alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad9b86af7e933c3642db9a/7-fakta-unik-tentang-geisha-wanita-penghibur-asal-jepang

7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 

7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 

Kalau kamu adalah penggemar anime atau apa pun yang berhubungan dengan Jepang, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan "Geisha". Untuk kamu yang belum tahu, Geisha adalah wanita penghibur asal Jepang. Tugas utama Geisha adalah menghibur pelanggan dengan cara bernyanyi atau membawakan kesenian Jepang lainnya.

Biasanya para Geisha ini hadir di jamuan makan malam untuk memeriahkan suasana. Sayangnya, banyak orang berpikiran buruk tentang Geisha dan menyatakannya dengan para pekerja seks komersial. Nah agar kamu enggak ikutan salah sangka, berikut ini 7 fakta unik tentang Geisha yang harus kamu tahu! 


1. Geisha dalam bahasa Jepang artinya wanita penghibur
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
Istilah Geisha atau 芸 者 berasal dari dua kata yaitu Gei 芸 yang berarti hiburan dan Sha 者 yang berarti orang. Jadi jika disatukan, Geisha memiliki arti orang yang menghibur orang lain. Mereka menjual keahlian mereka sebagai seorang entertainer atau penghibur dengan cara bernyanyi, menari, atau memainkan musik tradisional Jepang.


2. Sebelum menjadi Geisha, mereka disebut Maiko
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
Meski kedengarannya menjadi seorang Geisha adalah pekerjaan mudah tapi ternyata tidak semua orang bisa melakukannya. Karena itulah sebelum menjadi seorang Geisha, mereka terlebih dahulu dilatih selama bertahun-tahun. Nah para peserta pelatihan atau calon Geisha ini disebut Maiko atau 舞 妓. Para Maiko belajar cara menggunakan kimono yang benar, menggulung rambut, menari, bernyanyi, bermain alat musik, hingga caranya berdandan menjadi Geisha.

Karena penampilan Geisha dan Maiko mirip, banyak orang bingung membedakan mereka. Kamu bisa membedakan Geisha dan Maiko dari kimono dan gaya rambutnya. Berbeda dengan para Geisha, Maiko menggunakan kimono yang lebih berwarna.


3. Selain kimono, para Geisha juga selalu menggunakan oshiroi
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
Salah satu ciri khas Geisha adalah mereka selalu menggunakan bedak berwarna putih tebal yang menutupi wajah dan leher mereka. Bedak putih tebal ini disebut oshiroi atau 白粉. Dulu di awal penggunaannya, oshiroi para Geisha mengandung timbal yang berbahaya dan membuat kulit para Geisha berubah jadi sangat pucat.

Selain bedak putih, mereka juga melengkapi diri dengan eyeliner hitam dan lipstik berwarna sangat merah. Biasanya semakin tua seorang Geisha maka akan semakin jarang juga mereka menggunakan bubuk putih ini. 


4. Dulu para Geisha memiliki gigi berwarna hitam
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
Gigi putih dan bersih menjadi kebanggaan banyak orang. Bahkan tidak jarang orang melakukan perawatan mahal hanya demi mendapatkan gigi yang sempurna. Tapi dulu, para Geisha justru memiliki gigi hitam. Bukan karena mereka Geisha tapi karena saat itu gigi hitam merupakan sesuatu yang dianggap menarik oleh perempuan Jepang.

Kebiasaan menghitamkan gigi ini disebut ohaguro atau お 歯 黒. Seiring dengan perubahan zaman, kebiasaan menghitamkan gigi sekarang sudah tidak lagi digunakan termasuk oleh para Geisha. Hanya Maiko yang masih menggunakan gigi hitam itu pun hanya saat mereka di tahap sakkou atau tahap di mana mereka telah menyelesaikan masa pelatihan dan menjadi Geisha.


5. Para Geisha tinggal bersama di Okiya
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
Selama menjadi Geisha, mereka akan tinggal di sebuah rumah yang disebut okiya 置 屋. Bisa dibilang okiya ini adalah asrama bukan hanya bagi para Geisha tapi juga para Maiko. Di sinilah para Geisha dan Maiko mengasah kemampuan mereka dalam bernyanyi, menari, serta memainkan musik tradisional Jepang.

Selain itu para Geisha dan Maiko juga bertanggungjawab dengan Okiya yang mereka tempati. Karena itu selama menjadi Geisha mereka juga belajar caranya mengurus rumah yang baik dan benar. Untuk bisa menghubungi Geisha, para pelanggan harus menghubungi Okiya. Nanti pihak Okiya yang akan memilih Geisha mana yang akan tampil.

Dan meski pun membayar, para pelanggan tidak bisa memilih atau bahkan melihat wajah asli Geisha yang akan tampil dalam acara mereka.


6. Bukan hanya perempuan, dulu para laki-laki juga bisa jadi Geisha
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
Saat ini hanya perempuan yang menjadi Geisha. Tapi di jaman dulu tepatnya saat periode Edo, di Kyoto dan Osaka terdapat banyak laki-laki yang juga menjadi seorang Houkan atau Geisha laki-laki. Selain menghibur tamu, para Houkan ini juga bertugas menjamu para tamu yang datang.


7. Semua kebutuhan Geisha dibiayai oleh Danna
7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang 
Menjadi Geisha bukanlah sesuatu murah. Selama menjadi Geisha mereka perlu makan, minum, juga membeli berbagai kebutuhan lainnya. Untuk membayar dan merawat para Geisha, dibutuhkan seorang Danna 旦 那. Danna adalah seorang pria yang membayar, merawat, dan menjadi pelindung para Geisha. Tidak semua orang bisa menjadi Danna. Hanya pria yang sangat kaya dan punya status sosial tinggi sajalah yang bisa menjadi seorang Danna.

Geisha tidak sama dengan para pekerja seks komersial. Geisha menjual keterampilan mereka dalam bermain seni pertunjukan. Secara sederhana, para Geisha adalah artis atau seniman tradisional Jepang.


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/fun-fa...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang  10 Hal Ini Sering Dilupakan Para Pengendara Motor, Pernah Mengalami?

- 7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang  11 Rahasia di Balik Kedekatan Putri Diana dan Anak-anaknya

- 7 Fakta Unik Tentang Geisha, Wanita Penghibur Asal Jepang  Terkenal Mahal, 7 Destinasi di Labuan Bajo Ini Justru Gratis Lho!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di