alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BREAKING NEWS! KPU: Mahasiswa Perantau Tak Pulang Kampung Tidak Bisa Mencoblos
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cadecc09a972e6682414bfe/breaking-news-kpu-mahasiswa-perantau-tak-pulang-kampung-tidak-bisa-mencoblos

BREAKING NEWS! KPU: Mahasiswa Perantau Tak Pulang Kampung Tidak Bisa Mencoblos

JAKARTA - Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar kota dipastikan tak akan bisa mencoblos saat hari pencoblosan Pemilu 2019 yang jatuh pada Rabu, 17 April 2019, jika mereka tak pulang kampung. Hal tersebut karena berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 20/2019 tak mengakomodir mereka untuk mendapatkan formulir A5.

"Putusan MK tidak memberi peluang. Kecuali pulang kampung," kata Komisioner KPU RI Pramono Ubaid kepada Okezone, Selasa (9/4/2019).

MK memutus batas waktu pemilih mengurus pindah memilih untuk mendapatkan formulir A5 adalah tujuh hari sebelum pemungutan suara pada 17 April, tepatnya Rabu, 10 April 2019, yang dalam aturan sebelumnya batas waktu pengurusan 30 hari.

Pramono mejelaskan, dalam putusan itu yang diakomodir untuk mengurus A5 hanya pemilih yang sakit, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan akibat melakukan tindak pidana, dan menjalankan tugas saat pemungutan suara.

Menurut dia, solusi bagi mahasiswa perantau untuk bisa menggunakan hak pilihnya, yakni pulang ke domisilinya. Sebab, mereka tak bisa dimasukkan ke dalam kategori yang sedang melaksanakan tugas.

"Tidak (masuk ke dalam frasa menjalankan tugas). Mahasiswa kena batas waktu sebelum putusan MK," ujarnya.

Sekadar informasi, untuk memudahkan pemilih di luar kota untuk mencoblos pemerintah menetapkan 17 April 2019 sebagai hari libur nasional.

Hal itu ditandai dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia (RI) Nomor 10 Tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 sebagai hari libur nasional yang resmi ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 April 2019.

https://news.okezone.com/read/2019/0...bisa-mencoblos

kasian adik adik mahasiswa emoticon-Mewek
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
angka golput makin tinggi entar ya akhi emoticon-Maaf Agan
Bodo ah gw pasti golput lagi tahun ini

Tapi semoga yg waras yg menang emoticon-Stick Out Tongue
dari dulu mahasiswa rantau banyak golputnya
Balasan post dwisuli
Emang kuliah dimana?
astajim, konspirasi asing aseng asong... emoticon-Kagets
golput karena administrasi
Kasih tiket pesawat gratis makanyaemoticon-Ngakak
makanya wowok gencar kampanyekan lebaran di tps, supaya cuti bersama nambah dan mahasiswa rantau bisa mudik emoticon-Ultah
kalo kuliah di LN gmn yak?
Ynag ngomong MK, Bukan KPU
Lahh dr dulu kan emang ky begitu. Sesuai KTP kan
kasihan bisa kosong yg pingin milih 01 ato 02 emoticon-No Hope
hmmmmm....
yg bisa pulang monggo pulang
yang nggak ya...
mohon doanya semoga yg terbaik yg menang
Kalo orang ngontrak n blm pindah KTP gmn?
Akh gak beres.
Quote:


Keputusan MK bersifat final dan mengikat
lah kok aneh? ini peraturan baru? jaman ane kuliah bisa A5 emoticon-Bingung

iya sih keputusannya 2019, tapi aneh aja.... Bukan pendidikan demokrasi yang baik
Diubah oleh bononx
Quote:


Pinjam pesawat pribadi wowokemoticon-Big Grin
Gua dulu juga sama, kagak nyoblos.
Nyoblos gak nyoblos percuma soalnya dah yakin menang kemarin.
Balasan post floriantito
Siapa yg menang gan?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di