alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anggota DPRD: Anies Kadung Ngomong Naturalisasi, Akhirnya Pakai Beton
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad69304601cf0c632b40cf/anggota-dprd-anies-kadung-ngomong-naturalisasi-akhirnya-pakai-beton

Anggota DPRD: Anies Kadung Ngomong Naturalisasi, Akhirnya Pakai Beton

Jakarta - Anggota DPRD DKI ini tergelitik dengan istilah naturalisasi sungai sebagaimana yang dipakai dalam Peraturan Gubernur yang diteken Anies Baswedan, yakni Pergub Nomor 31 Tahun 2019. Dia tertawa karena konsep naturalisasi sungai yang dulu direncanakan tanpa menggunakan beton untuk memperbaiki kondisi sungai, kini akhirnya memperbolehkan penggunaan beton.

"Jadi istilah itu kelirulah, tapi karena Pak Gubernur sudah kadung ngomong ya jadinya diteruskan saja," kata anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Manuara Siahaan, kepada wartawan, Rabu (10/4/2019).

Manuara adalah anggota Komisi D Bidang Pembangunan. Dia mencermati penggunaan istilah naturalisasi sungai beserta pergeseran pemaknaannya. Dia mengaku sebagai anggota yang menolak penggunaan naturalisasi dan mendukung pemakaian istilah normalisasi saja, toh akhirnya juga sama-sama pakai beton untuk menguatkan dinding sungai yang dilebarkan. 

Namun kini dia harus menerima karena secara umum DPRD DKI juga menyetujui hal itu ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dia juga tidak mempermasalahkan Pergub Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pembangunan dan Revitalisasi Prasarana Sumber Daya Air secara Terpadu dengan Konsep Naturalisasi.

"Tapi masyarakat ini tidak bisa dibohongilah. Kalau hanya asal beda, kenapa konsep yang baik (normalisasi sungai) tidak dilanjutkan saja? Sama sajalah sebenarnya," kata Manuara.

Berdasarkan tanya jawabnya dengan pihak eksekutif Pemprov DKI, Manuara mendapat keterangan, naturalisasi akan dilaksanakan tetap menggunakan sheet pile atau dinding turap berbahan beton. Namun, untuk memberi kesan natural, bahu sungai ditanami tumbuhan. 

"Ada juga pejabat yang membela naturalisasi, dia bilang lihat saja ular-ular sudah banyak yang keluar dari sungai, itu bukti naturalisasi berhasil. Ha-ha-ha... lucu ini," sambungnya berkelakar.

Dia menilai naturalisasi secara total tak bisa dilakukan dan cenderung absurd. Dia tak bisa membayangkan sungai-sungai di Jakarta kembali natural seperti zaman Sunda Kelapa. "Dulu kondisi alaminya di situ ada buaya, apa mau dipasang buaya?" kata dia.

Menurutnya, beton adalah material yang paling praktis dan cukup kuat untuk ukuran saat ini. Beton belum bisa digantikan dengan material alamiah lain. "Mungkin yang dimaksud Pak Gubernur itu dibuat terkesan natural, artinya ada 'beautifikasi' badan sungai sehingga menciptakan image natural. Tapi jangan diberi tanaman imitasi juga, atau program imitasi juga jangan," tutur Manuara.

Soal hal ini, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal memberi keterangan. Pemasangan sheet pile beton masih dimungkinkan dalam program naturalisasi Kali Ciliwung. Pemasangan sheet pile disebut hanya soal teknis memperkuat pinggiran sungai.

"Mau naturalisasi, normalisasi, sheet pile beton itu buat apa coba? Memperkuat tebing kan. Tanpa dia dilebarkan, tebing itu mau longsor ya kita perkuat," ujar Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup , Yusmada Faizal, di gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (9/4) kemarin.

Naturalisasi sungai dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada awal tahun lalu. Naturalisasi, menurut Anies, akan mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.

"(Mengatasi banjir) salah satunya ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan (air) tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," kata Anies di Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018) silam.

Anies pun tidak mau ada betonisasi dalam naturalisasi. "Anda tidak ketemu betonisasi. Karena yang kita lakukan adalah naturalisasi," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2018).

https://m.detik.com/news/berita/d-45...rom=wpm_nhl_13

pake beton apa tanpa beton emoticon-Bingung
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Anggota DPRD: Anies Kadung Ngomong Naturalisasi, Akhirnya Pakai Beton
dungu
pake buaya lah anjirrrr!!
emoticon-Ngakak
udah gua tebak anis mo pake buaya ma ular buat ngusirin warga tanggul sungai, gud job anis
ngasal bikin konsep tanpa melihat kenyataan, yang penting keliatan beda sama pendahulu. emoticon-Shakehand2
astajim emoticon-Kagets
Ujian berat buat gabener

Gabener lagi mikir ga ngelesnya

Tgup gabener makan gaji buta , bagusan BPN wowo jago nyeboknya malaupun ga masuk akal emoticon-Big Grin
bingung semua gara-gara satu orang sok beda
paham Anismisme tuh..
tanpa dilebarkan ya tetep wae airnya bakal ngabudah pak
jadi naturalisasi itu begini....
.
.
.
.
.
pokoe sejenis lokalisasi
Tertawa kurang wawasan. Naturalisasi itu ada, itu tren lbih dibanding kanalisasi ala pu

Googling bisa, Ahli ada klo mo paham,
org politik ngomong, kasian aja taik2 kalap dgn presepsinya
Quote:


katanya sih pgn model jepang.
kyk sungai..terus dipinggirnya sejauh 5 - 10 meter lahan kosong isinya tanaman rumput bru dinding tanah tinggi 2 - 3 m sebagai pembatas
ide sih ok oc...tp kyk e susah klo di jakarta scra gmw digusur eh dipindah eh ditata

emoticon-Ngakak
Waduhhh

Gip mana lo??????????? Giliran ginian aja lo ilang
Anggota DPRD: Anies Kadung Ngomong Naturalisasi, Akhirnya Pakai Beton


emoticon-Imlek
Cebong protes aja, mau natruralisasi kek, normalisasi kek, betoniSasi kek yg penting si baik udh mulai gerakin pantat buat kerja, setelah 2 tahun ini ngeruk APBD terus kerjanya 0 besar
tapi jangan lupa lho , LHKPN di jakarta itu rendah , yang di wawancarai termasuk nggak ya ?
kayak mukanya anies dong, betonisasi.
gw heran sm DPRD jakarta skrg kok mlempem gini, soal wagub tar sok tar sok diladenin, soal LRT jakpro mejen ga jalan2 fase 2, soal rusun pendapatan 7jt ga ada suara, sekarang normalisasi yg dia udah tau di kamus susah dicerna pun mbebek



emoticon-Amazed
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di