alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cada12c2f568d24b8765321/wajib-tahu-ini-6-cara-kelola-rasa-malu-yang-berlebihan

Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan

Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan

Merasa malu sebenarnya adalah hal yang lumrah karena setiap orang pasti pernah mengalaminya. Namun hal ini bisa menjadi masalah apabila perasaan malu yang kamu alami mengendap cukup lama atau kamu sering sekali merasa malu hanya karena hal-hal spele.

Kalau sudah begini, kamu tidak bisa diam saja sebab rasa malu yang berlebihan bisa mempengaruhi aktivitas kamu sehari-hari. Maka dari itu, kamu perlu mengelola perasaan malu yang berlebihan.

Ini dia 6 tips untuk mengurangi rasa malu yang berlebihan.


1. Singkirkan segala pikiran negatif tentang dirimu
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan
Selalu berpikir negatif bisa menjadi sumber dari rasa malu berlebihan yang selama ini kamu alami. Bukannya mendapatkan solusi, berpikir negatif hanya akan membuat kamu merasa semakin malu.

Daripada memikirkan hal-hal buruk tentang dirimu, lebih baik kamu mencari solusi untuk mengatasi sumber rasa malu tersebut. Misalnya kamu malu karena selalu mendapat nilai yang rendah, lebih baik kamu fokus belajar agar nilaimu lebih baik ke depannya.


2. Menerima kenyataan bahwa sifatmu memang seperti itu
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan
Tidak ada yang salah dengan menjadi pemalu. Jadi, kamu tak perlu menyangkal bahwa malu memang sudah menjadi bagian dari dirimu. Yang terpenting adalah jangan biarkan sifat pemalu tersebut mengubahmu jadi orang yang kurang percaya diri. Kamu bahkan tak perlu ragu menjelaskan tentang sifatmu tersebut pada orang lain.

Jadi, yang perlu kamu lakukan hanyalah menerima sifat dasarmu yang memang pemalu tersebut.


3. Fokus pada kelebihan diri sendiri
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan
Kamu harus sadar bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengurangi sifat pemalu, sebaiknya kamu fokus mencari kelebihan yang ada dalam diri kamu sehingga kamu bisa fokus mencari peluang untuk memanfaatkan kelebihan dirimu sendiri dan kamu bisa jadi individu yang lebih percaya diri.


4. Cobalah bersikap terbuka terhadap kritikan
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan
Agar mentalmu semakin kuat, kamu harus berusaha membuat dirimu jadi orang yang terbuka terhadap kritikan orang lain. Jangan menganggap kritik sebagai ungkapan kebencian pada dirimu.

Sebaliknya, kritik adalah bentuk kepedulian orang-orang terhadap kamu. Dengan berbesar hati menerima kritik, artinya kamu siap mengubah diri kamu menjadi lebih baik. Kamu pun jadi lebih bisa mengelola rasa malu yang selama ini menghantuimu.


5. Cari tahu hal apa yang selama ini membuat kamu merasa malu
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan
Coba ingat-ingat hal apa yang selalu membuat kamu merasa malu. Setelah itu coba kamu analisis apakah hal itu bisa dicegah atau dihilangkan, serta solusi untuk mengatasinya. Dengan demikian, kamu bisa mencegah terjadinya hal apa pun yang berpotensi membuat kamu merasa malu. Selain itu, kamu juga sudah mempersiapkan solusi untuk mengatasi rasa malu itu.


6. Jauhi teman yang sering membuat kamu merasa malu
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan
Setelah selama ini kamu bersusah payah melupakan kejadian memalukan, tapi temanmu malah dengan entengnya membuat kejadian memalukan yang kamu alami sebagai bahan guyonan. Kalau demikian, segera jauhi temanmu itu.

Demi kebaikanmu sendiri, kamu perlu menjauhi teman yang tidak peduli akan perasaanmu. Lebih baik kamu berteman dengan orang-orang yang mau mendukung dan menjaga perasaanmu.

Sebenarnya rasa malu adalah hal penting dalam kehidupan supaya setiap orang jadi segan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma. Akan tetapi kalau perasaan malu tersebut berlebihan, kamu perlu solusi untuk segera mengatasinya.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan Patut Dihargai, 5 Hal Ini Buktikan Dedikasi Driver Ojek Online

- Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan 5 Alasan Nyata Menyerah Bukanlah Pilihan Hidup, Kamu Harus Bangkit!

- Wajib Tahu, Ini 6 Cara Kelola Rasa Malu yang Berlebihan 5 Cara untuk Membantumu Menemukan Tujuan Hidup

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di