alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cad61e3337f93252514662b/berdaun-kecil-ternyata-6-manfaat-besar-ini-ada-di-daun-kelor-lho

Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!

Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!

Pernahkah kamu mengonsumsi daun kelor? Daun kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman yang berasal dari India dengan bentuk daun yang kecil. Meskipun memiliki daun yang kecil, daun kelor memiliki beragam manfaat.

Daun kelor juga biasa dikonsumsi sebagai sayuran maupun sebagai seduhan obat herbal. Hampir semua bagian tanaman ini bisa dikonsumsi dengan mudah.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang terkandung dalam daun kelor yang telah dirangkum dari beberapa jurnal kedokteran.


1. Kaya nutrisi
Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!
Meskipun memiliki bentuk daun yang kecil, dauk kelor memiliki segudang nutrisi yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Daun kelor adalah sumber yang sangat baik untuk banyak vitamin dan mineral. Dalam satu cangkir daun kelor saja terkandung:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari AKG
  • Vitamin C: 12% dari AKG
  • Besi: 11% dari AKG
  • Riboflavin (B2): 11% dari RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari AKG
  • Magnesium: 8% dari RDA
Kandungan yang dalam daun kelor ini sangat cocok bagi kamu yang kekurangan vitamin dan mineral. Mengonsumsi daun kelor yang paling mudah dengan cara merebusnya dan meminum kuah dan tentunya daunnya sendiri.


2. Kaya antioksidan
Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!
Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Tubuh yang terindikasi memiliki kadar radikal bebas yang tinggi akan dengan mudah terkena penyakit-penyakit kronis. Oleh karena itu tubuh butuh asupan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas tersebut.

Daun kelor adalah salah satu yang dapat mengatasi hal ini. Selain vitamin C dan beta-karoten, daun kelor juga mengandung antioksidan seperti Quercetin yaitu antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan Asam klorogenik yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Selain itu, antioksidan yang ada dalam daun kelor tentunya membantu penuaan dini. Mengonsumsi daun kelor dapat membuat kulit menjadi lebih terlihat segar.


3. Menurunkan kadar gula darah yang tinggi
Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!
Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Faktanya, itu adalah karakteristik utama dari diabetes.

Seiring waktu, kadar gula darah tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga gula darah agar dalam batasan yang sehat.

Beberapa penelitian telah mendukung bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Efek ini didukung dengan senyawa tanaman isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi bubuk daun kelor 1,5 sendok teh (7 gram) selama 3 bulan non stop dapat mengurangi kadar gula puasa sebesar 13,5%. Sedangkan dengan menambahkan daun kelor (50 gram) ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%.


4. Anti peradangan
Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!
Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Nah, para ilmuwan percaya bahwa senyawa isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor dapat membantu menjadi anti-inflamasi dalam tubuh. Ekstrak daun kelor juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.


5. Melindungi tubuh dari racun arsenik
Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!
Arsenik merupakan salah satu unsur kimia yang termasuk dalam golongan logam berat dengan karakteristik tidak berbau, berwarna dan berasa. Unsur ini membentuk sejumlah senyawa yang bersifat racun. Arsenik dapat ditemukan dimana saja seperti air, udara, tanah dan beberapa jenis makanan seperti sereal, susu, daging serta makanan laut.

Arsenik sendiri terdiri dari arsenik organik dan anorganik. Arsenik anorganik dapat ditemukan di dalam air tanah dan sangat beracun, sementara arsenik organik kerap ditemukan dalam makanan laut dan tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan.

Keberadaannya yang kasat mata tentu perlu diwaspadai agar tidak membahayakan tubuh. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi daun kelor dan juga bijinya dapat membantu melindungi tubuh dari terpapar senyawa ini.


6. Mencegah kanker
Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho!
Kanker menjadi penyakit umum dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar apabila tidak ditangani secara baik dan tepat. Pengobatan kanker sendiri biasanya adalah operasi, kemoterapi dan juga radiasi yang mana memiliki efek samping.

Pencegahan tentunya lebih baik dari pengobatan. Hal ini tentu menuntut kesadaran yang tinggi. Salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat. Daun kelor mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kelor dapat digunakan sebagai agen anti-neoproliferatif, sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker. Ekstrak daun larut dan pelarut terbukti efektif sebagai agen antikanker. Hal ini membuat daun kelor dapat digunakan sebagai obat kanker alami dan bisa menghambat sel kanker di stadium awal.

Nah, bagaimana sudah 'kan manfaat yang terkandung dalam daun kelor? Biarpun berdaun kecil, tapi manfaatnya besar banget ya. Ayo, terapkan pola hidup sehat dari sekarang dengan rutin mengonsumsi daun kelor dan rasakan sendiri manfaatnya!


Sumber : https://www.idntimes.com/food/diet/a...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho! Bukan Cuma Mewah, 5 Manfaat dari Caviar yang Baik untuk Kesehatan

- Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho! Meski Murah, Ini 8 Khasiat yang Kamu Dapat dari Konsumsi Ikan Kembung

- Berdaun Kecil, Ternyata 6 Manfaat Besar Ini Ada di Daun Kelor Lho! Gak Cuma Lezat, Ternyata Oyster Memiliki 6 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di