari Merak hingga Probolinggo sudah tersambung.


"Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang-Probolinggo sekarang ini sudah tembus sepanjang 840 km," ujar Jokowi.


Cawang-Probolinggo Tersambung 840 Km via Tol
Cawang-Probolinggo Tersambung 840 Km via Tol
Jalan tol Pasuruan-Probolinggo yang terbentang 31,3 kilometer (km) kini sudah resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengoperasian awalnya bisa digratiskan.


Jalan tol yang biasa disingkat Paspro ini, kata Jokowi, juga sudah siap dilintasi saat musim mudik Lebaran tahun 2019.



"Setelah hari ini langsung siap. Mungkin digratiskan dulu 1-2 minggu," kata Jokowi di Gerbang Tol Paspro Timur, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).



engan beroperasinya jalan tol Paspro ini, kata Jokowi, akan memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian masyarakat. Pasalnya, masyarakat yang memiliki usaha bisa berjualan di setiap rest area atau tempat pemberhentian sementara. Bahkan, Jokowi memprioritaskan usaha lokal.



"Jangan sampai ada brand asing di rest area, kemudian UKM-nya minimal 70%. Itu udah bolak-balik saya sampaikan," tegas Jokowi.


Orang nomor satu di Indonesia ini juga berharap, beroperasinya tol Paspro mampu memberikan kontribusi besar bagi penurunan biaya logistik, serta mobilitas orang dan barang.


Cawang-Probolinggo Tersambung 840 Km via Tol
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno pagi ini mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo. Jalan tol yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku pengembang dan kontraktor ini memiliki panjang sekitar 31,3 kilometer.


Jalan tol yang biasa disingkat Paspro ini diresmikan Presiden Jokowi di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur.



Rini kemudian, pengoperasian tol ini akan mempercepat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo, dari semula 2,5 jam menjadi 30 menit. 



"Ini merupakan suatu proyek strategis nasional yang Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu dan saat ini sudah diresmikan Bapak Presiden," ujar Rini di, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).



Rini juga berharap, pengoperasian jalan tol Pasuruan Probolinggo juga akan turut mendorong roda perekonomian daerah dan nasional.


"Saya kira dengan adanya jalan tol ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari 2,5 jam," kata Rini.



https://finance.detik.com/infrastruk...0-km-via-tol/5

mantap pakde emoticon-Angkat Beer
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2



minggir ada yang mo lewat... emoticon-Imlek
Rest area karo pom bensin kudu akeh ki, kiwo tengen emoticon-Big Grin
"Jangan sampai ada brand asing di rest area, kemudian UKM-nya minimal 70%. Itu udah bolak-balik saya sampaikan," tegas Jokowi.

Yang penting ramai pak, kalau rame yang buka jaga stand juga senang.
Semoga kehadiran tol tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Amin :-)

Salam kenal ya gan!
mudik lebaran jd lancaaarr emoticon-Ultah
udah pernah coba nih pas Nataru kemaren, sayang cuma dibuka pagi-sore aja, pas malam ditutup
mo ke Bromo keluar GT Tongas, cus langsung pas exit ke kanan emoticon-Big Grin
tapi pas datangnya kemalaman, jadi kudu keluar GT Grati emoticon-Embarrassment

tapi enaknya jadi ngerasain Rawon Nguling emoticon-Ngacir
Balasan post Uthe18
Quote:


mantab itu rawon, tiap ke papuma pasti baliknya mampir ke situ.
Balasan post itkgid
Quote:


semoga pasca dibukanya Tol, mereka mampu buka di Rest Area biar gak hilang ditelan jaman emoticon-Malu
Akhirnya tercapai juga tol 1,000km di Indo, gan
masih di tutup tol probolinggo nya, jadi tetap harus lewat pantura utk sementara

Quote:


tambakrejo ya? muantapppppp
Diubah oleh alprazolam666
Quote:


abang tukang botol
tidur dijalan tol
sambil pegang
kon....

emoticon-Bingung
kampret yakin gak lewat tol ini? emoticon-Big Grin
jakarta probolinggo naik mobil berapa hari bre?
mantap pak de...
uda dkat dg tempatku tuh ga usa macet2 lagi diporong
Quote:


Paling 10jam, kmren prob-smg via tol, jam 5 pagi start, sampe tkp jam 10siang, itu yg nyupir cewe. Ane maen pentil aja, wkwkwkwk
Sebagai Jokower, satu hal yang bikin ane bingung mengenai tol ini : kenapa masih bangun tol di pulau Jawa?
emoticon-Bingung
Jawa sudah terlalu banyak jaringan jalan. Kenapa nggak prioritaskan jalan raya dan tol di pulau-pulau lain yang selama ini terabaikan?
Problemnya pulau Jawa adalah terlalu banyak penduduk.
Dan kenapa terlalu banyak penduduk? Jawabnya adalah karena sebagian besar fasilitas ada di pulau Jawa. Nah, kalau jaringan jalan diperbanyak di pulau-pulau luar Jawa (tentu dibarengi fasilitas-fasilitas lain, bukan cuma jalanan), tentunya perimbangan jumlah penduduk akan terwujud.
Quote:


Logikanya simpel.. Coba ente pikir bre gimana jadinya jakarta tanpa toll?

Atawa minimal kek gimana ente ngerasain mudik lebaran di jawa kalo gak ada jalan alternatif
Balasan post cabares.cream
yang mayoritas dan merupakan tradisi awalnya dari mereka mudik adalah orang-ornag dari jawa yang mencari nafkah di jakarta. mayoritas mereka di jakarta ini....budaya mudik juga kan dari jawa....coba lihat arus mudik paling padat saat lebaran itu dimana ? jawa kan ?

yang sering kejebak macet saat mudik lebaran dimana ? jawa juga kan ? ya wajar lah kalau diprioritaskan lintas jawa dulu untuk mengurangi fenomena macet luar biasa itu dan mengurai nya hingga bisa lancar dan otomatis mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

jalan tol lintas sumatera juga kan sedang berlangsung pembangunannya....hampir selesai itu.

daerah lainnya juga jalan bareng pembangunannya.

tapi kan ada prioritas....dilihat dari tinggi atau rendah arus mudiknya.

emoticon-Cool
Warisan roJo kowi
Balasan post cabares.cream
Quote:


sepertinya karena memang pulau jawa yg saat ini paling butuh gan
liat aja tuh beberapa tahun lalu yang sampe macet berjam2 di tol, sementara tahun kemarin kejadian kek gitu udah lebih terminimalisir emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di