alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cadc3e78012ae3be65a03ee/hukum-ganti-rugi-aksiden-berkendara-perlukah-di-tinjau-kembali

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

[ HT# 476 ]

Berbicara soal berkendara apalagi di kota besar yang namanya aksiden senggolan, tubrukan di jalan adalah hal yang pernah kita temui bahkan pernah kita alami sendiri. Mungkin awalnya karena ada pengendara yang tidak disiplin, tidak sabaran, tidak fokus, lalai menjadi awal aksiden itu bisa saja terjadi. Pilihan tuntutan ke ranah hukum atau ganti rugi pun akhirnya di putuskan bersama, tapi bukan berarti ganti rugi menjadi ajang pemerasan, lalu bagaimana?

Memang tidak ada seorang pun yang mau kendaraannya baik motor atau mobil mengalami hal tak enak di atas. Tuntutan ke ranah hukum terkadang dianggap terlalu ribet maka seringkali keputusan untuk bertanggung jawab dengan cara ganti rugi dianggap sudah menyelesaikan. Tapi apakah ganti rugi ini ada ukurannya? Apakah benar ini sudah menjadi keputusan ke dua belah pihak? Apakah cenderung memanfaatkan kesempatan dan atau cara 'memelas' supaya ganti rugi tidak terlalu besar? Harus diperjelas juga mana si pelaku, mana yang menjadi korban, jika tidak juga ditemukan keputusan maka pihak pengadilan lah yang harus memutuskan.

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

Hukum ganti rugi kalau kita tilik secara umum adalah si tergugat wajib membayar kerugian yang di lakukan nya kepada korban dan pelaku bisa di tuntut secara hukum.

Suatu putusan pengadilan yang sifatnya menghukum (condemnatoir) seseorang untuk membayar sejumlah uang sebagai akibat dari Perbuatan Melawan Hukum yang dilakukan orang tersebut sehingga merugikan orang lain secara hukum, dapat dikualifikasikan sebagai utang yang harus dipenuhi atau dapat dituntut pemenuhannya secara hukum. (Hukumonline)

Aksiden di jalan dapat dikatakan sebagai kategori kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas di golongkan menjadi 3, yaitu:

1. Kecelakaan lalu lintas ringan, adalah mengakibatkan kerusakan kendaraan dan/atau barang;

2. Kecelakaan lalu lintas sedang, adalah  mengakibatkan luka ringan dan kerusakan kendaraan dan/atau barang;
3. Kecelakaan lalu lintas berat, adalah kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia atau luka berat.


Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

Pintu samping tergores, jika tanpa cover asuransi akan kena biaya perbaikan
sekitar Rp 700.000-900.000. Foto dokumen pribadi.


Untuk kasus kecelakaan lalu lintas ringan umumnya pelaku harus mengganti rugi Dua ratus lima puluh ribu rupiah atau pidana paling lama satu bulan kurungan penjara.


Namun kenyataan di lapangan untuk ganti rugi kasus kecelakaan lalu lintas ringan seringkali menjadi ajang pemerasan karena ketidaktahuan berapa besar kerugian sebenarnya yang harus di bayar. Beruntung jika di cover oleh pihak asuransi (itu pun terkadang ada pihak asuransi tertentu yang berbelit-belit urusannya), lalu bagaimana jika tanpa asuransi? Bagaimana dengan kerugian waktu, tenaga dan fikiran? Inilah mengapa sikap menuntut ganti rugi terkadang berkesan menjadi ajang pemerasan.

Jadi solusinya menurut saya adalah keputusan berapa besar biaya ganti rugi tidak bisa di putuskan di kejadian perkara.

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

Pihak korban dan pelaku seharusnya mengetahui dulu berapa rupiah biaya yang harus di keluarkan untuk memperbaiki kendaraannya melalui pihak asuransi atau bengkel tertentu. Korban dan pelaku harus terus mengawal proses ini bersama-sama hingga di temukan keputusan berapa besar jumlah yang harus di bayar.


Nah, di sinilah saya ingin menekankan dan menggaris bawahi kalau saja jumlah rupiah ganti rugi itu nilainya sekarang harus dinaikkan apakah bisa menjadi solusi untuk meminimalisir kasus kecelakaan, agar semua pengendara lebih hati-hati lagi? Supaya memberikan efek jera karena kuatir jika kena denda ganti rugi akan jadi mahal?

Jika ide ini bisa di realisasikan orang mungkin akan berfikir "Kalau saya menyerempet bisa kena ganti rugi 10x lipatnya", atau jika di bengkel umum di ketahui ongkos perbaikan 1 juta maka harus di kali 10x lipatnya. Nah menurut saya ini bisa saja menjadi cara agar setiap orang akan berhati-hati di jalan, tidak melanggar lalu lintas dan saling menghormati sesama pengguna jalan. Kalau setuju klik laik, supskrip dan serr ya gan, emoticon-Big Grin

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?
Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim 


Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?
Diubah oleh iskrim
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?

KOMENTAR NTAPS KASKUSER
emoticon-Leh Uga

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



...
Diubah oleh iskrim
nah ane pernah nih ditabrak n nabrak. tapi biasanya kita selesaikan di bengkel.. Pernah kejadian malem2 di tol, kami sama2 ke pinggir, karena udah malam dan gak mungkin bengkel buka, jadi kita saling foto KTP dan tuker nomor HP.

Besoknya baru lah sama-sama ke bengkel. Karena dijalan raya adalah tanggung jawab kita bersama.
Diubah oleh LionelRoffy
Quote:


jarang orang seperti ente Gan, yg ada sblm saling tukar ktp udah main tonjok2an, padahal bakal sama2 rugi jadinya emoticon-Big Grin
Balasan post iskrim
Quote:


mungkin ane beruntung jg di setiap kejadian nemuin orang yang sadar jg gan dalam bertanggung jawab di jalan raya emoticon-Big Grin
Paling sebel kalau baru beli bagus-bagus masih disayang eh lecetnya sama orang lain mana gak tanggung jawab emoticon-Mad (S)

biasanya langsung pada ngacir sih, udah kayak dirazia dikejar polisi gitu emoticon-Ngakak (S)
Quote:


semua berharap berangkat pulang dlm keadaan selamat tanpa kekurangan suatu apapun ya gan. semoga ini jadi inspirasi dan menyadarkan kita semua, kedewasaan dalam berkendara emang penting dan wajib hukumnya emoticon-Shakehand2
Quote:


nah itu kejadian yg bulan lalu ane alamin, pintu tengah baret dalem, si motor kabur gitu aja emoticon-Frown
aksiden teh naon? emoticon-Bingung
Kasian yang pake mobil eropa atau mobil perang yang materialnya kuat.. pas ditabrak mobil jepang, malah mobil jepang yg rusak & owner-nya minta ganti rugi meskipun mereka yg nabrak.. wkwkwkk
emoticon-Ngakak
kan udah ada asuransi jasa raharja dan jiwasraya.
Quote:

Di indonesiakan oom gan cmiiw emoticon-Malu (S)

Quote:

Nah jangan sampai kek gitu dah emoticon-Big Grin

Quote:

Sebisa mungkin menghindari aksiden di jalan meski ada bekap asuransi... emoticon-Big Grin
Diubah oleh iskrim
Ane beberapa kali nyerempet kendaraan krn teledor.

Tp krn g megang duit, ane selalu minta maaf dan kasih ktp atau sim dan siap dihubungi klo ada yg diganti.

Dasar muka melas, seringnya dimaafin langsung emoticon-Matabelo atau malah ketemuan lg cmn bwt balikin id card yg ditahan.

Pun bgitu sebaliknya, harus bnyk2 ikhlas klo kendaraan diserempet dan orgnya minta maaf. Kecuali orgnya malah nyolot, pgn ku tabokin emoticon-Ngakak

Sepertinya sulit direalisasi om iskrim...

Mungkin skema yg bisa di pakai generalisir adalah Asuransi...

Asuransi kan mahal ?


Nggak juga, jd skema asuransi di buat skema mirip bpjs
(Saling Subsidi Pemakai Asuransi)

Tp bayar ikut Stnk / 1 tahun sekali.




Bayangin aja, Jutaan kendaraan kalau ikut asuransi, bisa nambah devisa negara jg
(Susah defisit, sebab siapa sih yg mau kecelakaan kalaupun ada presentase jg kecil)

Mungkin per motor 500rb / tahun
Mobil 2 juta / Tahun
Quote:


Mang sih yg namanya klo udah di jalan raya kalao gak nabrak y di tabrak, saling hati2 dan taat berkendara wajib dimiliki siapapun emoticon-Smilie
Quote:


Noted oom emoticon-Toast
Diubah oleh iskrim
Mending pura2 miskin aja biar ga diminta ganti rugi
nyimek dah emoticon-nyantai
Diubah oleh kucingkuncung
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Yang pentil ngati2 di jalan emoticon-Coblos

Hukum 'Ganti Rugi' Aksiden Berkendara Perlukah Di Tinjau Kembali?


Quote:


Wuogh saru! Ketularan pak lurah koplokan emoticon-Leh Uga
Quote:


Balasan post Kruingputih4
Quote:


waduh mas krui, sakit perutku lah dapet aja gambarnya emoticon-Wakaka

wong gendhenk emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di