alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caeb17e8012ae2f68156398/sedang-kesal-5-cara-agar-amarahmu-tidak-merugikan-siapapun

Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun

Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun

Marah adalah salah satu emosi yang ada di dalam diri setiap manusia. Meski tak melulu berteriak dan meronta-ronta untuk mengungkapkan amarah, tapi semua yang kita lakukan tetap membawa keburukan. Mulai dari dijauhi orang lain sampai fisik kita yang mengalami kelelahan secara berlebihan. Sebab saat kita marah, seolah tidak ada yang bisa menghentikan apapun yang ingin kita lakukan. Mau memaki atau membanting barang, semua tetap kita anggap benar.

Meski begitu harusnya kita pun sadar bahwa setiap amarah yang tidak kita kendalikan bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Sekalipun berhak untuk disampaikan, bukan berarti amarah kita bisa dilampiaskan tanpa memandang kapan dan dimana kita berada. Tetap ada adab yang harus kita jaga saat sedang marah. Tidak hanya kepada lingkungan sekitar, tapi juga adab pada diri sendiri. Berikut ini beberapa cara agar bisa meluapkan emosi dengan penuh kendali.


1. Atur terlebih dulu pernapasan & kesadaranmu
Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun
Ketika ada sesuatu yang membuatmu kesal bahkan ingin berteriak karena sudah tak mampu menahan. Sebaiknya kamu tahan sejenak. Kamu berhak meluapkan semua amarahmu dengan cara yang tidak merugikan diri sendiri.

Atur nafasmu dengan teknik yang benak. Jangan hanya karena kamu kesal lalu menguras semua tenagamu untuk berteriak hingga kamu lelah. Kamu hanya akan merasa puas di saat itu saja. Tapi setelahnya kamu akan kembali memikirkan masalahmu. Mengatur nafas dan menjaga kesadaran akan membantumu berpikir lebih jernih dan mencari solusi untuk masalahmu.


2. Bicarakan semuanya secara baik-baik
Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun
Entah kepada siapa kamu sedang marah, tapi jangan biarkan emosimu menguasai keadaan. Saat kamu sedang kesal, maka semua yang ada di sekitarmu menjadi serba salah. Termasuk orang yang tidak berhubungan dengan masalahmu. Kamu hanya butuh waktu dan ruang untuk memikirkan masalah beserta solusinya.

Jika kamu sudah mulai tenang, maka usahakan untuk segera menyelesaikan masalahmu. Bicarakan semua yang kamu rasakan. Ungkapkan tanpa rasa kesal dan ingin marah. Lupakan sejenak rasa sakit hati yang mungkin hadir saat kamu dan dia mengalami konflik. Fokuskan diri untuk mencari solusi dari masalahmu saat ini.


3. Tuliskan semua kekesalanmu
Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun
Pernahkah kamu mendengar salah satu cara untuk meluapkan emosi tanpa perlu marah-marah adalah dengan cara menuliskannya? Ya, meski tidak semua orang yakin dengan cara ini. Tapi tetap saja menuliskan emosi negatif lalu kemudian merobek kertas dan membuangnya seolah kita membuang semua emosi negatif yang sedang bersarang di dalam diri.

Kenapa harus menulis? Sebab tidak semua orang bisa mengatakan apa yang dirasa dengan baik. Ada yang malu, ada yang takut, ada pula mereka yang cemas karena tak kunjung menemukan solusi. Menulis menjadi salah satu cara agar emosi negatif bisa tersampaikan tanpa harus merugikan diri sendiri.


4. Jika ingin menangis, maka menangislah
Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun
Banyak dari kita yang menganggap bahwa setiap amarah hanya bisa lepas dengan cara berteriak dan memaki. Padahal sebagian dari kita justru ingin menangis saat mereka sedang marah. Ya, menangis menjadi salah satu respon yang ditunjukkan seseorang ketika amarah sudah mencapai puncaknya. Mereka yang menangis saat marah biasanya tidak mampu mengungkapkan apapun yang dirasa. Hingga seringkali menahan dan meluapkan dengan cara yang tak biasa.

Tapi tenang saja, menangis dikala harusnya kamu memaki bukanlah sebuah kesalahan. Justru caramu ini adalah cara yang baik. Kamu tidak merugikan dirimu bahkan orang lain dengan luapan emosi negatif. Jika ingin menangis, maka menangis saja. Luapkan selagi kamu bisa mengekspresikan semua emosi yang ada. Jangan menahannya apalagi harus melupakan tanpa menyelesaikan


5. Segeralah sadar & bangkit untuk memaafkan
Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun
Seseorang berhak marah saat mereka dikecewakan atau disakiti seseorang. Beberapa orang juga memilih untuk menyendiri dan menjauhi segala bentuk komunikasi dengan mereka yang membuat kesal hatinya. Semua itu wajar terjadi ketika kita sebagai manusia sedang dirundung amarah.

Tapi jangan sampai hal itu merenggut keharmonisan hubunganmu dengan orang lain. Kamu berhak marah dan meluapkan semua hingga lelah. Tapi setelah itu segera sadari bahwa setiap manusia adalah tempatnya salah. Kamu ataupun mereka bisa kapan saja melakukan saja dan juga berhak mendapatkan kata maaf. Memaafkan bukan hanya mengurangi masalah yang mungkin akan timbul kembali. Tapi juga membuat hatimu jauh lebih bahagia dengan kondisimu saat ini.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun Jangan Terus Dipendam, Ini 5 Alasan Pentingnya Ungkapkan Perasaan 

- Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun Harus Tahu, 6 Hal Ini Pantang untuk Ditanyakan kepada Orang Lain

- Sedang Kesal? 5 Cara Agar Amarahmu Tidak Merugikan Siapapun Bahaya Kekerasan Emosional pada Anak, Ini Dampak yang Bisa Terjadi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di