alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sandi ke Milenial DKI: Mau Bebas Ujian Nasional Adik-adik? Tusuk 02
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caeb1d209b5ca11de40620e/sandi-ke-milenial-dki-mau-bebas-ujian-nasional-adik-adik-tusuk-02

Sandi ke Milenial DKI: Mau Bebas Ujian Nasional Adik-adik? Tusuk 02


Quote:

SUMBER


Sandi ke Milenial DKI: Mau Bebas Ujian Nasional Adik-adik? Tusuk 02

di modalin dengkul
di sediain hoax
di cariin preman parkiran

emoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
apa salahnya di coba
toh ujian nasional juga katanya bocor2
emoticon-Cool
Quote:


loh, gw ada bilang salah?
yg bilang salah ini

coba nanya dia
Sandi ke Milenial DKI: Mau Bebas Ujian Nasional Adik-adik? Tusuk 02

masalahnya jalan kaga?
ah jadi teringat spanduk hoax diatas

emoticon-Traveller
mereka belom boleh nusuk om
Balasan post kaum.milenial
Quote:


ga masalah

Ujian Nasional ga ngaruh ke kelulusan

tinggal mental dan persepsi aja yg dibenerin, kadang sekolah dan siswa sendiri yg ngeribetin emoticon-Hammer (S)
Balasan post pasti2periode
Quote:


cie jadikan JK buat rujukan emoticon-Malu

Sandi ke Milenial DKI: Mau Bebas Ujian Nasional Adik-adik? Tusuk 02

emoticon-Leh Uga
besok bikin, "Mau bebas sekolah dek?" colok mata lo. Jangan pade males belajar lo pada. emoticon-Cool
tak kerenlah menghasit anak-anak sekolah untuk kepentingan politik
Kalau misalnya sudah tercoblos, apa tetap bebas ujian, pak?
Quote:


rujukan apaan?
lah lu kan bilang apa salahnya di apus?
ya memang JK yg bilang bahaya
itu masih on the topic

lah topic lu? da OOT kali
kebiasaan klo ga bisa jawab apapun hanya mampu dengan meme
segitu lah kualitas otak lu CROT

Sandi ke Milenial DKI: Mau Bebas Ujian Nasional Adik-adik? Tusuk 02
sudah di klarifikasi
ga usa sebar hoax trus

emoticon-Traveller
parah juga ini , ngincer yang males sekolah ,

mending kayak gusdur deh ,

bulan puasa , sekolah libur ,

hahaha
coba tanya ke Anies mantan rekan pak Uno dulu, perlu ngga UN dihapus...? Kan dia mantan Menteri Pendidikan
anjir di bodohi emoticon-Ngakak
Efek tanpa adanya UN. Sekolah daerah akan dianggap idiot dan siswanya tidak akan dipercaya untuk mendaftar di sekolah bergengsi, kampus terkenal, melamar pekerjaan. Dll.
sayangnya sandi gak mau jelasin detail mekanisme pengganti nya jika UN di tiadakan. setau ane, UN itu tujuannya :

1. syarat penerimaan siswa sekolah negeri (bagi siswa kelas 6 dan 9)
2. syarat ikut ujian mandiri PTN dan PTS (bagi anak kelas 12)
3. syarat dapatkan beasiswa
4. pemetaan mutu pendidikan se indonesia

coba ane breakdown satu satu

1. nah ini yang ane bingung. artinay kan sama aja maksa sekolah negeri lakukan seleksi mandiri bagi siswa yg minat kesitu. pake duit skolahan jelas gak mngkin, dana BOS aja empot2an pas2an. artinya test diselenggarakan pake duit ortu, pdhal gak smua ortu skolah negeri pnya duit. trus solusinya? sandi kudu jelasin nich, kalo maksa juga, paling sandi kudu bikin semacam kartu yg membebaskan ortu miskin bayar test seleksi sekolah negeri yg dituju, baru UN bisa ditiadakan.

2. nah ini artinya rapot semasa SMA gak dianggap lagi, karena mak comblang nya (UN) sudah tidak dilampirkan lagi. dari UN akan keliatan nih mutu SMA nya yg bagus atau cuma siswa bersangkutan aja yg jenius tapi apes sekolah di SMA jelek. tanpa UN, pemerintah gak bisa kasi penilaian apakah nih SMA bagus atau tidak. nah darimana sandi cari tau nya nanti kalo UN di tiadakan? gak dijelasin juga. atau mngkin sandi anggap pemeringkatan SMA tidak penting lagi? ane pribadi sih woles aja, toh selama ini pemerintah gak banyak berbuat utk dunia pendidikan sekalipun udh tahu pemeringkatan sekolah negeri, data nya nganggur gak kepake juga kok.

lalu dari sisi PTN dan PTS nya gimana nyari tau apakah siswa maba nya worth it atau abal abal nilainya? karena UN di tiadakan, berarti tidak ada lagi yg namanya PMDK dan SNMPTN jalur undangan. walau keduanya tidak mensyaratkan nilai UN, tapi keduanya mensyaratkan mekanisme grading SMA seluruh Indonesia, dan mekanisme itu adalah UN, sedangkan UN sudah tiada.

UTBK dan SBMPTN gak masalah, karena emang gak liat mutu SMA, nilai UN, dan rapot dalam persyaratannya, alias siswa kelas 12 di reset dari nol. jadi kalo sandi beneran hapus UN, artinya semuanya lari ke SBMPTN, trmasuk anak2 yg jalur undangan juga dipaksa ikut SBMPTN juga nanti, otomatis kuota SBMPTN tambah gede buat nampung limpahan anak2 jalur undangan itu.

ada bagusnya juga sih, karena selama ini anak anak jalur undangan diragukan mutunya setelah jadi alumni. survei membuktikkan mutu alumni SBMPTN jauh lebih bagus lebih banyak daripada mutu anak SNMPTN. jadi skalian aja jalur undangan di hilangkan.

3. beasiswa juga nasibnya sama kek di atas. berarti pihak yg nawarin beasiswa kudu adakan sendiri test mandiri nya sebagai pengganti UN. artinya ane ngeliat sandi berusaha meringankan beban pendidikan negara ke swasta atau pemberi beasiswa. masuk akal juga sich.

4. pemerataan? udah ane jelasin diatas. sekalipun data nya udah ada, toh pemerintah selama ini gak banyak berbuat, jadi utk apa miara data yg gak kepake? mnding dihapus aja.

Yang setuju gak ada UN cuma orang malas dan takut berkompetisi.

Makanya kalah terus sama bangsa laen yg udah mikir mau ke mars. emoticon-Cape d...
Balasan post qavir
hidup di dunia hanya sementara, yang abadi cuma di akhirat ya akhi, ya ukhti emoticon-Nyepi
liat aja oke oceh
kagak ada penjelasan dibiarin gitu aja mau dijalankan atau tidak.

apalagi tentang UN dan Wirausaha ini senasional,
gak ada UN pun tetep harus ikut tes kalo mau masuk universitas emoticon-Leh Uga

gimanapun kalo bego tetep tersingkir
Quote:


Padahal soal UN lebih mudah dari ujian masuk PTN... Enaknya nilai UN bisa buat masuk via nalur prestasi
Subsidi duit minimal 30 juta perbulan seumur hidup ke rekening ane, baru ente bakal ane coblos emoticon-Big Grin
Diubah oleh maskerider
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di