alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cac7556365c4f15aa63337f/dengan-segala-keterbatasan-gunadi-buktikan-raih-ipk-tinggi

Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi

Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi

Surabaya, IDN Times - Bulan April adalah bulannya kepedulian terhadap autisme. Berbagai upaya terus dilakukan secara konsisten, untuk menularkan seluas-luasnya kepedulian terhadap autisme ini. Selain, memecahkan dogma yang salah tentang autisme di masyarakat, agar rintangan yang dihadapi oleh penyandang autisme baik itu secara sosial maupun psikologis, dapat diminimalisir dan pada akhirnya terurai.

Seperti halnya kisah menginspirasi berikut, yang datang dari seorang penyandang autisme asal Sidoarjo, Jawa Timur. Dengan segala keterbatasan, ia berhasil menerobos rintangan untuk menerima hak yang sama dalam pendidikan.
 


1. Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Peraih IPK 3,74 Itu Bernama Gunadi
Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi
Instrumen musik mengiringi mahasiswa bertoga yang sedang melangkah menuju podium wisuda. Raut bahagia tersirat dari senyum yang terus terumbar. Ribuan pasang mata pun terus lekat menatap sosok Sarjana Sastra Inggris di Universitas Dr Soetomo (Unitomo), Surabaya itu.

Dia bernama Gunadi Putra, penyandang autisme yang berhasil menuntaskan studi sarjananya. Di tengah keterbatasan fisik dan kesulitan berkomunikasi, Gunadi berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) senilai 3,74 ini dan menjadi bintang pada pengukuhan 553 wisudawan di Dyandra Convention Center, Minggu (7/4).

Tak habis-habis tepuk tangan dialamatkan kepadanya, sampai-sampai Rektor Unitomo, Bachrul Amiq, kembali memanggilnya di penghujung acara. “Tadi ada yang jalannya seperti langkah tegak maju, namanya Gungun. Silakan berdiri Gungun biar semua orang tahu,” ujar Bachrul seraya memberi penghormatan.


2. Berjalan tegak tanpa keraguan
Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi
Hari itu, Rabu 13 Februari 2019, menjadi momen bersejarah bagi putra bungsu pasangan Tjindra Halim dan Suadi Winata ini. Gungun, sapaan hangat Gunadi, dinyatakan lulus dari Fakultas Sastra setelah mempertahankan skripsi berjudul "The Mastery of English Vocabulary on Food and Drink by the 4th Grade Students of Bunga Elementary School Sidoarjo”.

Gungun berhasil membuktikan kualitasnya kepada publik bahwa penyandang disabilitas juga layak merasakan pendidikan tinggi. “Empat-lima tahun yang lalu, dia ditolak dari kampus ke kampus dengan alasan memiliki kebutuhan khusus. Hari ini, Gungun berhasil membuat seluruh kampus yang menolaknya menyesal,” ungkap sang rektor. Lagi-lagi, keheningan pun pecah dengan riuh-rendah tepuk tangan.

Walau tampak sedikit kikuk, Gungun menjawab panggilan rektor dengan berjalan menuju podium penuh percaya diri. Sesekali, dia menengok ke belakang untuk menyapa teman-temannya yang memberikan semangat. Beberapa tamu undangan tampak berkaca-kaca menyaksikan momen sakral itu.
 


3. Keterbatasan fisik bukan hambatan menuntut ilmu
Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi
Harus diakui, butuh sedikit usaha ekstra untuk berkomunikasi dengan Gungun. Tak jarang, ia mengeluarkan gerak tubuh yang tidak dimengerti secara umum. Belum lagi kebiasan berlari ke sana kemari yang tak bisa dihentikan, kecuali saat kelelahan.

Tjindra Halim, ibu dari Gungun, tidak menyerah untuk terus memberikan harapan bagi buah hatinya tersebut. Ia memutuskan untuk memberikan terapi khusus kepada anaknya, dengan harapan mengetahui bakat terpendam serta minat yang diinginkan.

Ternyata, keputusan Tjindra untuk memasukkan Gungun ke Unitomo pada 2015 adalah pertimbangan yang tepat. Bukan hanya sekadar memberikan ruang interaksi sosial kepada anaknya, Tjindra juga bangga karena anaknya menjadi bukti bahwa keterbatasan adalah sesuatu yang harus “dilawan".

“Secara fisik, memang dia memiliki kebutuhan khusus. Tapi secara inteligensi, dia bisa lebih baik daripada kita,” sambung Bachrul. Untuk ke sekian kali, tepuk tangan kembali bergemuruh dari para tamu undangan.


4. Memiliki cita-cita yang sangat mulia
Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi
Selama empat tahun lebih menjalani kuliah, Gungun memiliki orientasi masa depan yang sangat mulia. Di hadapan ribuan tamu undangan, Gungun menceritakan mimpi besarnya untuk menjadi guru Bahasa Inggris bagi penyandang kebutuhan khusus.

For the next, after this graduation, I will be a teacher of Bunga Elementary School,” kata Gungun menjawab pertanyaan rektor dengan Bahasa Inggris. SD Bunga adalah sekolah bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Sekolah itu juga yang menjadi saksi bisu keberhasilan Gungun hari ini.




5. Dianugerahi beasiswa S2 oleh rektor
Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi
Di tengah keterbatasannya, Gungun sepertinya sangat mencintai bangku kuliah. Selain menjadi guru Bahasa Inggris di SD Bunga, dia juga ingin meneruskan studi untuk program master. “Or maybe I will continue my study for Department of Communication,” ungkap dia sedikit terbata-bata.

Bachrul lantas berjanji memberikan beasiswa untuk program studi S2 kepada putra daerah Sidoarjo itu.

“Saya akan memberikan beasiswa S2 kepada Gungun,” pungkas sang rektor. “Pelajarannya adalah don’t judge a book from the cover. Sekali lagi semuanya beri tepuk tangan untuk Gungun," tutup Bachrul.

Semangat terus, Gungun dan semua penyandang autisme lain.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi Simulasi Pemilu, Difabel Masih Kesulitan Lakukan Pencoblosan

- Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi 8 Penyebab Autis pada Anak-anak Ini Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

- Dengan Segala Keterbatasan, Gunadi Buktikan Raih IPK Tinggi Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Genius

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di