alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad8d76facb955db02cc49b/6-cara-sederhana-cegah-kanker-payudara-cewek-harus-tahu-nih

6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!

6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!

Penyakit kanker bagaikan momok bagi semua kalangan, khususnya perempuan. Saat mendengar kata kanker, asosiasi penyakit ini salah satunya akan mengarah kepada kanker payudara.

Yup, penderita kanker payudara memang tidak hanya perempuan yang berusia lanjut, namun penyakit ini juga dapat menyerang remaja hingga perempuan paruh baya. Kanker payudara banyak diderita oleh wanita karena beberapa faktor, di antaranya adalah keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, serta konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.

Nah berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker payudara. Apa saja sih?


1. Hindari konsumsi rokok dan alkohol
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!
Mengonsumsi rokok dan alkohol bagi perempuan akan menimbulkan efek yang cukup berbahaya. Zat kimia yang terkandung dari kedua produk itu mampu mempengaruhi kesehatan payudara. Pasalnya, rokok disebut mengandung ratusan zat karsinogen atau zat-zat yang dapat menyebabkan kanker. Setiap batangnya, rokok mengandung Acetaldehyde dan Aromatic amine yang diketahui sebagai zat karsinogenik.

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki 100 triliyun lebih sel dan semuanya sebenarnya berada dalam kondisi yang tidak berbahaya kecuali terjadi paparan dari karsinogen, seperti rokok. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat mengakibatkan kadar oksigen dalam tubuh menurun dan bisa mengganggu kelancaran peredaran darah.


2. Hindari makanan cepat saji
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!
Seperti sudah dibahas di berbagai referensi, diketahui bahwa makanan cepat saji mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, utamanya kesehatan payudara. Oleh karena itu, menghindari konsumsi makanan cepat saji dalam jumlah banyak sangat dianjurkan.

Selain itu, makanan cepat saji umumnya mengandung bahan pengawet. Sebut saja mie isntan dan makanan kaleng yang mengandung bahan pengawet yang membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus.


3. Lakukan olahraga dengan rutin
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!
Olah raga menjadi hal penting bagi setiap orang karena dengan berolahraga kamu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan. Olahraga secara rutin juga mampu mencegah dari berbagai penyakit, termasuk kanker payudara. Kamu bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang atau yoga misalnya. Jangan malas untuk melakukan aktivitas yang satu ini karena manfaatnya sangat baik bagi tubuhmu.


4. Konsumsi sayur dan buah setiap hari
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!
Buah dan sayur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Hal ini karena antioksidan serta vitamin yang terkandung di dalamnya mampu mencegah resiko terjadinya kanker payudara. Kamu bisa mengolah sayuran segar sendiri di rumah, namun disarankan untuk tidak memasak sayuran terlalu matang untuk menjaga kandungan vitaminnya. Hindari sayuran seperti sawi putih, kangkung, tauge dan cabai. Alasannya, kandungan gas atau zat dalam sayur tersebut dapat merangsang tumbuhnya jaringan sel kanker payudara.

Sementara untuk buah-buahan, kamu bisa memilih buah apa saja yang kamu sukai. Catatannya hindari konsumsi kelengkeng, duku, nanas, durian, dan anggur secara berlebihan. Pasalnya, buah-buahan ini menghasilkan cairan alkohol yang bisa merangsang tumbuhnya kembali sel-sel kanker payudara. 


5. Pilih bra yang tepat
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!
Berhati-hatilah dalam memilih bra karena mengenakan bra yang ketat dapat memicu terjadinya kanker payudara. Bra yang ketat akan mempengaruhi sirkulasi darah sehingga menjadi tidak lancar. Saat kamu tidur, usahakan tidak memakai bra karena saat kondisi tidur, payudara membutuhkan sirkulasi darah yang cukup.


6. Hindari konsumsi seafood yang berlebihan
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih!
Belum banyak yang tahu jika beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, dan kerang sebenarnya memiliki kandungan lemak sangat tinggi. Kandungan lemak yang tinggi inilah yang sebaiknya dihindari. Pasalnya, lemak tinggi adalah salah satu penyebab tumbuhnya sel-sel kanker. Jadi apabila kamu adalah penyuka seafood atau hidangan laut, sebaiknya berhati-hati. Perhatikan jumlah seafood yang kamu konsumsi dan pastikan tidak terlalu berlebihan.

Nah, gimana? Sudah tahu 'kan cara-cara sederhana apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker payudara? Sebaiknya mulai terapkan sejak sekarang demi menjaga kesehatan payudaramu ya, girls!


Sumber : https://www.idntimes.com/health/fitn...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih! Wah, 5 Kebiasaan Kecil Ini Menjauhkanmu dari Obesitas Lho!

- 6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih! Gak Cuma Lezat, Ternyata Oyster Memiliki 6 Manfaat Ini untuk Kesehatan

- 6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara, Cewek Harus Tahu Nih! Ini 7 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di