alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mahfud MD Sebut KPU Sedang Didelegitimasi Banyak Pihak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad8b0297751338a970ed4e/mahfud-md-sebut-kpu-sedang-didelegitimasi-banyak-pihak

Mahfud MD Sebut KPU Sedang Didelegitimasi Banyak Pihak

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Profesor Mahfud MD mengatakan, sedang ada upaya mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Upaya-upaya ini terlihat semakin kuat menjelang pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019.
Menurut Mahfud, KPU telah dituduh melakukan kecurangan oleh sejumlah oknum, beberapa waktu terakhir. Ia mengatakan KPU telah didikte oleh kekuatan lain untuk memenangkan salah satu Calon Presiden (Capres) RI.

"Percayalah, KPU independen sampai sekarang," kata Mahfud di GKB IV, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), belum lama ini.

Mahfud berpendapat, KPU tidak mungkin melakukan kecurangan sebagaimana dituduhkan beberapa oknum. Sebab, KPU memiliki tanggung jawab besar untuk menangani 800 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPU) seluruh Indonesia.

Apalagi, penghitungan suara rakyat masih menggunakan cara manual, bukan komputerisasi. "Bagaimana mau curang secara terstruktur? Itu enggak mungkin," terang pria yang juga ketua Gerakan Suluh Kebangsaan itu.

Menilik situasi ini, Mahfud mendorong KPU agar berani melawan tuduhan-tuduhan tersebut. KPU harus membuktikan tidak ada kecurangan saat Pemilu 2019.

Meski demikian, dia tak menampik, akan menemukan kecurangan-kecurangan kecil. "Ini harus tetap diantisipasi. Tidak hanya oleh KPU, tetapi juga Polisi, Bawaslu, dan kita semua," jelasnya.


Mahfud MD Sebut KPU Sedang Didelegitimasi Banyak Pihak

Mahfud juga merencanakan akan mengunjungi Kantor KPU bersama tokoh bangsa lainnya dalam waktu dekat. Dia ingin menyampaikan dukungan agar KPU bisa melaksanakan tugasnya secara adil dan bermartabat. Apalagi saat ini KPU tengah didelegitimasi banyak pihak.
Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut Komisi Pemilihan Umum telah tiga kali diterpa isu hoaks. Tiga hoaks tersebut, yakni tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos, pencoblosan surat suara di Sumatra Utara, dan server yang sudah diatur memenangkan calon tertentu. 

Dedi mengatakan, terdakwa kasus isu hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos, Bagus Bawana Putra, sedang disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Selain itu, tiga tersangka lainnya yang berperan sebagai buzzer sedang disidang di Bogor (Jawa Barat), Brebes (Jawa Tengah) dan Kalimantan Timur.

"Yang kasus di Sumut, itu kejadian Pilkada awal 2018, tapi dibuat seolah-olah kejadian pencoblosan surat suara dilakukan sekarang," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/4).

Untuk kasus hoaks di Sumut, ada dua tersangka yang ditangkap di Jawa Barat dan sedang menjalani proses hukum di Polda Sumut. Sementara untuk kasus tuduhan server yang dikondisikan untuk memenangkan capres-cawapres tertentu, Ketua KPU Arief Budiman ke Bareskrim Polri sudah melaporkan tiga akun media sosial yang menyebarkan tuduhan tersebut.
Pada Senin (8/4), Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, polisi sudah menangkap dua tersangka berinsiial EW dan RD. EW ditangkap di Ciracas, Jakarta Timur pada Sabtu (6/4) lalu. Kemudian RD yang merupakan seorang ibu rumah tangga ditangkap di Lampung. 

Dedi mengatakan masih ada dua orang pelaku penyebar informasi hoaks soal server KPU yang saat ini masih berstatus buron (DPO). "Ada dua orang (yang masuk DPO)," ujar Dedi saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin






Republika
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
kalau KPU curang , bakal gua hajar emoticon-Mad (S)
Mahfud MD Sebut KPU Sedang Didelegitimasi Banyak Pihak
Pemilu gagal paling junta militer berkuasa, panglima tni jadi plt.presiden kayak di thailand atau myanmar dulu. krn bhy bagi kedaulatan bangsa klo ricuh. Ancaman didepan mata, isis radikal dan anteknya, penguasaan papua oleh kkb.bisa lepas kyk timtim aftermatch 98 dan balkanisasi klo sampe ricuh krn raja2 kecil seneng klo nkri ricuh bisa serasa presiden mrk.
Diubah oleh i71lm4c4n
amplop mendeligitimasi pemilu,ingat pemilu itu legitimasi kekuasaan rakyat,berpolitik uang sama saja mendeligitimasi pemilu.

emoticon-I Love Indonesia
Balasan post i71lm4c4n
entah mengapa pangglima tni hadi jadi presiden skrg pun w setuju
Balasan post salabint
Quote:


Ngamuk2, gebrak2 meja disuruh klarifikasi titik dan tithit malah mengkeret, suruh ngaji, shalawat, jumatan dan jadi imam malah ngilang!
Diubah oleh i71lm4c4n
Balasan post jfun790
Prayuth chan o cha(thailand) dan jendral sen myanmar termasuk yg beruntung! Malah chan o cha menang pemilu dg phalank partinya maret kemaren.
Balasan post salabint
Quote:


Nah klo doi jd presiden, ad pemborosan anggaran untuk ganti podium yg patah krn d gebrak mulu
paling juga pihak-pihak yang merasa panik tidak bisa menerima kenyataan
Quote:

Mahfud MD Sebut KPU Sedang Didelegitimasi Banyak Pihak

yang petig ngopi dulu bangemoticon-Cool
Krn tau bakal kalah telak, blm tanding dah nuduh curang, wasit gak adil
Quote:


santun sekali junjungan nasbung, kampret, dan monaslimin ya akhi emoticon-Leh Uga
jd jg nih bubar

emoticon-Cool

kyakny dpercepat
wowok menang kpu jujur adli

wowok kalah artinya dicurangin

emoticon-Big Grin
Delegitimasi by sengkuni

emoticon-Traveller
cuman pihak sebelah kok
Quote:


abs
soe
awn
loa
....n
....g
Diubah oleh cluoro
Quote:


Mahfud MD Sebut KPU Sedang Didelegitimasi Banyak Pihak
pantasan kak didit ga betah di rumah... takut sama papa cyin emoticon-Frown emoticon-Frown
Ya macam pertandingan bola indo
kalau kalah nyalahin wasit
Quote:


Bahasa kuda???
biasa aja, pilpres kmaren juga bgitu emoticon-Ngakak
TAPI YANG SKARANG BONUS AMPLOP emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di