alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Tidak Perlu Repot, Begini Cara Atasi Mata Bengkak dan Merah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad640882d4955e7e30f91e/tidak-perlu-repot-begini-cara-atasi-mata-bengkak-dan-merah

Tidak Perlu Repot, Begini Cara Atasi Mata Bengkak dan Merah


Tidak Perlu Repot, Begini Cara Atasi Mata Bengkak dan Merah
Terkena sakit mata memang cukup mengganggu, sebab menyebabkan mata bengkak, memerah, dan perih. Belum lagi, sakit mata juga bisa menular. Gangguan mata ini terjadi akibat adanya infeksi di bagian kelopak mata. Biasanya terjadi karena adanya kontak dengan debu, kotoran, asap rokok hingga polusi. Nah,  trik alami dan sederhana atasi mata bengkak dan merah akibat sakit mata, seperti berikut ini.

Kompres Mata Menggunakan Air Hangat

Melakukan kompres air hangat pada mata merah dan bengkak menjadi pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Pasalnya, air hangat mampu menenangkan dan menghilangkan rasa sakit tersebut. Selain itu, air hangat juga bisa membasmi kuman dan bakteri yang menginfeksi mata Anda.

Pengobatan ini sangat mudah. Anda hanya membutuhkan handuk bersih dan air hangat. Basahi handuk dengan air hangat, lalu kompres mata Anda. Lakukan pengompresan selama beberapa menit atau hingga panas dari handuk menghilang. Tidak ketinggalan usap mata agar kuman dan bakteri menghilang.

Gunakan Ampas Teh Hijau

Bukan rahasia lagi, kalau teh hijau kaya akan manfaat di dalamnya. Nah, ampas teh hijau bisa dimanfaatkan untuk meredakan iritasi mata. Pasalnya, di dalam teh hijau terdapat kandungan bioflavonoid. Kandungan itulah yang mampu melawan infeksi bakteri, jamur dan virus dengan ampuh.

Bukan hanya itu saja, kandungan antioksidan mampu mencegah radikal bebas dan polusi yang menyebabkan mata bengkak dan merah. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Tempelkan saja ampas teh hijau yang sudah diseduh. Sedangkan, tehnya bisa Anda minum. Jadinya tidak ada yang terbuang.

Manfaatkan Daun Sirih

Daun sirih memang menjadi obat sakit mata yang mujarab sejak jaman dahulu. Pasalnya, daun sirih memiliki kandungan flavonoid, minyak atsiri, senyawa tannin dan polevenolad. Kandungan itulah yang mampu membasmi kuman penyebab sakit mata.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Siapkan saja beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, rebus daun sirih menggunakan air hingga mendidih. Diamkan rebusan air daun sirih hingga dingin. Nah, Anda bisa menggunakan rebusan air daun sirih untuk mengompres atau merendam mata Anda.

Sembuhkan dengan Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang cukup tinggi. Rupanya, kandungan tersebut bukan hanya penambah nafsu makan, tapi juga mengatasi mata bengkak dan merah. Namun pastikan sebelum menggunakan kunyit, Anda tidak memiliki alergi.

Cara menggunakannya juga tidak sulit. Haluskan kunyit terlebih dahulu dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah itu, campurkan tumbukan kunyit dengan air hangat. Gunakan kain bersih dan masukan ke dalam air kunyit tersebut. Kompres mata Anda yang sakit menggunakan air kunyit tersebut.

Redakan Mata Bengkak dan Merah dengan Kentang

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa kentang memiliki kemampuan untuk meredakan mata bengkak dan merah. Bahkan, kentang bisa mengobati dan mencegah sakit mata akibat virus dan bakteri. Cara melakukannya sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan satu buah kentang yang sudah dibersihkan. Kemudian iris tipis kentang tersebut. Tempelkan langsung irisan kentang pada mata Anda yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan kentang. Kemudian gunakan kain tipis dan masukan kentang halus. Gunakan untuk mengompres mata Anda yang sakit. Jangan lupa untuk mengusap mata agar bakteri dan kuman bisa diatasi.

Itulah beberapa trik alami dan sederhana atasi mata bengkak dan merah akibat sakit mata. Pastinya, tidak perlu repot lagi untuk mengatasinya.

Sumber Foto: Alodokter.com


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di