alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bakal Ada Lemang dan Tempoyak di Rest Area Tol Palembang-Muara Enim
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cacbfd410d29557614a577b/bakal-ada-lemang-dan-tempoyak-di-rest-area-tol-palembang-muara-enim

Bakal Ada Lemang dan Tempoyak di Rest Area Tol Palembang-Muara Enim

Bakal Ada Lemang dan Tempoyak di Rest Area Tol Palembang-Muara Enim


Muara Enim - Hari ini mulai dicanangkan pembangunan dua ruas tol di Muara Enim, Sumatera Selatan. Ruas tol ini merupakan sirip dari jalan Tol Trans Sumatera.

Pembangunan itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk ruas jalan Tol Muara Enim-Simpang Indralaya dan ruas Tol Muara Enim-Lubuk Linggau. Penandatangan dilakukan oleh Kepala BPJT Danang Parikesit dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pun menyambut baik adanya proyek pembangunan tol tersebut. Namun dia meminta agar tol tersebut memberikan manfaat bagi warga sekitar. Seperti ketersediaan peluang bagi masyarakat setempat untuk berjualan di rest area.

"Nanti di rest area jangan restoran-restoran lah Pak. Ya makanannya tempoyak atau lemang. Wuih ini bisa yang pertama ini di sini ada jalan tol di dalamnya jual lemang," ujarnya di Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (9/4/2019).

Permintaan itu langsung ditanggapi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Dia menjelaskan dalam setiap pembangunan tol memang ada 2 hal yang menjadi fokus agar bermanfaat bagi perekonomian sekitar.

Pertama pemerintah daerah harusnya mulai membangun kawasan industri dan menghubungkannya dengan jalan tol.

"Untuk itu di Lubuk Lingga minta exit-nya dipindah ke kawasan industri. Jadi enggak ada gunanya kalau tol hanya lewat saja," ujarnya.

Kedua, lanjut Basuki, adalah pemanfaatan rest area untuk usaha masyarakat sekitar. Oleh karena itu dia sangat mendukung jika memang rest area di ruas tol itu diisi oleh makanan khas Sumsel.

"Jadi nanti di rest area pasti ada mi celor, tempoyak, lemang dan kopinya harus kopi semendo. Jadi itu memang diarahkan Pak Presiden untuk tingkatkan produk-produk lokal," tambahnya.

Basuki juga menegaskan, bukan berarti produk asing dilarang untuk masuk ke rest area. Namun pemerintah tengah memperbanyak porsi produk lokal di dalam rest area. 

"Jadi bukan asing dilarang tapi porsinya dulu 70-30 sekarang 30-70. Jadi lebih banyak produk lokal, dengan begitu tol ini banyak manfaatnya untuk masyarakat," ujarnya.

Jika Terpilih, Prabowo Buka Opsi Batalkan Sejumlah Proyek Infrastruktur Jokowi

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka

Semua itu hanya mimpi belaka bagi masyarakat Sumatra.....
Diubah oleh nyairara
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bakal Ada Lemang dan Tempoyak di Rest Area Tol Palembang-Muara Enim
Muara enim setau ane termasuk jalan lintas tengah ngapain dibuat tol.. mending benerin jalan berlubang yg banyak tersebar di pelosok sumsel, sampai pernah fotonya viral dan yg bikin di undang ke hitam putih emoticon-Malu (S)
Ngawur buat tol ke jalur ini, wong jalanan yg ada aja sepi gitu. Buang2 duit aja.

Kalo bener pemerentah niat membangun yah di bagusin tuh jalan yg ada sekarang, sedikit di perlebar dan jalan nya di haluskan
jalanan yg ada aja msh sepi lalu lintasnya malah dibangun tol,,mending dibenahin jalan yg udah ada aja lebih berguna terutama buat masyarakat sekitar. masih banyak lubang lubang besar udah kayak permukaan bulan mestinya itu yg dibenahi dlu.
trus jalan pelosok di daerah oki masih banyak yg sangat2 parah sampe2 ada yg posting di medsos mobil ambulance nganter orang sakit susah mau lewat karena jalan udah kayak kubangan kebo
Lebari jalan dari 12 sampe ke sembawa noh,
Tiap hari macet nya nauzubilah
Ngapain muara enim di buat tol?
Jalanan sepi gitu, yang rame 12 sampe jambi, itu jalan pada banyak lobangnya,
itu jalan provinsi/kabupaten kok pusat yang diminta ngurusi?emoticon-Ngakak

Gw jadi inget kejadian paling kocak di provinsi sumsel tepatnya di ogan ilir. Di kampus PTN di indralaya ini, beberapa waktu lalu ada acara di univ itu dan yang berkunjung menteri dan beberapa pejabat pusat dan prov di sana. Kondisi jalan rusak dan lubang cukup dalam setelah exit tol palindra sampai ke palembang melewati univ ini. Hal yang lawaknya ialah beberapa minggu sebelum petinggi tersebut hadir ke PTN, jalanan sekitar kampus itu otomatis diperbaiki sampai benar2 tidak ada lobang lagi. Sehingga pada hari H nya kondisi jalan sudah baik kembali. Padahal jalan berlobang dan rusak itu sudah terjadi di tahun 2018 lalu emoticon-Ngakak
Diubah oleh leenet
Quote:


Mau murah ya makanan di kolam renang om. Atau di warung deket puncak emoticon-Jempol

Kalo ka ef si mekdi harusnya harganya sama gak om?
Diubah oleh ichachi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Apa kerjaan kepala daerah disana selama ini... Rupanya banyak keluhan seperti ini disana

emoticon-Bingung

Heran.... Saat ini pembangunan dianggap begitu menakutkan.... Janganlah pembangunan jadi momok yang menakutkan untuk sekedar mendapatkan kekuasaan... Kasihan masyarakat yang membutuhkan


emoticon-Motret
Diubah oleh nyairara
Kepala daerah lg sibuk balikin modal kampanye kah ? emoticon-Wkwkwk
Hobi bgt bikin jalan tol. Ada juga jalan yg sekarang benerin ama gedein.
Kayak jalan rame aja palembang muara enim
Quote:


Jangan salah gan. Jalur ke Muara Enim itu padat. Termasuk akan melintasi Prabumulih yang juga salah satu kota terbesar di Sumsel.
Balasan post punkazawa
Padat darimana, rame cuma jam2 tertentu doang. Kalo hitungan dengan jalan tol dah pasti buang2 duit.
Quote:


padat darimana
wong tiap saya lewat situ sepi trus
adanya cuman di jam2 tertentu aja,, itu jg di kota2 kayak d prabumulih sama muara enim.
Quote:


Quote:


Baiklah ane setuju. Ane emang baru 8 bulanan dimari gan. Tempo hari pas masih rame truk batubara melintas pernah apes kena 12 jam Plg - Pga, padahal rata2 8 jam buat nempuh 300km. Terakhir lewat hari minggu kemaren cuma macet di Layo. Sisanya relatip aman. Tapi kalau ada tol, bakalan membantu banget - setidaknya buat ane emoticon-Smilie


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di