alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Gan! KASKUS dan HBO bagi-bagi merchandise resmi Game of Thrones nih! Ikutan kuisnya di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bandara Kertajati Sepi, JK Kritik Proyek Minim Penelitian
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac86eeb840884139736af9/bandara-kertajati-sepi-jk-kritik-proyek-minim-penelitian

Bandara Kertajati Sepi, JK Kritik Proyek Minim Penelitian


Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengkritisi sepinya Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Ia menyebut itu karena pembangunannya kurang penelitian dan jauh dari pusat kota Bandung.

"Ya mungkin kurang penelitian sehingga lokasinya tidak pas untuk Bandung, dan [dari] Jakarta tanggung. Kalau mau ke Bandung lewat Kertajati mesti naik mobil lagi sampai 100 kilometer," ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (9/4).

Keberadaan bandara Kertajati yang masih sepi juga berdampak pada minimnya jumlah maskapai yang beroperasi. JK mengatakan, butuh banyak pengembangan di kawasan sekitar bandara agar menarik minat maskapai.

"Airlines tidak bisa dipaksa kalau tidak ada penumpang. Siapa mau bayar kerugiannya? Kecuali di sekitar Kertajati itu Indramayu, Subang, bisa berkembang. Jadi ya sabar saja," katanya.

JK tak menampik bahwa pembangunan bandara Kertajati memang jauh dari detail perencanaan. Namun hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi Jawa Barat sebagai pihak yang berwenang.

"Perencanaannya memang tidak terlalu bagus. Lain kali jangan kita buat karena hanya ingin ada airport, karena ternyata letaknya tanggung," ucap JK.

Kendati demikian, JK mengatakan penggunaan bandara itu harus tetap dimaksimalkan. Menurutnya, tak menutup kemungkinan bandara Kertajati dialihfungsikan menjadi bandara militer. Namun hal itu harus dikaji dengan baik karena butuh biaya besar.

"Bisa saja Halim dipindah di situ. Cuma bandara militer kan tidak butuh terminal, sedangkan terminalnya mahal. Kita lihat saja nanti," tuturnya.

Bandara Kertajati telah diresmikan Presiden Joko Widodo sejak Mei 2018. Namun pengoperasian bandara itu rupanya masih sepi. Dari data yang dihimpun, penumpang di tiap penerbangan hanya mencapai angka di bawah 30 persen. Sementara dari 11 rute yang seharusnya dilayani, hanya ada satu yang beroperasi.

sumber

Teliti sebelum membeli....
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ngeritik lagi
Sudah ada yang pernah naik via kertajati?
Kita ndak afdol komentar kalau belum rasain.
Btw berarti dahulu salah dong yang mencanangkan?
Meleset jauh dari rencana awal di jaman SBY , dibangun dikarawang. Pertimbangan kawasan industri besar, sentra industri otomotif ASEAN, kawasan pemukiman padat dan kota mandiri, transportasi feeder ada tol, KA, terus bisa pindah ke kebon dikertajati entah apa pertimbangannya. Td nya dipikir khusus buat terminal TKW dan TKI, ternyata terminal internasional.

Dari sisi bisnis ga masuk
coba tanya ke bapak masjid 1 trilyun
buka gerai mcdonald lebih cepet ramenyaemoticon-Cool
Diubah oleh fahm182
nunggu koment emoticon-Leh Uga


salah jokowi




emoticon-Malu
yg pwnting kan bukan itu.... jedar jalan duit acc


Quote:

Setuju bgt gw klo d karawang ad bandara krna strategis bnyk kawasan industri & k jkt gk bgtu jauh
Balasan post ikankuonthol
Quote:


kan maunya si Aher tod, ...mangkrak bertahun2 lalu diselesaikan Jokowi...Kertajati baru idup klo bandara Hussein Sastera ditutup, krn mnurut kriteria internasional udah ngga layak, lingkungan sekitar juga udah terlalu padat, ... tp sblmnya akses ke kertajati dibangun...KA atau Tol, ... Kualanamu jg awal-awal sepi sunyi, demikian jg dulu Soetta ..., Kulonprogo pun jg akan demikian, cuma lebih matang dr kertajati krn sdh disiapkan jalur KA
Quote:


teori nya emang di karawang .... jadi bandara dalam negeri ... di hubungkan dengan soetta pakai kereta emoticon-Malu


mungkin tanah di sono sdh mahal emoticon-Leh Uga

emoticon-linux2
Balasan post tukangbeling7
Informasinya jg yg gw dapat, mau dipaksakan Husein bandung ditutup pindah ke kertajati. Tp g tau jd atau engga rencana itu
Balasan post mas_paimin
Malah ga cuma bandara, karawang pinggir lautnya mau dijadikan kawasan terminal pelabuhan kapal2 besar, terminal peti kemas. Sampe2 diuji coba pengangkutan logistik peti kemas dengan moda kereta
Lo tanya aher dong...
emoticon-Traveller
Balasan post ikankuonthol
emoticon-Big Grin Hussein itu bukan dipaksakan tutup, tapi dipaksakan terus beroperasi, ... padahal sdh tidak layak lg jadi bandara, mnurut standar internasional, idealnya radius 5 km dr bandara itu bersih dr pemukiman, tinggi gedung2 bertingkat pun dibatasi, lha husein itu itungan puluhan meter dr landasan aja udah pemukiman, mal bertambah, blm lg kemacetannya yg cukup parah ...Hussein itu cukuplah jadi pangkalan militer atau utk uji terbang pesawat PTDI, penerbangan sipil sebaiknya dipindah ...
pantes si sarungkampret di keroyok di sana, sepi soalnya emoticon-Leh Uga
maklum supermen datengnye belakangan, percume juga maskapai pada nongkrong, lah kaga ade nyang naek. Hantu penumpangnye? emoticon-Cool


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di