alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Pemandangan Tak Elok Menjelang Pemilu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cae37bf65b24d46bb310f4f/pemandangan-tak-elok-menjelang-pemilu

Pemandangan Tak Elok Menjelang Pemilu

Oleh : Engkos Kosasih

Suasana jalan raya di Kabupaten Pandeglang, Banten tidak seperti biasanya, tiba-tiba saja banyak selebaran baliho terpasang di tiap penjuru kota hingga pelosok daerah. Pemandangan tidak elok ini, mungkin terjadi bukan hanya di Kabupaten yang dikenal dengan julukan kota wisata saja.

Hampir setiap penjuru Indonesia pasti sudah terpasang sebuah bailiho dengan bertuliskan sebuah lembaga partai, nama dan poto, karena banyak yang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif (Caleg) untuk bisa duduk di kursi DPR pada Pemilihan Umum 2019.

Melihat ketidak elokan kota Pandeglang karena banyaknya baliho Caleg dan Partai, rasanya pesta lima tahunan ini ingin cepat-cepat berlalu agar sepanjang jalan di kota maupun di pelosok daerah bersih kembali.

Kadang fenomena ini, membuat hati merasa jengkel kepada mereka para Caleg ataupun Tim Sukses yang memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di pohon dengan cara di paku.

Bagaimana tidak? Mereka yang mengumbar janji ingin memperjuangkan rakyat, tetapi tidak dibarengi dengan rasa kecintaanya terhadap lingkungan yang menjadi salah satu sumber penghidupan rakyat, bahkan mereka juga terkesan acuh terhadap pelestarian lingkungan.

Pemakuan pohon mungkin menjadi hal yang sudah lumrah, dan sering ditemukan di sekitar kita. Jika kita cermati dampak yang ditimbulkan ketika pohon sering di paku akan membahayakan diri kita sendiri.

Karena ketika pohon di paku dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada pohon, gangguan proses fisik dan biologis dalam tubuhnya pun akan terganggu akibat gangguan benda asing yang ikut tertanam di dalamnya. Seperti, kompartementaslisasi akan mengganggu proses fisiologi tanaman dan mengurangi tekstur kayu pada pohon.

Sehingga kekuatan kayu pun akan berkurang karena pohon mudah terinfeksi penyakit seperti jamur dan bakteri akibat banyaknya pintu bagi hama dan penyakit pada kulit pohon. Padahal kulit kayu adalah tameng terluar dari batang pohon. Sedangkan batang adalah tempat yang sentral dan pertumbuhan pohon. 

Dengan kerusakan yang ditimbulkan pada pohon akibat Tree Spiking, maka sangatlah mungkin, pohon - pohon yang banyak ditancap logam dan dijerat benda lain sangat mudah rusak. Dalam jangka panjang sangat mungkin pohon - pohon yang telah melemah akibat logam dan tali yang tertanam ditubuhnya akan mudah tumbang dan cepat mengalami kematian.

Oleh karena itu, jika ada Caleg yang mengumbar janji politik ingin mensejahtrakan rakyat dengan cara memperjuangkan aspirasinya, tetapi dalam pelaksanaan kampanye merusak pohon lebih bail jangan di pilih.

Larangan memasang atribut kampanye di pepohonan telah ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 15 Tahun 2013. Sayangnya aturan itu belum diindahkan oleh sejumlah partai politik ataupun Tim suksesnya.

Jika letak kesalahannya itu, dari tim sukses seharunya partai politik memberikan pendidikan kepada tim sukses mereka dan membuat prosedur operasi standar tentang pemasangan APK, dengan demikian, tim sukses tidak akan asal memasang alat peraga di sembarang tempat dan tidak merusak pohon akibat ulahnya.

Partai Politik juga harus tegas melarang Caleg, Kader ataupun Tim Suksenya ketika melakukan pemasangan baliho di batang pohon dengan cara di paku, karena hal itu dapat menurunkan elektabilitas Partai.









Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di