alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Masih Sesak di Trotoar Tanah Abang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5caea3dbc0cad7228e1d6b45/masih-sesak-di-trotoar-tanah-abang

Masih Sesak di Trotoar Tanah Abang

Masih Sesak di Trotoar Tanah Abang
TAUFIK, 52, tak peduli dengan kesemrawutan yang terjadi sejak pagi hingga malam hari di trotoar Jalan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Setiap hari, ia hanya berpikir bagaimana dagangannya bisa laku. Pedagang kaki lima di trotoar Tanah Abang itu mengaku tidak ingin pindah dari tempatnya mencari penghidupan saat ini. "Saya tidak tertarik untuk pindah ke jembatan penyeberang-an multiguna (JPM). Dari dulu sudah berjualan di sini, betah di sini, dan tidak akan mau berjualan di jembatan meski dipaksa," tandasnya.

Taufik tidak sendiri. Ada puluhan PKL yang tetap nekat berjualan di trotoar Jalan Jati Baru. Tidak nyaman memang, karena mereka harus kucing-kucingan dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja, yang sering melakukan razia. Mereka juga tidak peduli dengan keluhan pejalan kaki. "Dari dulu juga sudah desak-desakan. Namanya pasar pasti desak-desakan," kilah Taufik.

Meski JPM Tanah Abang sudah difungsikan untuk menampung PKL, kondisi trotoar Jalan Jati Baru, sampai kemarin, masih tetap disesaki PKL. "Setelah ada JPM dan sebelumnya tetap sama saja. Semrawut, karena banyak yang berdagang di trotoar," keluh Indri, 27, pejalan kaki.

Adanya PKL di trotoar, lanjutnya, sangat mengganggu pejalan kaki. "Kasihan warga yang buru-buru karena jalan mereka jadi tersendat."

Berbeda dengan Taufik, Ridho, 35, mengaku bersyukur bisa berdagang di JPM Tanah Abang. Selain lebih tenang mengais rezeki, pedagang pakaian wanita itu juga mengaku omzet dagangnya meningkat daripada saat masih berjualan di badan Jalan Jati Baru.

Baca Juga: Cegah Golput, Ancol Siapkan Diskon Tiket

"Omzetnya bisa meningkat 15% sehingga laba bersih yang bisa kami bawa pulang juga bertambah. Dari hari ke hari, jumlah konsumen yang datang ke JPM ini terus meningkat," tambahnya.

Ia menilai dengan berjalan dan berbelanja di JPM Tanah Abang, warga merasa lebih nyaman karena tidak kepanas-an dan kehujanan. Kondisi itu membuat Ridho betah berdagang di JPM Tanah Abang.

Pedagang lain, Rini, 29, juga mengaku baju anak jualannya laris manis di JPM Tanah Abang. "Penghasilan saya naik. Banyak pembeli yang merupakan penumpang KRL dan Trans-Jakarta, karena jembatan ini terintegrasi dengan dua moda itu," tuturnya.

Nyamannya berbelanja di JPM diungkapkan Faridah, 40, warga. "Tidak perlu berdesak-desakan seperti saat di bawah dulu. Tidak perlu khawatir juga kesenggol mobil atau sepeda motor. Di sini berbelanja lebih nyaman dan tenang," paparnya.

JPM Tanah Abang mulai dioperasikan untuk PKL pada 7 Desember 2018. Jembatan sepanjang 386 meter dengan lebar 12,6 meter ini dibangun dengan dana APBD DKI Jakarta. Ada 446 pedagang yang berjualan. (*/J-3)

http://m.mediaindonesia.com/read/det...ar-tanah-abang

Maju kotanya

Bahagia umatnyaemoticon-Ngakak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
PKL dikasih hati
Minta ampela

emoticon-Blue Guy Bata (L)
Masih Sesak di Trotoar Tanah Abang
Gak papa sesak, khan nanti bisa buat shalat campur kayak di diskotik al gelora senayan wkt itu!
semakin semerawut si mail makin untungemoticon-Big Grin
Merasa dizolimi karna digusur tapi ga sadar dia ngezolimin semua pejalan kaki trotoar tempat dia buka lapak

Lebih baik gue sendiri yang seneng walaupun nyusahin ribuan orang
berarti perekonomian lancar itu
yg dagang banyak
Masih Sesak di Trotoar Tanah Abang

Ingat ingat
gaberner pilihan umat, pemimpin yg seagama emoticon-Embarrassment
Bahagia PKLnya,...............................
Masih Sesak di Trotoar Tanah Abang
aku sukaemoticon-Big Grin
Selamat untuk para PKL dan preman ibukota emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di