alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPU Bantah Hoaks Penghitungan Suara Hasil Pencoblosan di Luar Negeri
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cae95d89a972e034172fbae/kpu-bantah-hoaks-penghitungan-suara-hasil-pencoblosan-di-luar-negeri

KPU Bantah Hoaks Penghitungan Suara Hasil Pencoblosan di Luar Negeri

KPU Bantah Hoaks Penghitungan Suara Hasil Pencoblosan di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar dusta atau hoaks soal hasil penghitungan suara atas pencoblosan dalam Pemilu 2019 di luar negeri. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan pihaknya belum melakukan penghitungan surat suara di luar negeri.

Dia menjelaskan, pencoblosan di luar negeri memang berlangsung lebih awal, yakni pada 8-14 April 2019. Namun, tidak serta merta KPU melakukan penghitungan suara hasil pencoblosan pada saat itu juga.

"Saya perlu jelaskan pada teman-teman semua, KPU memang punya early voting(pencoblosan lebih dini khusus di luar negeri). Jadi pemilihan dilakukan lebih awal dibandingkan di dalam negeri. Jadwalnya itu 8-14 April. Meskipun dilakukan pemungutan lebih awal, tapi penghitungan suaranya itu dilakukan pada 17 April," kata Arief menanggapi hoaks itu di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Oleh karena itu, dia pun menegaskan, KPU belum merilis hasil perhitungan suara dari pencoblosan di negara manapun. Jikapun ada hasil perhitungan sementara hasil pencoblosan, itu bukan milik KPU.

"Jadi kalau sudah ada yang mengeluarkan rilis-rilis hasil itu, itu bukan hasil yang dikeluarkan oleh KPU. Karena memang, enggak ada. Kecuali memang ada orang-orang yang melakukan survei melakukan metode exit polldan segala macam itu," ujar Arief soal hoaksyang mencatut berita Liputan6.com itu.

Sebelumnya, berita Liputan6.com soal hasil sementara pencoblosan di luar negeri dicatut oleh orang tak bertanggung jawab untuk hoaks. Informasi tersebut beredar di aplikasi percakapan, Whatsapp.

Hoaks tersebut dibuat dalam dua versi. Satu berisi hasil sementara pencoblosan yang memenangkan pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Lainnya, hasil sementara pencoblosan di luar negeri yang memenangkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hasil perhitungan itu disebutkan berasal dari pencoblosan di Saudi Arabia, Yaman, Belgia, Jerman, Uni Emirat Arab, USA, Ukraina, Papua Nugini, Taiwan, Hong Kong dan Korea Selatan.

Kedua versi menampilkan hasil perhitungan kedua paslon menang di atas 50 persen.

Padahal, berita berjudul KPU: Pemungutan Suara Pemilu di Luar Negeri Berlangsung Aman itu berisi tentang pernyataan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang pantauan pemungutan suara di luar negeri.

Wakil Pimpinan Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati menyayangkan penyalahgunaan artikel tersebut untuk hoaks.

"Liputan6.com sebagai media yang selalu menjaga kepercayaan publik akan berkomitmen menulis berita sesuai fakta dan ikut serta melawan hoaks yang makin marak," kata Irna.

Quote:




Kepanikan luar biasa mulai bermunculan
Diubah oleh nyairara
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ane sempat deg-degan pas dapat broadcast hasil pemilu luar negeri. eehh.. gak taunya hoax

asyuu tenan kampret emoticon-Blue Guy Bata (L)
nasbung kampret gak hoax gak makan emoticon-Betty
Quote:


masyarakat emang perlu dapet penjelasan a.s.a.p.....
biar masyarakat dapet berita yg bener.....
gw sangat setuju berita hoax ini langsung dicounter oleh KPU..... emoticon-Blue Guy Peace emoticon-I Love Indonesia (S)

kamu jahat, gak bisa lihat dia seneng, kan dia pengen segera mengulangi ritual sujud syukur nya yang begitu melegenda
Sumber WAG emoticon-Ngakak
Walaupun bener.. Itu hanya sebagian kecil dr pemilih di lokal..

Jd tidak bs menjadi patokan
Harus ditanyakan ke ustad nih, makan dari duit hasi ngehoax gimana hukumnya? Sekarang banyak yang kerja asal dapat duit, gak peduli lagi hasilnya dari mana. Sulit memang kalau sudah ngadepin orang yang kaya gini
Mantab jiwa hoaxnya...
gak ada perhitungan di TPS nya ya?
Paling benci sama temen share berita perhitungan suara d grup WA, kesannya gue paling update loh, gue paling tau gitu lo.... gue sih dari awal uda duga hoax, gimana etika dan transparansi kalo g dihitung di Indonesia sama-sama udah keluar aja hasil yg dluar negeri...
Hoax lagi, lagi, lagi, dan terusss sampai mereka bisa berkuasa.
Di broadcastnya kok gak ada hastag #validA1 #validring1 #ring01 emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di