alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
17 April libur nasional untuk memilih
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cae15d528c99108ef06b1ce/17-april-libur-nasional-untuk-memilih

17 April libur nasional untuk memilih

17 April libur nasional untuk memilih
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Selatan (Sumsel) menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019 kepada pengunjung Car Free Day (CFD) Kambang Iwak Palembang, Sumsel, Minggu (31/3/2019).
Pemerintah menetapkan 17 April 2019 sebagai hari libur nasional. Penetapannya disahkan melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebagai Hari Libur Nasional.

Keputusan tersebut diteken Presiden Joko Widodo, Senin (8/4/2019). "Menetapkan hari Rabu tanggal 17 April 2019 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan umum tahun 2019," demikian bunyi Keppres tersebut dalam siaran tertulis Sekretariat Kabinet (Setkab) RI yang dikutip Beritagar.id, Rabu (10/4).

Pertimbangannya, untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga negara Indonesia untuk menggunakan hak pilih. Pertimbangan lainnya, berdasarkan ketentuan Pasal 167 ayat (3) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pemungutan suara dilaksanakan secara serentak pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional.

Keppres tersebut juga dipayungi Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

Tahun ini merupakan pemilu edisi pertama yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pemilihan presiden-wakil presiden, anggota legislatif tingkat nasional, provinsi dan kabupaten serta DPD secara serentak.

Pemilihan presiden-wakil presiden (pilpres) diikuti oleh dua pasangan calon (paslon), yakni nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan pemilihan legislatif (pileg) melibatkan 10.316 calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD RI.

Seperti diketahui, pemilu pada 17 April nanti akan digelar di 810.329 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 34 Provinsi, serta 514 Kabupaten/Kota, dan 7.201 Kecamatan. Total pemilih mencapai 190.779.969 orang, termasuk 54.295 Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Dari data KPU yang diolah tim Lokadata Beritagar.id, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 sebanyak 190.770.329 pemilih. Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah pemilih terbanyak, yakni 33.270.845 pemilih.

Sedangkan Jawa Timur memiliki jumlah pemilih terbanyak kedua, yakni 30.912.994. Sementara, provinsi dengan jumlah pemilih paling sedikit adalah Kalimantan Utara, 450.108 pemilih.
Tingkatkan target partisipasi
Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang dipatok oleh KPU dan Pemerintah, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang mencapai 77,5 persen.

Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus menggencarkan sosialisasi. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bahkan optimistis masyarakat akan memenuhi tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 nanti.

Sebelum menggunakan hak pilih, sebaiknya simak terlebih dahulu beberapa hal terkait surat suara dan tata cara mencoblos di bilik suara.

Selain memilih calon presiden-wakil presiden, para pemilih juga akan memilih para anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi dan kota/kabupaten, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
17 April libur nasional untuk memilih

Di TPS, para pemilih akan menerima maksimal lima surat suara. Kelima surat suara ini dibedakan berdasarkan warna dan memiliki fungsi berbeda, sehingga pemilih mesti cermat dan benar-benar memerhatikan agar tak salah pilih.

Ada pengecualian yang berlaku bagi pemilih di DKI Jakarta, pemilihnya hanya akan menerima empat surat suara lantaran di Jakarta tidak memilih caleg di tingkat kabupaten/kota.

Berikut lima warna surat suara pada Pemilu 2019 yang berbeda-beda fungsi serta cara mencoblosnya:

1. Surat suara abu-abu

Surat suara berwarna abu-abu ini untuk surat suara calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019. Surat ini berbentuk lembaran persegi panjang dan terdiri dari dua bagian, yaitu bagian dalam dan bagian luar.

Untuk surat suara ini, pemilih harus mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusung dalam satu kotak di surat suara.

2. Surat suara kuning

Surat suara berwarna kuning ini untuk memilih calon anggota DPR Pemilu 2019. Surat suara ini memuat daftar calon anggota legislatif untuk kursi DPR RI. Pemilih bisa mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPR.

3. Surat suara merah

Surat suara berwarna merah ini untuk memilih calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2019. Dalam surat suara ini tercantum daftar calon anggota DPD.

Hasil memilih anggota DPD ini, nanti setiap daerah akan diwakili oleh empat orang anggota DPD. Ketentuan mencoblos satu kali pada nomor, nama, atau foto calon untuk Pemilu anggota DPD. Surat suara ini disertai foto para calon.

4. Surat suara biru

Surat suara berwarna biru untuk memilih calon anggota DPRD Provinsi pada Pemilu 2019. Pada surat suara ini dicantumkan daftar calon legislatif untuk masing-masing provinsi di Indonesia.

Untuk memilih anggota DPRD Provinsi, pemilih bisa mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPRD Provinsi.

5. Surat suara warna hijau

Surat suara berwarna hijau memilih calon anggota DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2019. Pada surat suara ini, pemilih bisa mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Harus diketahui, tak semua surat suara yaitu surat suara warna kuning, biru, dan hijau tidak mencantumkan foto kandidat, sebaiknya para pemilih sudah tahu siapa yang akan dipilih 17 April nanti.

Profil para caleg bisa diakses publik lewat Daftar Calon Tetap Pemilihan Anggota Legislatif 2019 di laman KPU. Para pemilih juga bisa mencermati rekam jejak para caleg di sejumlah web seperti calegpedia.id, rekamjejak.net, pintarmemilih.id, dan jariungu.com. Silakan gunakan hak pilih.
17 April libur nasional untuk memilih


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-untuk-memilih

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 17 April libur nasional untuk memilih Pengeroyokan siswi SMP dan kekerasan anak di Indonesia

- 17 April libur nasional untuk memilih Jangan pilih caleg mantan koruptor

- 17 April libur nasional untuk memilih Hari ini IHSG anjlok, minus 0,09 persen

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di