alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penyebab Sinyal Buruk Saat Berada di MRT Jakarta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad6e57a2d1957f040c290f/penyebab-sinyal-buruk-saat-berada-di-mrt-jakarta

Penyebab Sinyal Buruk Saat Berada di MRT Jakarta

Jaringan sinyal yang buruk pada PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta banyak dikeluhkan para pengguna transportasi tersebut. Pihak MRT menjelaskan buruknya sinyal tersebut dikarenakan belum banyak operator telekomunikasi yang bermitra dengan penyedia jaringan infrastruktur MRT, yakni PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG).
Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengatakan, hingga saat ini baru ada dua provider telekomunikasi yang sudah bermitra dengan TBIG, yakni PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren).

“Kalau di luar itu (Telkomsel dan Smartfren) sinyalnya kurang baik, wajar saja karena belum disambungkan secara resmi sinyalnya oleh mitra kami,” ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (9/4).

Namun demikian, dia menolak berkomentar perihal kabar mahalnya tarif sewa jaringan operator di MRT Jakarta. Kondisi ini disinyalir menyebabkan beberapa operator telekomunikasi berpikir ulang mengivenstasikan dananya untuk mendukung layanan selular di MRT. 

Menurutnya, penetapan tarif sewa infrastruktur telekomunikasi merupakan wewenang TBIG sebagai mitranya.


Penyebab Sinyal Buruk Saat Berada di MRT Jakarta


Namun, Kamaluddin menampik bahwa wilayah operasional MRT Jakarta merupakan wilayah publik tidak boleh dikomersialkan. Sebab,  jaringan operator yang telah disediakan mitranya perlu ditutup dengan biaya sewa untuk kelangsungan infrastruktur jaringan yang telah mereka sediakan.
Kamaluddin menjelaskan, perusahaan akan melegalkan apabila operator telekomunikasi memiliki teknologi alternatif untuk menjangkau sinyal di MRT Jakarta meski tanpa bekerja sama dengan mitranya. “Kalau mereka (operator telekomunikasi) punya teknologi yang bisa menembus ke bawah tanah tanpa harus melewati mitra kami, ya silahkan,” ujar Kamaluddin.

Negosiasi Tarif Sewa Jaringan

Dikonfirmasi terpisah, Group Head Corporate Communication XL Tri Wahyuningsih mengatakan perusahaan berniat meningkatkan kualitas jaringan di sepanjang jalur MRT Jakarta untuk kenyamanan pelanggannya.

Hanya saja, hingga saat ini perusahaan belum menemukan titik kesepakatan tarif sewa yang ditawarkan perusahaan infrastruktur jaringan, karena harganya yang dinilai masih terlalu tinggi. “Kami terus melakukan negoisasi (tarif sewa) dengan pengelola (infrastruktur jaringan) MRT,” ujar Ayu kepada Katadata.co.id. 

TBIG sebelumnya diketahui telah menetapkan tarif sewa sebesar Rp 600 juta per bulan bagi operator yang akan menggunakan infrastruktur jaringannya.

Sama halnya dengan XL, Group Head Corporate Communication Indosat Turina Farouk mengatakan bahwa saat ini perusahaannya masih dalam tahap negosiasi komersil dan  berkoordinasi secara  intensif dengan pihak TBIG, termasuk pemerintah dan asosiasi.

“Terkait harga yang ditawarkan, kami berharap ada dukungan peraturan yang memudahkan operator untuk hadir melayani masyarakat di wilayah ruang publik, karena telekomunikasi menjadi kebutuhan vital masyarakat di ruang publik tersebut,” ujar Turina kepada Katadata.co.id.

Sementara, GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan bahwa pelanggannya sudah dapat menikmati sinyal perusahaanya, baik di stasiun maupun sepanjang jalur MRT Jakarta. Telkomsel telah menyiapkan infrastruktur jaringan di 13 stasiun (6 undergrounddan 7 elevated section) dan sepanjang jalur MRT Jakarta.

“Jaringan Telkomsel telah hadir di semua stasiun tersebut dengan teknologi paling lengkap seperti 2G, 3G, 4G serta teknologi 4.5G (Carrier Aggregation),”ujar Denny kepada Katadata.co.id.

Untuk meningkatkan performa jaringan telekomunikasi, menurut dia Telkomsel telah menambah sebanyak 48 BTS  di sepanjang jalur MRT Jakarta . Ia berharap, hadirnya jaringan Telkomsel di sepanjang jalur MRT Jakarta dapat menjadikan penggunanya tetap produktif selama melakukan mobilitas maupun berbagai aktivitas di manapun dan kapanpun.






Sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


lagian suka-suka gua , b4ngsat emoticon-Mad (S)
Penyebab Sinyal Buruk Saat Berada di MRT Jakarta
Diubah oleh salabint
telkampret dan semarpret muahall, biar bagus kek apa di MRT, ane tetap setia sama telu
Pasang wipi gratis aja 512kbps-1mbps keknya cukup buat brosing²...
Quote:


pihak MRT mo jualan .... sewakan lapak buat BTS .... lo nawarin wifi gratis emoticon-Leh Uga
telkomsel bagus banget kok sinyalnya meski di rel bawah tanah MRT...
Pengguna XL ya sabar sabar dulu aja...
emoticon-Hammer2
Diubah oleh capcayster
Balasan post alprazolam666
gw sih udah jengah gonta ganti provider, yg jelas2 aja lah mau mahal gw jabanin klo buat kerjaan..

mgkn buat gamer warnetan mah paketan gede harga kaki lima masih cocok
Quote:


klo bilang promo ...

telkomsel kadng lebih jelas 1 gb 30 hari rp xxxx emoticon-Big Grin

daripada 3 ... bingungi emoticon-Leh Uga
Kalau ane
Kalau lagi main mobel lejenn dan ada commuter yang lewat
Langsung merah sinyal nya
Balasan post tarminator
Quote:


ya harus nya emang wifi gratis aja, mayan kan nelpon masih bisa pake WA gitu, gak enak kan lost contact kalo lagi di underground gitu
Balasan post mas_paimin
Quote:


murahan 3 lah, kuota ada yg harian, bulanan ada yg ++ yg kuota nya gak bisa hangus begitu juga ama paket nelpon nya, murah abisemoticon-Peace
Diubah oleh masamune007
mungkin terhalang oleh yang bergelantungan diatas om...

Penyebab Sinyal Buruk Saat Berada di MRT Jakarta


emoticon-Imlek
Quote:


GIF

ga butuh infra, butuh meja buat digebrak2in emoticon-Imlek
Hahahaha
cuma g kehilangan sinyal satu jam aja udah kebakaran jenggot y khususny insta story emoticon-Ngakak
Telkomsel dong joss, 15gb 75rebu Sebulan full 4G/3G
Balasan post ajiapriyadin
Si merah ane skarag kagak bisa beli paket itu..cuma bisa beli dua kali klo gak salah...tpi punya bini bisa beli pket 75k 15gb + gratis tlfon... emoticon-No Hope
Quote:


di cek *363# gan, nah iya ane yg 75k 15gb gratis nelfon + sms ke sesama gan. Udah langganan tiap bulan, kenceng sih tp kuotanya cpt abis emoticon-Ngakak (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di